Bantuan Kemanusiaan Prudential - Wujud Kepedulian terhadap Masayarakat Padang

Padang, Sumatera Barat, 16 Oktober 2009 – Gempa bumi yang terjadi di Padang masih berdampak pada kehidupan ribuan warga di Sumatera Barat. Sebagai wujud partisipasi dalam upaya pemulihan dan pembangunan kembali di Padang, Prudential – salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dan bagian dari Prudential plc yang berkedudukan di Inggris – segera mengerahkan karyawan dan berbagai sumber daya untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan dukungan kepada masyarakat di daerah bencana. Selama lebih dari dua minggu terakhir, tim evaluasi dan distribusi Prudential telah bekerja sama secara erat dengan lembaga-lembaga penyalur bantuan lokal dan internasional.

Untuk melihat langsung kondisi di lapangan, jajaran manajemen senior Prudential Indonesia, Hong Kong dan London, hari ini melakukan kunjungan ke Padang. Tidjane Thiam, Chief Executive Prudential plc; Barry Stowe, Chief Executive, Prudential Corporation Asia; dan Kevin Holmgren, Presiden Direktur PT Prudential Life Assurance di Indonesia berkunjung ke Padang hari ini untuk bertemu dengan para karyawan dan agen Prudential serta tenaga relawan dan penyalur bantuan juga pemerintah setempat.

Pagi harinya, ketiga pimpinan Prudential bertemu dengan Marlis Rahman, Wakil Gubernur propinsi Sumatera Barat. Dalam pertemuan tersebut, Barry menyampaikan komitmen Prudential untuk membantu masyarakat di Padang. “Tingkat kepedulian yang tinggi bagi masyarakat dan perlindungan bagi keluarga merupakan dasar dari kegiatan usaha kami. Indonesia merupakan bagian penting dari keluarga besar Prudential di tingkat global. Oleh karena itu, kunjungan kami adalah untuk melihat secara langsung upaya penanggulangan dan bantuan yang sedang dilaksanakan di Padang,tidak hanya untuk karyawan dan agen kami, tetapi juga untuk masyarakat daerah ini,” ucap Barry.

Prudential telah menyediakan tempat-tempat penampungan untuk lebih dari 3.000 keluarga dengan membiayai pembangunan tenda-tenda dan rumah semi permanen untuk masyarakat yang terkena dampak dari gempa bumi. Selain itu, Prudential bekerja sama dengan lembaga bantuan lokal dan LSM membangun ruang-ruang kelas sementara untuk sekitar 1.600 murid-murid sekolah, serta menyediakan bantuan darurat lainnya seperti selimut, pakaian dan perlengkapan penting lainnya. Prudential bekerja sama dengan organisasi seperti UNICEF, Save the Children, Malteser Internasional dan Posko Jenggala dalam menyediakan dan menyalurkan bantuan darurat tersebut.

Prudential juga ikut merasakan akibat langsung dari peristiwa gempa dengan meninggalnya satu karyawan dan beberapa agen Prudential. Perusahaan saat itu sedang melakukan kegiatan pelatihan di Hotel Ambacang di Padang dan hotel tempat acara berlangsung rubuh akibat gempa.

Kevin Holmgren menyatakan bahwa Prudential berkomitmen menyediakan bantuan bagi keluarga-keluarga yang menderita akibat gempa. “Kami mengagumi semangat mereka dalam saat-saat sulit seperti ini. Kami menyampaikan simpati mendalam kepada keluarga-keluarga dan mereka yang kehilangan orang-orang yang dicintai akibat bencana ini. Kami memahami tahap pemulihan akan memakan waktu dan kami harap bantuan yang kami berikan dapat turut memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat dan komunitas di Sumatera Barat.”

Untuk nasabah Prudential yang mengalami dampak gempa di wilayah ini, Prudential akan mempercepat proses klaim para pemegang polis di Padang. “Hal ini akan menjadi prioritas utama kami,” ucap Kevin.

Selama di Padang, pimpinan Prudential juga mengunjungi Padang Kapeh Nagari Toboh Gadang, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat

Mengenai Prudential plc and Prudential Corporation Asia
Prudential plc adalah sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan: Inggris, Amerika, Asia dan Eropa kontinental.

 

Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama lebih dari 160 tahun dan memiliki produk dana jangka panjang terbesar di Inggris selama lebih dari satu abad. Saat ini, Prudential memiliki lebih dari 22 juta nasabah di seluruh dunia dan mengelola dana lebih dari £245 miliar (Rp4.115 triliun - sampai dengan 30 Juni 2009 – angka yang terakhir dipublikasikan).
 
Untuk wilayah Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk-produk yang memenuhi kebutuhan akan tabungan, perlindungan dan investasi nasabah, serta merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan produk-produk dan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 80 tahun.
 
PCA mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 12 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Di wilayah ini, PCA juga menjangkau lingkup geografis yang lebih luas dengan mengoperasikan bisnis pengelolaan dana di 10 pasar - Cina, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.
 
Per 30 Juni 2009 total penjualan PCA berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE) di Asia mencapai £553 juta (Rp 9,23 triliun). Prudential di Asia didukung oleh lebih dari 415.000 jaringan tenaga pemasaran dan karyawan yang melayani kebutuhan keuangan lebih dari 12 juta nasabah.


Mengenai PT Prudential Life Assurance
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa lebih dari 160 tahun dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.
 
Per tanggal 30 Juni 2009, Prudential Indonesia memiliki sekitar 1,100 karyawan, 6 kantor pemasaran (Batam, Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, dan Semarang) dan 183 kantor keagenan. Prudential Indonesia didukung jaringan lebih dari 75,000 agen (terbesar di Indonesia) dan melayani lebih dari 801,000 nasabah..
 
Back to Top