Prudential Indonesia dan KidZania Bekerja Sama Ajarkan Prinsip Pengelolaan Keuangan Kepada Anak-Anak

Jakarta, 2 Juni 2013, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan KidZania Jakarta untuk memberikan pemahaman mengenai keuangan (financial literacy) bagi anakanak melalui peluncuran Prudential Vault. Kehadiran wahana terbaru di KidZania tersebut, merupakan perwujudan dari konsep pengelolaan keuangan Cha-ching Money Smart Kids dalam bentuk nyata. Cha-ching Money Smart Kids, program pembelajaran online interaktif melalui karakter animasi, musik, dan video kartun, memiliki empat pilar utama, yaitu memperoleh (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), dan menyumbang (donate).

Dari keempat pilar tersebut, Prudential Vault di KidZania menghadirkan konsep “menyumbang”, yaitu memberi kembali kepada masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan, melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang menyenangkan. Setelah mendapatkan pengalaman mengelola keuangan di Kidzania, anak–anak bersama orang tua di rumah juga dapat mengunjungi www.cha-ching.co.id untuk mempelajari lebih dalam mengenai pengelolaan keuangan.

Uchu Riza, City Mayor of KidZania menjelaskan, “Di setiap establishment yang ada, KidZania menerapkan 6 Guidance Right atau hak anak, yakni to be, to know, to create, to share, to care, dan to play. Melalui berbagai kegiatan yang ada di KidZania, anak-anak diajak untuk bermain peran melakukan aktifitas profesi layaknya orang dewasa, dan memperoleh gaji berupa KidZos dari hasil kerja mereka. Selanjutnya, mereka akan belajar untuk menentukan pilihan apakah mereka akan menabung KidZos atau menggunakannya untuk membeli makanan atau barang lainnya.”

“Dengan pembelajaran pengelolaan keuangan Cha-Ching terutama konsep “menyumbang” melalui Prudential Vault, anak-anak dapat mengalami langsung rasanya menjadi anggota masyarakat yang peduli terhadap sesama dengan menggunakan uang yang mereka peroleh dari kerja keras untuk membuat perbedaan dalam masyarakatnya,” tambah Uchu.“

“Prudential dan KidZania berkeyakinan bahwa perusahaan memiliki peranan dalam mempersiapkan anak-anak Indonesia menyongsong masa depan yang lebih baik dan cerah. Kami percaya dengan menanamkan nilai-nilai tentang memperoleh, menabung, membelanjakan, dan menyumbang sejak usia dini, kami membantu anak-anak untuk memahami cara mengelola keuangan yang akan bermanfaat bagi mereka, keluarganya, dan lingkungannya di masa depan. Hal ini didasari oleh hasil penelitian kami yang menunjukkan bahwa 95 persen dari orang tua ingin dibantu dalam hal program pendidikan yang mengajarkan pengelolaan keuangan bagi anak-anak. Melalui Prudential Vault di KidZania, kami mengemas nilai-nilai tersebut dengan aktivitas pendidikan yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak,” kata William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia.

“Keberadaan Prudential Vault sebagai sebuah sarana sosialisasi nilai-nilai yang diusung Cha-ching merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang lebih besar yaitu ‘Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi’, yang kami luncurkan di tahun 2012. Program ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyentuh kehidupan satu juta orang Indonesia yang kurang beruntung, termasuk anak-anak yang merupakan masa depan Indonesia. Porsi terbesar dari inisiatif ini adalah\ memberikan pembelajaran mengenai pemahaman pengelolaan keuangan,” kata William. “Sejak diluncurkan pada Oktober 2012, program pembelajaran pengelolaan keuangan Cha-ching telah menjangkau lebih dari 200.000 orang terutama anak-anak di Indonesia. Dengan kepopuleran KidZania, kami percaya bahwa Prudential Vault akan membantu menjangkau sasaran yang lebih banyak.lagi,” tutup William.

 
– Selesai –
 
Tentang KidZania Jakarta
KidZania adalah sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.

Saat ini telah beroperasi 12 KidZania yang tersebar di 9 negara antara lain: Mexico (Santa Fe, Monterrey, Cuicuilco), Jepang (Tokyo dan Osaka), Indonesia (Jakarta), Portugal (Lisbon), Uni Emirat Arab (Dubai), Korea Selatan (Seoul), Malaysia (Kuala Lumpur), Chile (Santiago), Thailand (Bangkok). Di Indonesia, KidZania menempati ruang seluas 7.500 m2 berlokasi di Pacific Place Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta, dengan kapasitas pengunjung maksimum 1.800 orang dalam 1 shift.

Tentang Prudential Indonesia
Didirikan pada 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris. Dengan memanfaatkan pengalaman Grup Prudential selama 165 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi investasi terbaik, tabungan, dan solusi proteksi asuransi yang paling baik kepada nasabah di tanah air.

Sejak peluncuran produk asuransi yang terkait produk investasi pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif ini.

Sampai 31 Maret 2013, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 310 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali) di seluruh nusantara. Per 31 Maret 2013, Prudential Indonesia melayani lebih dari 1,8 juta nasabah.

Tentang Cha-ching
Cha-ching merupakan salah satu inisiatif kunci dari Yayasan Prudence, sebuah charitable platform dari Prudential Corporation Asia. Dalam kolaborasinya dengan Cartoon Network, saluran televisi anak-anak terkemuka di Asia Pasifik, dan dengan keahlian Dr. Alice Webber, seorang pakar edukasi dan psikolog anak, Cha-Ching di kemas dalam bentuk program edukasi finansial bagi anak, melalui medium animasi musikal mengajarkan pentingnya pengelolaan keuangan bagi anak-anak dengan memperkenalkan empat konsep utama, yaitu: memperoleh (earn), menabung (save), membelanjakan (spend) dan menyumbangkan (donate).

Cha-ching merupakan jawaban atas temuan survei yang dilakukan di Juni 2011, hasil survei tersebut menunjukan bahwa orang tua ingin melakukan edukasi mengenai pengelolaan keuangan bagi anaknya melalui medium yang menyenangkan dan menarik. Di September 2011 Cha-ching diluncurkan di tujuh pasar Prudential di kawasan Asia: Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Cha-ching merupakan serangkaian episode animasi musikal yang berdurasi tiga menit, diperuntukan bagi anak berusia 7 sampai dengan 12 tahun dan diproduksi serta ditayangkan oleh Cartoon Network. Elemen lain dari program tersebut meliputi situs internet (www.cha-ching.com) yang dilengkapi oleh permainan dan aplikasi yang menampilkan skenario nyata mengenai pengelolaan keuangan, data-data online dan perencanaan kegiatan bagi orang tua dan guru serta aplikasi mobile untuk iPodTouch, iPhone dan pengguna iPad yang berguna bagi anak-anak dalam mengawasi siklus keuangan mereka

Cha-ching telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai program yang patut dicontoh dalam mempromosikan literasi keuangan yang efektif di masyarakat, Cha-ching dinobatkan sebagai Education Program of the Year oleh Excellence in Financial Literacy Education (EIFLE) di Orlando, AS (April 2012), dan juga dinobatkan sebagai The Best Interstitial Series (Pendidikan) oleh Cynopsis: Kids!magination Awards di New York, AS (Juni 2012). Di Asia, Cha-Ching menerima Certificate of Excellence (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) dalam Campaign PR Awards 2011 (Maret 2012) dan penghargaan untuk the Most Innovative Financial Education Programme oleh Institute of Financial Planners Hong Kong (September 2012).

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Nini Sumohandoyo

Corporate Marketing & Communications Director

PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower

Jl. Jend. Sudirman Kav. 79

Jakarta 12910

Phone : 021 2995 8888

Faximile : 021 2995 8855

E-mail : [email protected]

 

Klik disini untuk mengunduh File PDF

Back to Top