Informasi Mengenai Tax Amnesty Untuk Nasabah

Informasi selengkapnya mengenai Tax Amnesty, silakan kunjungi pajak.go.id

  1. 1 Apa itu program Tax Amnesty (Pengampunan Pajak)?

    Tax Amnesty adalah penghapusan pajak yang seharusnya dibayar. Wajib Pajak tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, apabila mengungkap harta dan membayar denda (uang tebusan).

  2. 2 Bagaimana cara melaporkan produk asuransi jiwa Unit Link melalui program Tax Amnesty?

    Belum ada peraturan yang mengatur mengenai tata cara pelaporan pendeklarasian produk asuransi jiwa Unit Link untuk Wajib Pajak yang ikut serta program Tax Amnesty. Pendekatan yang digunakan oleh pihak Direktorat Jenderal Pajak adalah berdasarkan porsi investasi (Nilai Tunai) per tanggal 31 Desember 2015.

  3. 3 Sebagai Pemegang Polis asuransi jiwa Unit Link Prudential, apakah saya harus ikut dalam program Tax Amnesty?

    Jika dana yang dipakai untuk membeli produk asuransi jiwa Unit Link berasal dari penghasilan yang belum dikenakan pajak dan belum dilaporkan di dalam SPT Pajak Penghasilan (SPT PPh) per 31 Desember 2015, maka Pemegang Polis dapat mengikuti program Tax Amnesty dengan cara seperti dijelaskan di poin nomor 2 di atas.

    Jika dana yang dipakai untuk membeli produk asuransi jiwa Unit Link berasal dari penghasilan yang telah dikenakan pajak dan telah dilaporkan di dalam SPT PPh, namun Nilai Tunai dari produk asuransi jiwa Unit Link belum dilaporkan dalam SPT PPh untuk tahun pajak 2015, maka Pemegang Polis cukup melakukan pembetulan SPT PPh dengan memasukkan Nilai Tunai atas produk asuransi jiwa Unit Link yang dimiliki per tanggal 31 Desember 2015.

    Jika dana yang dipakai untuk membeli produk asuransi jiwa Unit Link berasal dari penghasilan yang telah dikenakan pajak dan telah dilaporkan di dalam SPT PPh, dan Nilai Tunai dari produk asuransi jiwa Unit Link telah dilaporkan di SPT PPh untuk tahun pajak 2015, maka Pemegang Polis tidak perlu mengikuti program Tax Amnesty.

  4. 4 Bagaimana proses untuk mendapatkan persetujuan Tax Amnesty, yang ditandai dengan mendapatkan Surat Keterangan Pengampunan Pajak (SKPP)?

    Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Konsultasi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dimana Anda terdaftar sebagai Wajib Pajak
    2. Membayar uang tebusan
    3. Ajukan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak (SPHPP)

    SKPP diterbitkan dalam waktu 10 hari kerja; jika tidak, SPHPP dianggap disetujui dan disamakan dengan SKPP.

  5. 5 Apakah saya harus membuka rekening bank baru untuk bayar uang denda/tebusan?

    Tidak, namun uang denda/tebusan harus disetor lewat bank persepsi, yaitu bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menerima pembayaran pajak dan setoran uang tebusan.

  6. 6 Berapa besar uang denda/tebusan yang saya harus bayar untuk melaporkan Nilai Tunai produk asuransi jiwa Unit Link milik saya untuk mengikuti program Tax Amnesty?

    Uang Tebusan = Tarif x Nilai Tunai per 31 Desember 2015

    Sumber: pajak.go.id

  7. 7 Apakah uang pertanggungan asuransi jiwa Unit Link terkena pajak penghasilan?

    Uang pertanggungan asuransi jiwa bukanlah objek pajak. Namun uang pertanggungan yang telah diterima oleh Pemegang Polis harus dideklarasikan di SPT PPh orang pribadi bagian bukan objek pajak yang diterima oleh Wajib Pajak.

  8. 8 Apakah saya harus mencairkan Nilai Tunai yang dibentuk dari produk asuransi jiwa Unit Link saya jika saya ingin mengikuti program Tax Amnesty?

    Pemegang Polis tidak perlu melakukan penarikan dana (withdrawal) dan/atau penutupan Polis (surrender) yang dimilikinya untuk mengikuti program Tax Amnesty.

    Pemegang Polis hanya cukup membayar uang tebusan dan melaporkan Nilai Tunai asuransi jiwa Unit Link per 31 Desember 2015, dengan memperhatikan penjelasan di poin nomor 2 dan 4.

  9. 9 Bagaimana saya dapat mengetahui informasi nilai tunai per 31 Desember 2015 pada produk asuransi jiwa unit link yang saya miliki?

    Informasi mengenai Nilai Tunai pada produk asuransi jiwa Unit Link milik Nasabah per 31 Desember 2015 dapat diperoleh melalui:

    • Akun PRUaccess bagi Nasabah yang sudah memiliki
    • Email: customer.idn@prudential.co.id
    • Prudential Customer Line 1500085
    • Walk-in centre:

    PT Prudential Life Assurance
    Prudential Tower, Lobby level
    Jl. Jend. Sudirman kav. 79, Jakarta 12910, Indonesia.

     

     

     

    Informasi yang disampaikan ini merupakan pemahaman Prudential Indonesia mengenai hal yang dimaksud pada saat ini. Apabila ada perubahan ataupun pengkinian terhadap pemahaman tersebut, kami akan memberitahukan lebih lanjut. Anda disarankan berkonsultasi dengan kantor pajak atau konsultan pajak Anda bilamana memerlukan penjelasan lebih rinci terhadap pemahaman yang kami uraikan.