Informasi Mengenai Tax Amnesty Untuk Calon Nasabah

Informasi selengkapnya mengenai Tax Amnesty, silakan kunjungi pajak.go.id

  1. 1 Saya punya harta lainnya di dalam negeri (onshore) yang belum dikenakan pajak dan belum saya laporkan. Apakah saya bisa membeli produk asuransi jiwa Unit Link dengan harta tersebut dalam rangka Tax Amnesty?

    Bisa. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Konsultasi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dimana nasabah terdaftar sebagai Wajib Pajak
    2. Membayar uang tebusan
    3. Ajukan Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak (SPHPP)

    SKPP diterbitkan dalam waktu 10 hari kerja; jika tidak, SPHPP dianggap disetujui dan disamakan dengan SKPP.

    Setelah itu, Anda bebas menginvestasikan harta Anda ke dalam instrumen investasi yang ada di dalam negeri, termasuk produk asuransi jiwa Unit Link. Anda wajib melaporkan investasi tersebut kepada kantor pajak setiap enam bulan.

  2. 2 Saya punya harta lainnya di luar negeri (offshore) yang belum saya laporkan. Jika saya melaporkan harta tersebut dan membawanya ke dalam negeri (repatriasi), apakah saya bisa memakainya untuk membeli produk asuransi jiwa Unit Link dalam rangka Tax Amnesty?

    Bisa, dengan beberapa syarat.

    Pertama, Anda harus membuka rekening khusus di salah satu gateway bank persepsi untuk menampung harta yang direpatriasi.

    Harta yang direpatriasi tersebut boleh dipakai untuk membeli produk asuransi jiwa Unit Link melalui kerja sama bancassurance maupun melalui Tenaga Pemasar Agen Perorangan (Agency Channel). Untuk jalur bancassurance, Prudential mempunyai kemitraan bancassurance dengan dua gateway bank persepsi, yaitu UOB dan BRI. Untuk Agency Channel, Prudential telah bekerja sama dengan beberapa bank besar yang terdaftar sebagai gateway bank Tax Amnesty untuk melayani Agency Channel. Anda dapat menghubungi Agen Anda apabila Anda ingin membeli produk asuransi jiwa Unit Link melalui jalur ini.

    Kedua, investasi tersebut harus tetap berada di dalam negeri selama minimal tiga tahun. Anda sebagai Wajib Pajak harus melaporkannya setiap enam bulan kepada kantor pajak.

  3. 3 Apakah saya harus membuka rekening bank baru untuk bayar uang denda/tebusan?

    Tidak, namun uang denda/tebusan harus disetor lewat bank persepsi, yaitu bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menerima pembayaran pajak dan setoran uang tebusan.

  4. 4 Berapa besar uang denda/tebusan yang saya harus bayar untuk mengikuti program Tax Amnesty?

    Uang Tebusan = Tarif x Nilai harta bersih per 31 Desember 2015

    Sumber: Pajak.go.id

  5. 5 Apakah saya boleh beli produk asuransi jiwa Unit Link melalui agen dengan harta yang sudah dilaporkan dalam rangka Tax Amnesty?

    Boleh. Setelah mengikuti proses untuk menerima Surat Keterangan Pengampunan Pajak (SKPP), Anda bebas menginvestasikan harta Anda ke dalam instrumen investasi yang ada di dalam negeri, termasuk produk asuransi jiwa Unit Link. Anda wajib melaporkan investasi tersebut kepada kantor pajak setiap enam bulan.

  6. 6 Apakah saya boleh beli produk asuransi jiwa Unit Link melalui agen dengan harta yang direpatriasi dalam rangka Tax Amnesty?

    Boleh. Untuk pembelian produk asuransi jiwa Unit Link melalui Agen dengan harta yang direpatriasi dalam rangka Tax Amnesty dapat dilakukan oleh Tenaga Pemasar Prudential.

    Harta yang direpatriasi tersebut boleh dipakai untuk membeli produk asuransi jiwa Unit Link melalui Tenaga Pemasar Agen Perorangan (Agency Channel) dan kerja sama bancassurance. Prudential mempunyai kemitraan bancassurance dengan dua  gateway bank persepsi, yaitu UOB dan BRI.

    Prudential telah bekerja sama dengan beberapa bank besar yang terdaftar sebagai gateway bank Tax Amnesty untuk melayani Agency Channel. Anda dapat menghubungi Agen Anda apabila Anda ingin membeli produk asuransi jiwa Unit Link melalui jalur ini.

     

     

     

     

    Informasi yang disampaikan ini merupakan pemahaman Prudential Indonesia mengenai hal yang dimaksud pada saat ini. Apabila ada perubahan ataupun pengkinian terhadap pemahaman tersebut, kami akan memberitahukan lebih lanjut. Anda disarankan berkonsultasi dengan kantor pajak atau konsultan pajak Anda bilamana memerlukan penjelasan lebih rinci terhadap pemahaman yang kami uraikan.