Prudential Luncurkan PRUmy child, Produk Asuransi Pertama yang Melindungi Anak dari Sebelum Lahir "PRUmy child"

Jakarta, 31 Juli 2012 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), hari ini mengumumkan peluncuran PRUmy child, produk asuransi pertama di Indonesia yang memberikan perlindungan komprehensif pada masa sebelum dan sesudah melahirkan. PRUmy child memberikan dukungan finansial pada saat komplikasi di masa kehamilan atau persalinan, dan dalam hal terjadinya kematian. PRUmy child memberikan perlindungan yang mengkombinasikan asuransi jiwa dan investasi bagi anak, sejak dalam kandungan sampai dengan usia 99 tahun.

Berdasarkan hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI), Indonesia mencatat angka kelahiran 4,5 juta pada tahun 2011. PBB mencatat Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat kematian ibu tertinggi di Asia Tenggara dengan 228 kematian untuk setiap 100.000 kelahiran. Mayoritas kasus komplikasi kehamilan yang terjadi di Indonesia adalah pendarahan 28%, Eklamsia 24%, dan infeksi 11%.

Survei tersebut menyatakan dua pertiga kematian bayi di Indonesia terjadi di masa awal kelahiran (28 hari pertama), di mana terdapat 19 kematian untuk setiap 1.000 kelahiran. Survei tersebut juga mencatat 34 kematian bayi di bawah usia 12 bulan untuk setiap 1.000 kelahiran,  yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya, contoh Singapura dengan tingkat kematian bayi 2,1 per 1.000 kelahiran, Hong Kong 1,8 dan Jepang 2,61(1).

Berdasarkan fakta-fakta yang ada di Indonesia ini, sebagai perusahaan yang bertanggung jawab, Prudential mendukung penuh tujuan pemerintah Indonesia untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, dengan mengambil tindakan nyata untuk memberikan perlindungan finansial jangka panjang yang dibutuhkan bagi keluarga, bahkan sejak sebelum anak dilahirkan, sampai dengan usia dewasa.

Sebagai perusahaan yang selalu mendengarkan dan melayani kebutuhan publik, Prudential meluncurkan PRUmy child, yang diperuntukkan bagi keluarga dengan ibu yang sedang mengandung berusia antara 18-40 tahun, dengan usia kehamilan 20-32 minggu, dan dengan perlindungan yang berlaku sejak sebelum anak dilahirkan.

(1) Sumber: Survei Departemen Statistik Singapura & Millennium Development Goals.


William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan, “Kami ingin memastikan bahwa ibu hamil dan calon bayinya mempunyai perlindungan yang memadai selama periode krusial kehamilan. PRUmy child dapat dikatakan sebagai hadiah pertama bagi anak dari orangtua, dalam bentuk proteksi jiwa terkait investasi serta dukungan finansial untuk masalah kesehatan bagi anak, dari sebelum ia lahir sampai dengan usia dewasa.”

PRUmy child memungkinkan orangtua untuk mengurangi sebagian beban finansial mereka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan di masa sebelum dan sesudah melahirkan, dengan lima manfaat utama:
1. Manfaat pertanggungan jiwa atas janin dan ibu selama masa kehamilan
2. Manfaat komplikasi yang terjadi pada ibu dalam masa kehamilan atau sesudah melahirkan
3. Manfaat perawatan di inkubator/intensive Care Unit (ICU) untuk bayi
4. Manfaat kelainan bawaan pada anak
5. Manfaat pertanggungan jiwa atas anak jika meninggal dunia atau menderita cacat total dan tetap

Selain memberikan anak perlindungan sebelum kelahiran, PRUmy child juga memungkinkan orang tua untuk mengembangkan rencana perlindungan jangka panjang bagi anaknya dengan menambahkan beberapa asuransi tambahan (rider). Orangtua bahkan dapat membeli empat rider - dari total 15 yang tersedia - sebelum anak tersebut lahir. Keempat rider yang dapat ditambahkan adalah PRUpersonal accident death, PRUpersonal accident death and disablement, PRUparent payor33 dan rider terbaru bernama PRUjuvenile crisis cover.

PRUjuvenile crisis cover merupakan rider pertama di Indonesia yang menyediakan perlindungan penyakit kritis yang diderita pada usia anak-anak. PRUjuvenile crisis cover memberikan bantuan finansial untuk orangtua ketika anaknya didiagnosa menderita 32 jenis penyakit kritis, dengan perlindungan sampai anak tersebut berusia 18 tahun.

PRUmy child dan PRUjuvenile crisis cover diluncurkan sebagai bagian dari komitmen Prudential Indonesia sebagai korporasi yang bertanggung jawab, dengan tujuan untuk menyediakan akses dukungan finansial dalam hal perawatan medis, yang pada gilirannya dapat mendukung pada upaya meningkatkan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia," tambah William.

Masyarakat Indonesia masih belum menganggap asuransi jiwa sebagai prioritas, di mana kurang dari 10 juta orang memiliki asuransi jiwa individu. Ada 130,7 juta orang yang tidak memiliki asuransi kesehatan sedangkan sisanya hanya dijamin oleh Jamsostek, Jamkesmas dan Askes (2)."Kami akan terus mendengarkan kebutuhan masyarakat untuk menyediakan produk-produk inovatif yang dapat mendukung masyarakat dalam mendapatkan perlindungan jiwa yang menyeluruh, serta dukungan keuangan saat terkena masalah kesehatan."
 
– Selesai –
 
(2) Sumber: International Pharmaceutical Manufacturer Group – IPMG
 
 
Mengenai Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
Prudential plc adalah sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan yaitu Inggris, Amerika, Asia dan kontinen Eropa.

Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama lebih dari 160 tahun dan memiliki produk investasi jangka panjang terbesar di Inggris selama lebih dari satu abad. Saat ini, Prudential memiliki lebih dari 26 juta nasabah di seluruh dunia mengelola dana sebesar £ 256 milyar (Rp 3,651 triliun per Maret 2012).

Di Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk- produk yang memenuhi kebutuhan akan simpanan, perlindungan dan investasi nasabah, serta merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan
produk-produk dan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 80 tahun.

Prudential mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 11 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. PCA memiliki sejarah geografis luas dengan operasional pengelolaan dana di 10 Negara - Cina, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.  
 
Dalam kuartal pertama tahun 2012 , total penjualan Prudential Corporation Asia berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE) tumbuh sebesar 21 persen mencapai £ 443 juta (Rp 6,3 triliun).   
 

Mengenai Prudential Indonesia
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan berbasis di London, Inggris, yang memiliki pengalaman lebih dari 160 tahun. Melalui penggabungan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menyediakan produk investasi terbaik di kelasnya, simpanan dan perlindungan asuransi untuk seluruh masyarakat Indonesia. 
 
Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia. 
 
Dari data terakhir per Maret 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dan 270 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia memiliki lebih dari 155.000 jaringan tenaga pemasaran yang melayani lebih dari 1,4 juta nasabah.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Nini Sumohandoyo

Corporate Marketing & Communications Director

PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower

Jl. Jend. Sudirman Kav. 79

Jakarta 12910

Phone : 021 2995 8888

Faximile : 021 2995 8855

E-mail : [email protected]

 

Klik disini untuk mengunduh

Back to Top