4 Tabungan Investasi yang Perlu Anda Ketahui Sejak Dini

Investasi dalam bentuk tabungan tentu sudah bukan hal yang asing. Setiap orang pada dasarnya bisa menanamkan modal kepada suatu perusahaan atau melalui aset dengan nilai yang tinggi demi tujuan mendapatkan keuntungan. Tabungan investasi pun saat ini terbagi ke dalam beragam produk yang dapat dimanfaatkan.

Dengan begini, Investor pun tidak perlu bekerja keras karena mereka cukup menanamkan modal saja. Lantas, apa saja tabungan investasi yang perlu Anda ketahui? Berikut 4 daftarnya di bawah ini!

Emas yang Tak Lekang Waktu

Tabungan investasi yang tidak pernah ketinggalan zaman dan salah satu yang paling mudah dilakukan adalah emas. Investasi dengan emas bisa berupa logam mulia, emas batangan, emas perhiasan, dan voucher emas atau emas digital.

Meski termasuk ke dalam produk investasi yang populer digunakan, emas tetap saja memiliki kekurangan yakni tempat penyimpanannya. Untuk penyimpanannya, Anda sangat disarankan memakai safe deposit box yang biasanya disediakan oleh beberapa bank tertentu.

Produk Deposito di Bank

Selain investasi pada emas, produk deposito di bank juga termasuk ke dalam tabungan investasi. Deposito sendiri merupakan produk perbankan yang paling populer setelah tabungan. Tingkat keamanannya pun tidak kalah tinggi dan menawarkan keuntungan yang lumayan karena mengikuti laju inflasi yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Demi kemudahan Nasabah dalam melakukan deposito, produk ini dapat dilakukan secara online maupun offline. Fleksibilitas jumlah setoran dan kemudahan dalam menarik uang yang ada membuat deposito disukai oleh banyak orang.

Reksa dana di Pasar Modal

Salah satu tabungan yang dapat berfungsi sebagai tempat menanam modal dengan tingkat risiko paling rendah yaitu Reksa dana. Produk ini juga tidak memerlukan pengetahuan yang mendalam sehingga cocok untuk para pemula di dunia investasi.

Reksa dana sendiri dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang bermain di pasar modal. Dengan begini, dana yang Anda investasikan akan lebih aman dan terbilang menguntungkan.

Investasi Peer to Peer Lending (P2P)

Adapun bentuk investasi asuransi yang menguntungkan dengan konsep terkini adalah P2P Lending. Investasi dengan cara ini memanfaatkan teknologi sebagai proses pengoperasiannya. Secara umum, P2P Lending menawarkan paket investasi dalam bentuk permodalan usaha kepada salah seorang pelaku usaha dengan bantuan teknologi online.

Kelebihan dari P2P Lending sendiri memiliki tingkat imbal balik yang terbilang tinggi dan tidak memerlukan agunan atau jaminan, sedangkan risikonya terletak pada analisa kredit yang harus dilakukan oleh pemilik platform. Selain itu, risiko manipulasi data pun tergolong tinggi. Namun dari segi legalitas, P2P Lending aman dimanfaatkan selama terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, itu tadi beberapa tabungan investasi yang menguntungkan. Salah satu produk investasi asuransi yang bisa Anda pertimbangkan yakni PRULink Investor Account dari Prudential. Produk ini juga merupakan produk Asuransi Jiwa yang dihubungkan dengan investasi dengan pembayaran premi satu kali yang menawarkan beragam pilihan dana investasi.

Selain mendapatkan hasil investasi, PRULink Investor Account juga memberikan perlindungan komprehensif terhadap risiko kematian atau risiko menderita cacat total dan tetap. Ada pula keleluasaan bagi para Pemegang Polis untuk memilih investasi yang memungkinkan tingkat pengembalian investasi baik yang baik di jangka panjang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko pemegang polis.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai PRULink Investor Account, segera cek tautannya di sini.

Back to Top