Dukung Kesejahteraan Keluarga Indonesia, Prudential Hadir Melalui Pemberdayaan Perempuan | Prudential Indonesia

Dukung Kesejahteraan Keluarga Indonesia, Prudential Hadir Melalui Pemberdayaan Perempuan

Pengabdian tidaklah cukup apabila tidak menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk kaum perempuan dengan segala latar belakang ekonomi dan pendidikan. Maka dari itu, Prudential Indonesia turut mengakomodir pemberdayaan perempuan melalui seminar dan bimbingan keuangan ‘Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan’.

Ingin tahu bagaimana pemberdayaan perempuan didukung melalui program ini? Simak informasi berikut!

Sejarah ‘Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan’

Seminar ‘Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan’ merupakan salah satu inisiatif yang berada di bawah pilar Edukasi program Community Investment milik Prudential Indonesia. Program ini dimulai pada tahun 2009 dengan tujuan untuk mendukung pemerataan jangkauan pendidikan keuangan kepada para perempuan dan ibu rumah tangga, terutama dari keluarga menengah ke bawah.

Sejak diciptakan, program ini konsisten hingga kini genap memasuki tahun ke-10 dan berhasil mengikutsertakan 35.000 orang perempuan dari 36 kota di Indonesia. Hal ini tentunya merupakan berita yang bagus karena keterlibatan para peserta tersebut menandakan semakin banyaknya perempuan yang semakin mahir mengelola keuangan demi pemberdayaan mereka.

Menanggapi progres dan konsistensi ini, Nini Sumohandoyo, selaku Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia merasa bangga dan bersyukur, terutama juga karena jangkauan program ini terus melebar.

Sebagai Fasilitas Mempelajari Keuangan yang Baik

Pada kegiatan ini, Prudential Indonesia memberikan wadah bagi para peserta untuk bisa mendapatkan pembelajaran dari fasilitator dan para pembicara yang ahli pada bidangnya, atau PRUVolunteers. Para pelatih ini kemudian akan meliput berbagai informasi, mulai dari jenis-jenis lembaga keuangan hingga berbagai  instrumennya. Materi diberikan secara edukatif dan komprehensif.

Meningkatkan Pemberdayaan dan Literasi Keuangan Perempuan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Prudential Indonesia mengadakan program ini guna mendukung pemberdayaan kaum perempuan. Menurut Sondang Martha, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi dan indeks inklusi keuangan Indonesia mengalami peningkatan, masing-masing 8,3% dan 8,39%.

Sondang menambahkan, hal ini merupakan hasil dari kerja keras serta kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk Prudential Indonesia melalui seminar tahunan yang diadakan ini.

Demikian informasi mengenai usaha pemberdayaan Prudential Indonesia melalui program dan seminar Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan. Ke depannya, program ini diharapkan dapat berkembang setiap tahun, bahkan dengan target partisipasi 50.000 perempuan lainya di tahun 2022.

Back to Top