Ciri-ciri Rumah Sehat & Manfaatnya untuk Kesehatan | Prudential Indonesia

Ciri-ciri Rumah Sehat & Manfaatnya untuk Kesehatan

Rumah impian adalah yang memberikan kenyamanan serta memiliki tingkat kesehatan yang baik untuk ditempati. Bahkan, rumah yang sehat dan nyaman dipercaya dapat mempengaruhi penghuninya agar lebih bahagia dan termotivasi untuk menjalani kehidupan yang sehat juga.

Lantas, apa saja ciri-ciri rumah sehat serta manfaatnya untuk Anda sekeluarga? Simak beberapa contoh berikut ini.

Kebersihan Terjaga

Lingkungan rumah yang bersih akan menjauhkan Anda dari faktor-faktor penyebab penyakit. Dengan secara rutin membersihkan lantai dan permukaan lainnya, rumah Anda akan terbebas dari kontaminasi kuman dan bakteri, timbunan debu penyebab alergi, serta penyebaran hama.

Bebas dari Hama

Tikus dan kecoa merupakan beberapa hama yang sering ditemui pada lingkungan tinggal yang tidak sehat dan membawa kuman, bakteri, dan virus dari luar rumah. Jangan sampai kesehatan rumah terkontaminasi, terlebih jika Anda memiliki bayi atau anak kecil.

Tidak Ada Zat Kimia Berbahaya

Idealnya, rumah harus bebas dari zat berbahaya, bahkan pestisida pengusir serangga yang umum digunakan. Jika dibiarkan, kontaminasinya dapat mengakibatkan diare, mual, bahkan kerusakan paru-paru. Jadi, perhatikan penggunaan produk anti serangga Anda.

Udara Bersih dan Kelembapan yang Pas

Sistem pernapasan yang sehat didukung oleh kondisi udara yang bersih dan tingkat kelembapan udara (relative humidity) yang seimbang. Kelembapan yang terlalu rendah tidaklah sehat karena dapat meningkatkan produksi lendir di hidung dan masalah pernapasan. Begitu juga dengan udara yang kering karena organ pernapasan akan lebih mudah terkena iritasi. Sebaiknya, agar jalur udara tetap bersih dan tidak lembap, perhatikan juga ventilasi rumah. Sebaiknya jumlahnya disesuaikan dengan luas ruangan tersebut.

Bebas dari Risiko Bencana Alam

Agar dapat menjalani kehidupan dengan baik dan sehat, rumah harus terbebas dari risiko-risiko bencana alam yang mengancam, seperti kebakaran dan gempa bumi. Pastikan bahan bangunan rumah yang digunakan dalam keadaan kokoh dan tidak mudah hancur atau terbakar.

Bila bencana yang terjadi sangat fatal, bukan hanya risiko finansial atau kesehatan saja yang dapat mengancam Anda, kemungkinan kehilangan jiwa bisa saja terjadi. Anda bisa berjaga-jaga dengan mengantisipasi dan memeriksa kembali risiko-risiko jiwa yang ada.

Bila perlu, dapatkan proteksi dari risiko jiwa dengan membeli produk-produk asuransi seperti PRUSafe Guard dari Prudential Indonesia, Asuransi Jiwa yang memberikan perlindungan terbaik demi keamanan Anda sekeluarga.

Demikian beberapa ciri-ciri rumah sehat serta manfaatnya. Secara garis besar, habitat yang bersih, aman dari kontaminasi, serta bebas dari bahaya sangat dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Back to Top