4 Solusi Investasi Buat Anda yang Susah Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan menjadi masalah yang sering dialami banyak orang, tidak hanya anak muda, para orang dewasa dan yang sudah berkeluarga pun mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Hal ini dirasa sulit karena banyak pengeluaran yang tidak terduga terjadi sehingga merusak cash flow.

Padahal mengatur keuangan memiliki banyak manfaat untuk Anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jika ingin berinvestasi namun mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa solusi investasi bagi mereka yang mengalami kesulitan mengatur uang. Beberapa solusi investasi bagi Anda yang sulit mengatur keuangan antara lain:

Catat Pengeluaran Sekecil Apapun

Solusi investasi yang bagi Anda yang susah mengatur keuangan dengan cara mencatat pengeluaran sekecil apapun. Aktivitas ini penting untuk dilakukan saat sedang membelanjakan uang yang dipunya sehingga Anda pun bisa tahu setiap pengeluaran yang dilakukan.

Jangan lupa untuk mencatat setiap detail pengeluaran agar Anda bisa menghindari membeli barang-barang yang memang tidak diperlukan. Sebagian orang menganggap bahwa membelanjakan uang dengan jumlah sedikit setiap hari lebih baik daripada menghabiskan uang dalam jumlah besar di akhir pekan. Sayangnya, asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya, saat menghabiskan uang dalam jumlah besar di akhir pekan Anda dapat menghitung dengan mudah berapa uang yang dikeluarkan atau dibelanjakan pada hari tersebut, sedangkan jika menghabiskan uang sedikit dalam keseharian, Anda akan sulit mencatat dan menghitung berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk makan, jajan, dan biaya ongkos.

Buat Anggaran Keuangan

Apabila ingin melakukan Investasi, Anda pasti perlu modal atau dana. Salah satu cara mencari sumber dana investasi adalah dengan cara menabung. Menabung pun bisa dimulai dengan membuat anggaran keuangan. Anggaran ini bisa menjadi solusi investasi bagi Anda yang ingin melakukan investasi tetapi sulit mengatur keuangan Anda.

Ketika memiliki anggaran keuangan, Anda pun jadi bisa mengetahui secara detail berapa dana yang dikeluarkan dalam 1 bulan dan berapa dana yang bisa digunakan untuk berinvestasi. Rumus anggaran keuangan yang ideal untuk melakukan investasi adalah 50.30.20. 50% persen yang pertama adalah untuk biaya hidup, 30% adalah untuk melunasi hutang, serta 20% untuk menabung dan investasi.

Fokus

Solusi investasi yang tepat bagi Anda yang mengalami kesulitan mengatur keuangan yaitu berusaha fokus. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam melakukan investasi. Apakah tujuan Anda melakukan investasi untuk membeli rumah? Kendaraan pribadi? Atau alasan Anda melakukan investasi sebagai jaminan di hari tua?

Ketika Anda mengetahui alasan atau tujuan berinvestasi, maka akan lebih muda untuk mencapai tujuan. Menahan diri untuk tidak menghabiskan uang hasil investasi memang tidak mudah, Anda akan tergiur untuk belanja, jajan, hingga liburan. Namun, jika Anda sudah menetapkan tujuan Anda berinvestasi, maka akan lebih mudah untuk menahan godaan-godaan tersebut.

Lakukan Perbandingan

Setelah mencoba 3 solusi investasi di atas, Anda juga bisa melakukan perbandingan produk investasi mana yang memang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Apabila Anda memiliki uang lebih, ada baiknya jika melakukan investasi properti karena risikonya yang kecil dan harganya terus naik. Namun, investasi properti membutuhkan dana dalam jumlah yang tidak sedikit.

Jika memiliki dana yang tidak banyak, Anda bisa membeli produk investasi dalam bentuk Reksa dana karena uang setorannya yang cenderung sedikit. Anda juga bisa mencari produk investasi lainnya yang memang cocok dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

Itulah 4 solusi untuk para generasi milenial yang bisa Anda lakukan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa asuransi yang memang menawarkan produk asuransi dan investasi sekaligus. Salah satu asuransi yang menawarkan hal ini yaitu PRULink Capital Account.

PRULink Capital Account adalah produk Asuransi Jiwa terkait investasi (Unit Link) yang memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus potensi mendapatkan hasil investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda. PRULink Capital Account dibayarkan sekaligus di awal dan memiliki keistimewaan di mana 100% dana Anda langsung diinvestasikan pada tahun pertama, sehingga Anda dapat menikmati fleksibilitas lebih dalam memenuhi beragam kebutuhan di setiap tahapan kehidupan.

Back to Top