4 Kriteria Instrumen Investasi dengan Return Terbaik Tahun 2020 | Prudential Indonesia

4 Kriteria Instrumen Investasi dengan Return Terbaik Tahun 2020

Investasi merupakan salah satu cara mengakumulasi harta Anda demi menghadapi masa yang akan datang. Namun, belum semua orang mengerti betapa pentingnya investasi, terlebih saat masa pandemi seperti ini.

Saat-saat seperti ini, tentu investasi menjadi suatu pilihan terbaik jika Anda ingin memiliki finansial yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, sebelumnya Anda harus memilih investasi yang tepat agar tidak kehilangan penghasilan yang dimiliki. Sebelum memulai investasi, ketahui terlebih dahulu beberapa hal berikut ini!

Apa Itu Investasi Return?

Pada dasarnya, investasi return merupakan rasio yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi dari sebuah produk dengan cara membandingkan antara modal dengan biaya awal yang diserahkan. Meskipun tidak terdapat indikasi yang jelas mengenai seberapa lama sebuah investasi itu berjalan, tetapi return investasi akan lebih sering disampaikan pada satu tahun kalender.

Baca Juga: Cara Memilih Investasi Terbaik untuk Para Pemula Agar Tidak Salah

Kriteria Investasi Return Terbaik

Keputusan dalam mengambil investasi merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Sebut saja, dalam hal praktik, tentu dibutuhkan beberapa alat bantu atau kriteria-kriteria tertentu untuk memutuskan diterima atau ditolaknya rencana investasi yang ingin dijalankan. Beberapa kriteria investasi return terbaik tersebut di antaranya:

  1. Payback Period
  2. Benefit atau Cash Ratio
  3. Net Present Value
  4. Internal Rate of Return

Payback sendiri merupakan periode pulang pokok, yakni waktu yang dibutuhkan agar investasi dapat dikembalikan sesuai pada awal direncanakannya. Jika dalam waktu yang dibutuhkan semakin pendek, nantinya proposal investasi pun akan dianggap semakin baik juga.

Benefit atau Cost Ratio, ini sendiri akan mengukur mana yang lebih besar dan biaya yang dikeluarkan akan dibandingkan dengan hasil yang didapat. Selain itu, nantinya biaya yang dikeluarkan akan dinotasikan sebagai cost.

Net Present Value (NPV) perlu diketahui, keuntungan menggunakan metode ini yakni Anda dapat langsung menghitung selisih nilai sekarang dari biaya total dengan penerimaan bersih.

Internal Rate of Return (IRR) diartikan sebagai penanda tingkat efisiensi dari suatu investasi. Biasanya, proyek atau investasi yang satu ini akan dilakukan jika laju pengembaliannya lebih besar daripada laju pengembaliannya saat tengah melakukan investasi di tempat lain seperti bunga deposito bank, reksa dana, dan lainnya.

Itu tadi beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan dalam memilih investasi dengan return terbaik. Salah satu Asuransi yang bisa Anda jadikan pilihan pada saat seperti ini, yaitu PRULink Generasi Baru dari Prudential Indonesia.

Produk yang satu ini sangat bagus dijadikan pilihan, terlebih lagi jika Anda ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan manfaat perlindungan Asuransi Jiwa secara bersamaan. Produk ini pun memungkinkan Premi yang Anda bayarkan dikelola sebagai dana investasi, sekaligus memberikan Anda sekeluarga perlindungan dari risiko yang mungkin datang di kemudian hari.

Baca Juga: Berencana untuk Investasi Jangka Panjang? Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dahulu