Berita Prudential

Prudential Indonesia Luncurkan Produk Pilihan Dana Investasi Off-shore Pertamanya, PRUlink Indonesia Greater China Equity Fund

Jakarta, 12 Februari 2013 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), hari ini meluncurkan PRUlink Indonesia Greater China Equity Fund, produk dana investasi pertama perusahaan dengan alokasi dana yang diinvestasikan ke luar negeri, utamanya ke kawasan Greater China (China, Hong Kong dan Taiwan). Dana investasi tersebut mempunyai tujuan utama untuk mendapatkan hasil investasi maksimal jangka panjang melalui penempatan dana, terutama pada efek bersifat ekuitas dari perusahaan-perusahaan yang tercatat, didirikan, atau melakukan kegiatan operasional utama di Indonesia dan kawasan Greater China.

Produk ini akan menjadi tambahan pilihan dana investasi untuk produk asuransi unit link Prudential PRUlink yang akan melengkapi pilihan alokasi investasi bagi nasabah yang ingin memiliki proteksi sekaligus potensi hasil investasi jangka panjang yang baik. Dengan pengalokasian investasi ke pasar baru ini, diharapkan nasabah Prudential Indonesia dapat melakukan diversifikasi atas pilihan dana investasi, karena tiap negara di kawasan tersebut menawarkan berbagai kesempatan investasi baru.

Dengan alokasi investasi yang dilakukan di kawasan Greater China investor mendapatkan kesempatan untuk melakukan investasinya pada efek bersifat ekuitas dari perusahaan-perusahaan besar dari berbagai macam industri baru yang tidak ada di Indonesia. Saat ini valuasi dan ekuitas perusahaan-perusahaan di kawasan Greater China memperlihatkan perkembangan yang sangat positif, yang dalam perspektif jangka panjang valuasi efek bersifat ekuitas untuk kawasan Greater China masih terlihat sangat menarik bagi investor. Hal ini juga ditopang oleh pertumbuhan ekonomi China yang sangat pesat, yang melampaui perkiraan para analis sebelumnya. Ekonomi China yang pada kuartal IV-2012 naik dari 7,5 persen menjadi 8,5 persen, membuat Prudential cukup optimis bahwa dengan tambahan pilihan dana investasi ini, nasabah Prudential Indonesia semakin terbuka aksesnya kepada potensi hasil investasi yang baik.

William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan “Sebagai perusahaan yang selalu mendengarkan kebutuhan pasar, kami memahami bahwa China selama ini menjadi salah satu tujuan alternatif investasi utama di kawasan Asia dengan pertumbuhan yang menjanjikan. Produk yang kami luncurkan hari ini merupakan produk dana investasi pertama kami yang sebagian investasinya dialokasikan ke instrumen-instrumen investasi di luar negeri. Prudential Indonesia berharap melalui produk ini nasabah kami dapat memiliki proteksi asuransi sekaligus berkesempatan untuk mengembangkan investasi jangka panjangnya seiring dengan track record pertumbuhan positif ekonomi di kawasan Greater China, yang meliputi China, Hong Kong, dan Taiwan”.

Pemerintah di tahun 2012 lalu lewat Peraturan Menteri Keuangan nomor 53/PMK.010/2012 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi mengizinkan perusahaan asuransi untuk melakukan investasi di luar negeri secara langsung atau tidak langsung, di mana penempatan investasi pada instrumen di luar negeri diperbolehkan maksimal 20% dari total portofolionya. Sesuai dengan ketentuan tersebut, dana PRUlink Indonesia Greater China Equity Fund akan dialokasikan sebesar 80% di Indonesia dan 20% di kawasan Greater China melalui kerja sama pengelolaan dana khusus untuk PRUlink Indonesia Greater China Equity Fund antara Prudential Indonesia dengan Eastspring Investments Indonesia.

William menambahkan, “Kami terus berkomitmen penuh untuk selalu inovatif dalam mengembangkan produk dan layanan kami, guna memenuhi kebutuhan pasar serta mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Atas dasar itu, dan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada, portofolio terbesar dari dana investasi PRUlink baru ini tetap di pasar Indonesia. Investasi yang dialokasikan di kawasan Greater China merupakan cara kami untuk memberikan alternatif potensi imbal hasil menarik bagi nasabah sekaligus memperkaya penawaran dan kinerja produk PRUlink ke depannya.”

PRUlink Indonesia Greater China Equity Fund akan diluncurkan dengan dua mata uang (Rupiah dan Dolar AS), di mana produk dana investasi tersebut menambah 6 produk dana investasi konvensional dan 3 produk dana investasi Syariah yang sudah ada. PRUlink Indonesia Greater China Equity Fund dapat dipilih sebagai dana investasi dengan terlebih dahulu memiliki polis premi reguler PRUlink assurance account maupun polis premi tunggal PRUlink investor account. “Dengan dana investasi baru ini, kami berharap produk PRUlink Indonesia Greater China Equity Fund ini akan dapat menarik lebih banyak minat masyarakat untuk berasuransi sekaligus berinvestasi jangka panjang di instrumen investasi yang menjanjikan," tutup William.

 

- Selesai -

 

Mengenai Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
Prudential plc didirikan di Inggris,dan merupakan sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka. Prudential plc menyediakan jasa asuransi dan layanan keuangan lainnya melalui anak usaha dan afiliasi di seluruh dunia. Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama lebih dari 160 tahun dan memiliki total dana investasi sebesar £363 miliar (per 30 Juni 2012). Prudential plc tidak berafiliasi dengan Prudential Financial, Inc., sebuah perusahaan yang beroperasi di Amerika Serikat.

Untuk wilayah Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk- produk yang memenuhi kebutuhan akan simpanan, perlindungan dan investasi nasabah, serta merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan produk-produk dan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 80 tahun.

Prudential mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 13 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Korea, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam dan Kamboja. Prudential plc melalui bisnis manajemen astnya juga mempunyai pengalaman di 11 pasar Asia dan Amerika Serikat.

Di triwulan ketiga tahun 2012, berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE) dari bisnis baru di Asia mencapai pertumbuhan 16 persen menjadi £ 1,3 miliar (Rp 20,2 triliun).

 

Mengenai Prudential Indonesia
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan yang berpusat di Inggris dengan pengalaman lebih dari 160 tahun. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.

Dari data terakhir per 30 September 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 280 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia melayani lebih dari 1,6 juta nasabah.

 

Mengenai Eastspring Investments
Eastspring Investments, bagian dari Prudential Corporation Asia, adalah perusahaan manajer investasi dari Grup Prudential di Asia. Eastspring Investments merupakan salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Asia, dengan beroperasi di 12 negara, memiliki lebih dari 2.000 karyawan di Asia dan mengelola sekitar US$90 miliar dana kelolaan (30 September 2012). Kami adalah manajer investasi multinasional yang mengelola reksa dana on-shore terbesar di Asia.

Sekitar setengah dari total aset kami berasal dari nasabah pihak ketiga dan kami mengelola sejumlah besar dana dari investor ritel dan institusi, termasuk produk asuransi jiwa dan dana pensiun yang didistribusi oleh Prudential di Inggris, Amerika Serikat,dan seluruh penjuru Asia.

Kami memiliki tim investasi di lebih dari sembilan negara, termasuk kantor regional di Singapura. Kami memiliki grup besar manajer investasi berbasis di Asia yang mengelola dana dari berbagai jenis aset termasuk memiliki tim obligasi yang terbesar di kawasan Asia, saham-saham Asia (termasuk saham-saham global emerging market) dan investasi alternatif seperti private equity, properti, dan infrastruktur. Tim kami juga meliputi tim spesialis Global Asset Allocation yang mengelola portofolio global dari perspektif Asia.

Eastspring Investments beroperasi di Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Uni Emirat Arab, Vietnam dan Indonesia, dan joint venture di India, Cina serta Hong Kong. Belum lama ini, Eastspring Investments membuka cabang di Amerika Serikat, dengan membawa keahlian berinvestasi kami ke pasar institusi terbesar di dunia.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

 

Nini Sumohandoyo
Corporate Marketing & Communications Director
PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower
Jl. Jend. Sudirman Kav. 79
Jakarta 12910
Phone : 021 2995 8888
Faximile : 021 2995 8855
E-mail : nini.sumohandoyo@prudential.co.id

 

Klik disini untuk mengunduh File PDF