Cari Tahu Lebih Dalam Safe Steps dari Prudential | Prudential Indonesia

Cari Tahu Lebih Dalam Safe Steps dari Prudential

Prudence Foundation merupakan lembaga sosial yang menjadi bagian dari Prudential Corporation Asia. Secara umum, lembaga ini bertujuan untuk menambah fokus dan strategi dari seluruh kegiatan komunitas Prudential yang berada di kawasan Asia agar bisa lebih berpengaruh bagi masyarakat dalam jangka panjang. Kegiatan yang diselenggarakan berfokus pada tiga pilar, yakni pendidikan dan kesiapan, anak-anak, dan pemulihan dari bencana.

Untuk mewujudkan kegiatan tersebut, Prudence Foundation membuat dan mengembangkan Safe Steps. Hal yang dilakukan Safe Steps salah satunya, yakni membuat Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang berguna untuk memberikan informasi edukatif dan menambah kesadaran terkait hal yang mengancam jiwa. Dengan begini, Safe Steps bisa membantu menyelamatkan hidup dan berusaha membangun komunitas yang juga mampu mendukung pemecahan masalah.

Baca juga: Ketahui Program Kesehatan Prudential Indonesia, Apa Saja?

Ada tiga program yang selama ini dijalankan oleh Safe Steps dan dilaksanakan dengan bekerjasama melalui tiga pihak, yaitu National Geographic, Action for Road Safety, dan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC).

Program pertama, Safe Steps First Aid merupakan layanan masyarakat yang bermaksud untuk menambah kesadaran dan pemahaman pertolongan pertama pada kasus seperti luka bakar, patah tulang, pendarahan parah, strok, dan tersedak. Hal ini bisa membuat banyak orang lebih siap dalam menghadapi situasi-situasi darurat tersebut dan bisa membantu menyelamatkan hidup orang lain.

Kedua, Safe Steps Road Safety adalah layanan masyarakat yang diperuntukkan untuk menambah kesadaran dan memberi edukasi terkait kesadaran keselamatan di jalan baik bagi pengemudi mobil, motor, dan pejalan kaki.

Ketiga, Safe Steps Natural Disasters merupakan layanan masyarakat yang menyajikan pesan edukatif terkait cara menghadapi situasi darurat bencana alam seperti angin topan, banjir, gempa bumi, dan kebakaran, sehingga orang-orang yang terdampak bencana alam bisa merasa lebih aman dan dapat bangkit dengan mudah.

Pada 7 Desember 2019 lalu, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkontribusi melalui pemberian edukasi kepada anak-anak terkait pengaruh bencana alam dengan penyelenggaraan PRURide Indonesia 2019 di We Do Village, Yogyakarta.

Kegiatan ini diberi tajuk Safe Steps Kids. Salah satu alasan diselenggarakannya acara ini karena anak-anak cenderung mudah terpengaruh dengan kondisi bencana alam. Anak-anak biasanya belum siap menghadapi berbagai risiko baik fisik maupun mental.

Beberapa aktivitas pelatihan seperti simulasi kejadian diberikan untuk membuat anak-anak mengerti cara bertahan dan menyelamatkan hidup saat terjadi bencana.

Pada tahun 2018 Prudential Indonesia juga bekerjasama dengan Badan Penyelamat Wisata (Balawista) Badung demi menyediakan pelatihan dasar keselamatan jiwa di pantai kepada masyarakat Bali. Salah satu alasannya, karena pantai menjadi salah satu destinasi utama bagi para turis dan masyarakat setempat.

Pada kerjasama ini, Prudential Indonesia juga menggandeng duta Safe Steps Marshello Lolot Aryafara, untuk mendukung program ‘Little Nippers’, yang merupakan pelatihan dasar keselamatan keadaan darurat di pantai bagi anak-anak 6-13 tahun dan sejumlah tenaga pemasar serta karyawan Prudential di area Bali.

Adanya Safe Steps beserta program-program yang disebutkan di atas dengan menggandeng lembaga sosial masyarakat di tingkat lokal maupun internasional diharapkan bisa memberikan dukungan yang inovatif dan berfokus kepada masyarakat.

Baca juga: Prudence Foundation dan Prudential Indonesia Dukung Peningkatan Keselamatan di Pantai lewat program SAFE STEPS

Back to Top