Prudential Kenalkan Perencanaan Keuangan Sejak Dini Pada Anak

Menyambut Hari Anak Nasional pada tanggal 14 Juli 2019, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menggelar acara bermain bersama dengan Sahabat Cha-Ching sebagai bentuk tanggung jawab sosial Prudential Indonesia dalam memberikan edukasi kepada anak-anak yang berusia 7 hingga 12 tahun.

Edukasi ini berupa peningkatan pemahaman tentang Literasi Keuangan sejak dini sebagai bagian dari salah satu program Community Investment Prudential Indonesia. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Sahabat Cha-Ching, Anda bisa simak info lengkapnya berikut ini.

Cha-Ching dibentuk oleh Prudence Foundation yang termasuk dalam Divisi Community Investment Prudential Corporation Asia. Cha-Ching merupakan program atau kanal yang mengenalkan serta mengajarkan pengelolaan keuangan bagi anak-anak yang berusia 7 sampai 12 tahun untuk dapat memahami dasar-dasar Literasi Keuangan.

Program ini dikemas dalam video musik tentang sebuah grup musik yang menjalani kehidupannya sehari-hari dan berkaitan dengan membeli barang, tabungan, roadshow, dan mencari uang untuk berinvestasi. Prudential Indonesia telah mengenalkan program Cha-Ching sejak tahun 2012 dan sampai saat ini telah menjangkau lebih dari 1 juta orang melalui media online dan beberapa kegiatan off air.

Lebih lanjut, program Cha-Ching dibuat oleh Prudential Indonesia bekerja sama dengan Cartoon Network yang merupakan kanal televisi anak-anak terkemuka di Asia Pasifik dan Dr. Alice Wilder seorang pakar pendidikan dan psikologi anak pemenang Emmy Award.

Cha-Ching pun memilih menggunakan pendekatan musikal naratif yang menarik dan sesuai dengan usia yang memiliki tujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang empat konsep utama manajemen dasar keuangan yaitu Earn, Save, Spend, dan Donation.

Selain itu, Cha-Ching juga merupakan serangkaian video musik animasi televisi dengan durasi tiga menit untuk anak-anak usia dengan 7 hingga 12 tahun yang diproduksi dan ditayangkan di Cartoon Network. Elemen-elemen lain dari program ini termasuk website (www.cha-ching.com) permainan dan aplikasi tentang manajemen keuangan riil, online resources, serta rencana kegiatan untuk anak-anak, orang tua, dan guru.

Program Cha-Ching memiliki 10 bahasa dan disalurkan dalam 34 juta keluarga yang setiap hari melalui jaringan Cartoon Network Asia. Pada tahun 2014, Prudence Foundation telah bekerja sama dengan Junior Achievement Asia Pacific untuk mengembangkan kurikulum Cha-Ching yang menyediakan pembelajaran terstruktur bagi para guru. Diharapkan guru-guru bisa menanamkan empat konsep manajemen keuangan utama dalam kehidupan sehari-hari para murid.

Selanjutnya, menurut Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia yang bernama Nini Sumohandoyo kesadaran tentang pengetahuan keuangan sejak dini sangat penting sehingga kelak anak-anak di masa depan dapat mengambil keputusan finansial serta mengelola keuangan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Tentu dukungan keluarga sangat penting agar anak-anak dapat memiliki kesadaran Literasi Keuangan dengan baik.

Pentingnya keluarga dalam membangun pengetahuan Literasi Keuangan, membuat Prudential Indonesia bersama dengan Sahabat Cha-Ching mengajak keluarga Nasabah Prudential Indonesia untuk merayakan Hari Anak Nasional.

Prudential Indonesia terus bertekad untuk memberikan pengetahuan keuangan kepada anak-anak agar dapat membentuk kebiasaan yang baik dengan uang. Salah satu cara yang digunakan Prudential adalah dengan mengajarkan program Cha-Ching yang memiliki empat pilar utama dalam pengelolaan uang yaitu memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate).

Diharapkan ke depannya makin banyak anak-anak yang memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar keuangan di seluruh daerah di Indonesia.

Back to Top