Wujud Sumbangsih Prudential Indonesia kepada Penyembuhan Pasien Kanker Anak

Jakarta, 16 April 2012 – Bertempat di auditorium Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta (RSKD), PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melalui Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) hari ini mendonasikan mesin apheresis COM.TEC kepada RSKD. Seremoni penyerahan ini turut disaksikan oleh Linda Amalia Sari Gumelar selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
 
Penyakit kanker telah menjadi salah satu penyebab kematian utama di Indonesia. Data Departemen Kesehatan menunjukkan bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia mencapai 6% dari populasi atau kurang lebih 16 juta pasien. Saat ini kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga banyak menimpa anak-anak. Menurut data dari RSKD, jumlah kasus baru kanker anak mencapai lebih dari 11.000 pasien per tahun di seluruh Indonesia.
 
Dengan hadirnya mesin COM.TEC di Indonesia, pasien kanker balita akhirnya mampu mendapatkan perawatan yang aman dalam proses terapi. Keistimewaan mesin ini terletak pada kemampuannya sebagai multi-apheresis procedural platform, yang bisa digunakan saat terapi pada pasien dewasa dan khususnya bagi pasien leukimia akut anak-anak. Kegunaan lain mesin ini adalah untuk koleksi stem cell (sel punca) dari pendonor atau dari pasien itu sendiri (auto- atau allogenic transplantation).
 
Ditemui di RSKD, dr. Ronald Hukom SpPD-KHOM, Kepala Instalasi Bank Darah dan Unit Apheresis RSKD memaparkan “Mesin apheresis COM.TEC yang didonasikan oleh Prudential Indonesia melalui YOAI ini merupakan mesin yang dapat digunakan untuk memisahkan sel-sel darah, diperuntukkan baik untuk terapi pasien maupun donasi komponen darah dari donor untuk pasien yang membutuhkan (transfusi). Mesin ini tentunya akan membantu proses penyembuhan pasien kanker anak seperti pada lekemia akut. Hal ini disebabkan karena COM.TEC selain diperuntukan bagi pasien dewasa juga lebih aman untuk digunakan bagi anak-anak, terutama para balita. Dengan adanya mesin ini, pasien kanker anak tidak perlu lagi berobat ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang memerlukan mesin aferesis.”
 
Donasi mesin COM.TEC ini merupakan bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility – CSR) dari Prudential Indonesia, sejalan dengan upayanya untuk mewujudkan satu juta impian untuk satu juta jiwa. Di tahun 2012 ini, Prudential Indonesia telah merencanakan sejumlah kegiatan CSR untuk mendukung peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia.
 
William Kuan selaku Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan, “Sebagai korporasi yang bertanggung jawab, Prudential Indonesia sangat peduli terhadap peningkatan kesehatan di Indonesia, terutama pada deteksi dini dan perawatan kanker pada anak.”
 
“Prudential percaya bahwa anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan perawatan kesehatan terbaik. Harapan kami adalah dengan adanya mesin ini pasien kanker anak dapat menjalani terapi menggunakan teknologi penyembuhan mutakhir yang aman dan bisa memberikan manfaat lebih terhadap pelayanan medis bagi seluruh pasien kanker di Indonesia,” tambah William.
 
Kerjasama antara Prudential Indonesia, RSKD dan YOAI merupakan kelanjutan dari kegiatan Charity Walk di tahun 2010, di mana melalui kegiatan tersebut Prudential Indonesia berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 3.5 miliar. Dana tersebut secara langsung disalurkan ke sejumlah kegiatan sosial, salah satunya adalah dengan mendonasikan mesin apheresis COM.TEC kepada YOAI.
 
Bekerjasama sejak tahun 2003, Prudential Indonesia dan YOAI telah mengumpulkan dana sebesar Rp3.5 miliar dengan mengadakan rangkaian acara pengumpulan dana. Dan sampai saat ini, Perusahaantelah membantu lebih dari 500 anak pasien kanker melalui dukungan pengobatan medis. Pada tahun 2005, Prudential Indonesia membantu YOAI dan RSKD merenovasi bangsal pasien kanker anak yang terletak di lantai 4 RSKD. Pada tahun 2009, Prudential Indonesia kembali berkolaborasi dengan YOAI untuk menyediakan ekspansi fasilitas bangsal pasien anak RSKD.
 
“Komitmen Prudential Indonesia dalam memastikan seluruh anak pengidap kanker menerima layanan yang baik sangat membantu kami dalam merawat serta memberikan pengobatan tepat setara dengan negara-negara maju. Bersama Prudential Indonesia, YOAI akan terus meningkatkan peran serta kontribusi untuk menjadi panutan melalui pelayanan, pendidikan, serta penelitian dengan mutu tinggi di bidang penanggulangan kanker di Indonesia.” ujar Rahmi Adi Putra Tahir Ketua YOAI.
 
Melalui donasi mesin apheresis COM.TEC, Prudential Indonesia juga turut mendukung program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk menggunakan kemajuan teknologi di bidang kedokteran sebagai salah satu prioritas di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010 – 2014.
 
“Sesuai Undang-Undang Perlindungan Anak dan Konvensi Hak Anak, maka anak harus mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal,baik fisik, mental maupun sosial, serta memperoleh perlindungan. Oleh karena itu anak harus tetap memperoleh hakhaknya termasuk hak untuk memperoleh kesehatan, tak terkecuali anak penderita kanker yang dalam kondisi kurang menguntungkan kesehatannya.” ujar Linda Amalia Sari Gumelar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
 
Selain pemberian mesin apheresis COM.TEC, Prudential Indonesia telah menyiapkan sejumlah strategi CSR untuk tahun 2012 dan seterusnya, terkait dengan tujuan Perusahaan untuk mencapai mewujudkan satu juta impian untuk satu juta jiwa. Melalui rencana tersebut, Prudential Indonesia berharap dapat terus aktif berpartisipasi memberikan kontribusi terhadap sektor pendidikan, kesehatan, literasi keuangan, dan bantuan bencana.
 
– Selesai –
 
Mengenai Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
 
Prudential plc adalah sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan: Inggris, Amerika, Asia dan Eropa kontinental.
 
Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama 160 tahun dan memiliki produk dana jangka panjang terbesar di Inggris selama lebih dari satu abad. Saat ini, Prudential memiliki lebih dari 25 juta nasabah di seluruh dunia dan sampai dengan sembilan bulan pertama di tahun ini memberikan pertumbuhan yang kuat ditopang oleh keuntungan dari bisnis baru dan pertumbuhan penjualan (sampai dengan empat belas persen menjadi £ 1.535 juta) dan pertumbuhan penjualan (hingga sepuluh persen menjadi £ 2.704 juta).
 
Untuk wilayah Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk- produk yang memenuhi kebutuhan akan tabungan, perlindungan dan investasi nasabah, serta merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan produk-produk dan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 86 tahun.
 
Prudential mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 12 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Di wilayah ini, Prudential juga menjangkau lingkup geografis yang luas dengan mengoperasikan bisnis pengelolaan dana di 10 pasar - Cina, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.
 
Total Penjualan PCA di Sembilan bulan pertama tahun 2011 berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE) di Asia mencapai pertumbuhan delapan persen menjadi £1,147 juta (Rp 16.4 triliun). Prudential di Asia didukung oleh
lebih dari 340.000 jaringan tenaga pemasaran dan karyawan yang melayani kebutuhan keuangan lebih dari 11 juta nasabah di wilayah ini.
 
 
Mengenai Prudential Indonesia
 
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
 
Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.
 
Dari data terakhir per 30 September 2011, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 240 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia memiliki lebih dari130.000 jaringan tenaga pemasaran yang melayani lebih dari 1,3 juta nasabah.
 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Nini Sumohandoyo

Corporate Marketing & Communications Director

PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower

Jl. Jend. Sudirman Kav. 79

Jakarta 12910

Phone : 021 2995 8888

Faximile : 021 2995 8855

E-mail : [email protected]

 

Back to Top