Investasi di Asuransi Unit Link, Pahami Dulu Sebelum Menggunakannya

Memiliki dua manfaat sekaligus dalam satu produk merupakan salah satu keunggulan asuransi unit link. Dua manfaat yang dimaksud yaitu perlindungan asuransi dan juga investasi. Itulah sebabnya asuransi unit link ini juga seringkali disebut sebagai asuransi investasi. Sayangnya, karena banyak yang menyebutnya sebagai asuransi investasi, membuat banyak orang justru salah paham mengenai beberapa hal berkaitan asuransi ini.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Fungsi utama produk ini adalah investasi

Meskipun asuransi unit link sering disebut sebagai asuransi investasi, tetapi sebenarnya manfaat utama dari produk ini tetaplah perlindungan asuransi. Itulah sebabnya pada tahun-tahun awal berlakunya polis, perusahaan asuransi akan mengalokasikan premi yang dibayar lebih besar pada asuransi jiwa dibandingkan dengan investasi. Ada yang mengalokasikan dana ini hanya 10%, 20%, atau lebih tergantung kebijakan perusahaan asuransi. Hal inilah yang membuat pemegang polis asuransi sering merasa tidak mendapat keuntungan dari asuransi ini. Padahal jika mau bersabar, nilai yang dialokasikan untuk investasi akan semakin meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

  • Pasti menguntungkan

Jangan pernah melupakan prinsip dasar investasi, yaitu tidak ada satupun investasi yang bebas dari risiko. Artinya, investasi yang Anda jalankan melalui asuransi ini juga tidak 100% lepas dari risiko. Jadi Anda patut waspada pada agen asuransi yang hanya menekankan keuntungan asuransi ini tanpa menjelaskan risikonya. Namun, jika Anda memilih produk asuransi unit link dari perusahaan asuransi yang tepat, maka risiko ini dapat diminimalis karena perusahaan asuransi akan sangat berhati-hati dalam memilih instrumen asuransi yang akan digunakan.

  • Keuntungan investasi bebas digunakan

Dana hasil investasi biasanya bebas digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda saat ini ataupun persiapan finansial masa depan Anda. Namun ini berbeda dengan hasil investasi dari asuransi unit link. Sebab hasil investasi ini biasanya akan digunakan untuk membiayai premi asuransi Anda. Artinya, selama investasi menguntungkan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar premi. Memang, Anda diizinkan untuk menggunakan keuntungan hasil investasi tersebut, tetapi pada akhirnya Anda jadi harus membayar premi sendiri.

Apakah asuransi unit link menguntungkan atau tidak, semua tergantung pada kebutuhan Anda. Namun dengan memahami lebih dalam tentang asuransi ini, dapat mencegah Anda merasa mengalami kerugian akibat asuransi ini. Namun yang perlu Anda ingat, manfaat perlindungan asuransi pada produk ini sama dengan asuransi jiwa. Seperti produk asuransi unit link dari Prudential Indonesia, yang juga mengizinkan pemegang polisnya untuk memaksimalkan perlindungan dengan membeli asuransi tambahan seperti perlindungan atas penyakit kritis. Hanya saja, nilai pertanggungan dari asuransi ini bisa dipengaruhi oleh hasil investasi.

Back to Top