BNI Layani 1,4 Juta Nasabah Prudential

Jakarta, 26 September 2012. Dalam rangka meningkatkan layanan kepada nasabah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Prudential Indonesia sepakat menjalani kerjasama pembayaran premi asuransi menggunakan fasilitas perbankan. Fasilitas tersebut adalah layanan pembayaran premi pemegang polis Prudential Indonesia melalui autodebet BNI, yang melengkapi layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Ke depan, BNI juga akan mengembangkan layanan pembayaran premi nasabah Prudential Indonesia melalui mobile atau SMS banking, dan phone plus.

Hal tersebut terungkap dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara BNI dengan Prudential Indonesia di Jakarta, Rabu (26/9/2012). Hadir dalam kesempatan itu Direktur Konsumer dan Ritel BNI, Darmadi Sutanto dan Presiden Direktur Prudential Indonesia, William Kuan.

Melalui kerjasama ini, BNI siap memberikan layanan pembayaran premi asuransi pada 1,4 juta nasabah Prudential Indonesia. Kerjasama yang telah berjalan saat ini adalah transaksi pembayaran premi asuransi Prudential Indonesia melalui ATM BNI sejak tahun 2009 dan setiap bulannya mencapai 64.000 transaksi. Selain itu, BNI juga menerima pembayaran premi asuransi Prudential Indonesia melalui kartu kredit.

Selama ini, mekanisme pembayaran premi melalui autodebet dilakukan atas permintaan nasabah kepada BNI melalui BNI Call (Bank to Costumer). Namun, dengan kerjasama ini, konsumen Prudential Indonesia yang juga menjadi nasabah BNI dapat secara rutin dibantu pembayaran preminya setiap bulan hanya dengan mengisi formulir autodebet.

Saat ini, untuk tanggal pembayaran premi akan disesuaikan keinginan nasabah, dan disepakati oleh BNI dan Prudential Indonesia. Dengan demikian, nasabah menjadi semakin dimudahkan dalam melakukan transaksinya. Sementara pihak BNI dan Prudential Indonesia menjadi lebih mudah mengelola dana nasabahnya.

“Dengan adanya kerjasama BNI dan Prudential Indonesia diharapkan kedua perusahaan makin bersinergi dan berkembang dalam memberikan layanan dan jasa bagi masyarakat Indonesia pada umumnya,” tegas Direktur Konsumer dan Ritel BNI, Darmadi Sutanto disela-sela penandatanganan PKS dengan Prudential Indonesia.

William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia menyatakan, “Penyediaan ragam fasilitas yang memudahkan dan memberi kenyamanan nasabah Prudential dalam bertransaksi selalu menjadi prioritas yang terus kami kembangkan. Kerja sama dengan BNI ini menjadi sebuah langkah baik dalam memperluas akses terhadap fasilitas pembayaran premi bagi para nasabah kami.”

Terus tumbuh
Hingga akhir Agustus 2012, rekening tabungan BNI mencapai sekitar 13,7 juta nasabah dengan nilai dana Rp 83,9 triliun. Itu artinya terjadi kenaikan jumlah rekening 12,3 persen di atas jumlah rekening pada Agustus 2011 yang mencapai 12,2 juta. Selain itu, terjadi pertumbuhan nilai dana yang ditabung di BNI sebesar 24,67 persen di atas posisi Agustus 2011 yang mencapai Rp 67,3 triliun.

Peningkatan jumlah rekening tabungan ini tidak terlepas dari upaya BNI untuk meningkatkan layanan secara elektronik yang makin memudahkan nasabah bertransaksi. Saat ini, BNI memiliki fasilitas elektronik berupa BNI ATM, BNI PhonePlus, BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking dan BNI Internet Banking.

Transaksi melalui fasilitas elektronik ini terus mengalami pertumbuhan. Jumlah pengguna BNI eBanking tercatat sekitar 9 juta nasabah Kartu Debit; 1,56 juta BNI PhonePlus; 618.000 pengguna BNI Internet Banking; dan 3,25 juta pengguna SMS Banking.

Pencapaian volume transaksi sampai bulan Agustus 2012 untuk BNI Phone Banking mencapai Rp 448,96 miliar. Adapun, BNI Internet Banking mencapai Rp 15,96 triliun dan BNI SMS Banking mencapai Rp 6,86 triliun.


Mengenai BNI
BNI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, memiliki 1.851 outlet cabang dan sentra kredit yang tersebar di seluruh Indonesia, serta 5 cabang luar negeri seperti Singapura, Hong Kong, Tokyo, New York, dan London. BNI juga mempunyai representative office di Timur Tengah dan Asia Tenggara.

Untuk jaringan elektronik, BNI memiliki 7.478 ATM ditambah 24.900 ATM LINK dan 41.000 ATM Bersama, serta fasilitas phone banking 24 jam BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id untuk kebutuhan transaksi perbankan dengan ratusan fitur transaksi.

Bagi nasabah institusi bisnis, BNI memberikan layanan cash management secara online, trade finance, perdagangan internasional (ekspor/impor) dan remittance/pengiriman uang yang didukung oleh jaringan cabang luar negeri dan 1.500 bank koresponden di seluruh dunia. Saham BNI tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode BBNI sejak tahun 1996.

Penghargaan BNI 2012
  • The Best Mortgage Bank in Asia-Pacific, 2012 dari The Asian Banker 2012
  • The Best Priority Banking – Consumer Banking Award 2012 dari Majalah SWA
  • Visa Indonesia Bank award 2012: Best Issuer Award (Based on SPI criteria). Category: Credit Card Visa International, Feb 2012
  • The 2nd Best SMS Banking – Bank Service Excellence Award 2012 dari Majalah Infobank & Marketing Research Indonesia 2012
  • The 2nd Best BUMN Marketer 2012 dari BUMN Track
  • Best Trade Finance Bank - Alpha SouthEast Asia 2010, 2011, & 2012
  • Best Small Medium Enterprise – Alpha SouthEast Asia 2012
  • Banking Efficiency Award (BEA) 2012·
  • Award The Global 2000 kategori The World’s Biggest Public Companies versi FORBES 2012.·
  • Sustainable Business Awards 2012
  • Service Quality Award 2012 untuk kategori Priority Banking dan Reguler Banking·
  • Indonesia Capital Markets Deal, IFR Asia Award 2011.


Mengenai Prudential Indonesia
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan asal Inggris dengan pengalaman lebih dari 160 tahun. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.

Dari data terakhir per 30 Juni 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan lebih dari 270 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia memiliki lebih dari 181.000 jaringan tenaga pemasaran yang melayani lebih dari 1,5 juta nasabah.

Sampai dengan 26 September 2012, Prudential Indonesia telah dianugerahi 28 penghargaan nasional dan internasional, di antaranya:
  • Celent Model Insurer Award, penggunaan advanced technology dalam kategori"Business Process Management" tingkat Asia dari Celent (2012)
  • Financial Insights Innovation Award, penggunaan teknologi inovatif dalam pencapaian bisnis obyektif tingkat Asia dari IDC Financial Insight (2011)
  • Best Life Insurance Company 2012 dan Star Performer dari Majalah Investor, (2002, 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011)
  • Indonesia Best Brand Award - Asuransi Jiwa Terbaik dari SWA Network, (2009, 2011, 2012)
  • Top Brand Award 2012 - Asuransi Jiwa Terbaik dari Majalah Marketing (2010, 2011, 2012)
  • Service Quality Award untuk kategori “Diamond” dan “Golden” dari Majalah Service Excellence (2008, 2009, 2010, 2011, 2012)
  • Corporate Image Award / Indonesia's Most Admired Companies (IMAC) – Asuransi Jiwa dengan Aset >1 Trillion dari Bloomberg Business Week & Frontier Consulting Group (2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012)

 

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi: 

BNI

Tribuana Tunggadewi

Corporate Secretary

Telp: 021-5728387

[email protected]

Prudential Indonesia

Nini Sumohandoyo

Corporate Marketing & Communication

Director

Telp: 021-29958888

[email protected]

 

Klik disini untuk mengunduh

Back to Top