Hindari Stres Saat Liburan Dengan Cara Ini

Liburan merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilaangkan stres akibat tekanan pada aktivitas keseharian. Baik itu liburan sendiri, bersama teman, ataupun bersama keluarga. Tempat wisatanya juga bisa sangat beragam, yang penting sesuai dengan gaya dan kesukaan Anda, liburan bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Sayangnya, ada beberapa orang yang tidak bisa menikmati momen ini secara maksimal dan justru mengalami stres. Ini biasanya terjadi akibat beberapa hal, seperti:

  • Munculnya rasa takut

Baik wisata ke lokasi yang dekat maupun jauh, semua tetap memiliki risiko. Dari mulai risiko terjadinya kecelakaan, barang hilang, dan sebagainya. Apalagi jika lokasi wisata yang dikunjungi jauh dan membutuhkan transportasi udara untuk mencapainya, risiko yang mungkin akan terjadi semakin besar. Seperti kehilangan bagasi, delay pesawat, dan sebagainya. Berbagai risiko yang mungkin terjadi ini terkadang membuat Anda merasa ketakutan hingga tidak bisa menikmati wisata.

  • Keuangan minimalis

Jika memiliki keuangan terbatas, ada baiknya jika Anda memilih wisata ke lokasi yang dekat dengan biaya yang terjangkau. Sayangnya, banyak juga orang yang memilih tempat wisata tanpa memperhitungkan kondisi keuangannya saat itu. Akibatnya, Anda akan dibuat pusing memikirkan bagaimana kondisi keuangan Anda selepas wisata nanti.

  • Mendengar berita tidak menyenangkan

Terkadang ada hal kurang menyenangkan yang terjadi di keluarga, pekerjaan, atau tempat lain saat sedang berlibur. Ketika Anda mendengarnya, pasti akan merusak mood saat liburan. Tidak hanya itu, hal ini bahkan bisa menyebabkan Anda mengalami stres jika beritanya benar-benar tidak baik.

Lalu, bagaimana ya cara mengatasi masalah di atas? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Gunakan asuransi

Asuransi perjalanan dapat menanggung kerugian finansial ketika terjadi risiko pada Anda selama perjalanan. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi merasa khawatir ketika risiko tersebut terjadi dan bisa menikmati masa liburan dengan bebas.

  • Persiapkan keuangan

Jangan hanya mempersiapkan keuangan saat liburan saja, tetapi pikirkan juga keuangan setelahnya. Pilih liburan dengan budget yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jika Anda memang ingin berwisata ke lokasi yang jauh, maka bisa mempersiapkan dana liburan ini sejak jauh hari. Jadi Anda memiliki cadangan uang cukup banyak semasa liburan dan setelahnya.

  • Batasi komunikasi

Sebaiknya selama liburan Anda batasi komunikasi. Misalnya dengan melakukan unsyncronized email kantor di ponselmu. Minta juga pada kerabat di kantor maupun keluarga untuk menghubungi Anda jika ada sesuatu yang memang benar-benar penting saja. Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda juga membatasi penggunaan sosial media karena bisa saja informasi yang beredar di sana ada yang membuat Anda menjadi bad mood atau bahkan stres.

Semoga setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, Anda bisa menikmati liburan secara maksimal, ya!

Back to Top