5 Jenis Usaha Sampingan untuk Tambah Penghasilan | Prudential Indonesia

5 Jenis Usaha Sampingan untuk Tambah Penghasilan yang Bisa Anda Lakukan

Bagi sebagian orang gaji tiap bulan yang diperolehnya terkadang terasa pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bisa juga ada orang yang memiliki kebutuhan lain, seperti ingin traveling ke suatu tempat, maka dari itu memerlukan uang lebih dari yang diperoleh saat ini.

Sebagai solusi, memulai usaha samping pun bisa dilakukan oleh semua orang. Selain memberikan uang tambahan, usaha sampingan dapat membuat Anda jadi lebih menghargai waktu sehingga bisa melakukan sesuatu yang lebih berguna, bisa menyalurkan hobi, dan penghilang rasa bosan dari pekerjaan utama.

Lantas, apa saja jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan? Cek 5 di antaranya berikut ini!

Menulis Artikel untuk Situs

Peluang usaha sampingan yang pertama, menulis artikel untuk website.  Saat ini posisi content writer untuk sebuah website semakin terbuka lebar. Salah satu alasannya banyak usaha yang memanfaatkan situs untuk mempromosikan produk atau jasanya melalui internet.

Bila Anda bisa menulis artikel yang menarik tentu performa dari website tersebut akan lebih baik. Anda bisa menulis tentang tips, review produk atau jasa, opini, atau lainnya. Hal yang perlu diingat, fee yang dihasilkan sesuai dengan pengalaman dan kemampuan menulis yang Anda miliki. Semakin tinggi jam terbang, semakin banyak pendapatan yang dapat Anda raup.

Membuat Jasa Desain Online

Sementara bagi Anda yang memiliki keahlian menggambar, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuat jasa desain online. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa desain untuk membuat media publikasi seperti baliho, logo, poster, spanduk, bahkan untuk keperluan website. Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba menawarkan jasa pada kerabat atau teman terlebih dulu.

Membuka Jasa Les Privat

Membuka jasa les privat bisa menjadi pilihan usaha sampingan bagi Anda yang memiliki keahlian di mata pelajaran tertentu seperti sains, musik, bahasa asing, bahkan olahraga. Anda bisa memulainya dengan mengajar murid Anda di rumahnya.

Baca juga: 3 Tips Sukses Memulai Usaha Online untuk Ibu Rumah Tangga

Menjual Makanan dan Minuman

Bagi Anda yang suka makan dan jajan, usaha sampingan makanan bisa dilirik. Bisnis jenis ini tidak pernah sepi peminat sebab semua orang pasti butuh makan dan minum. Anda bisa berjualan makanan atau minuman pada sore hingga malam hari. Jelilah melihat peluang dan sesuaikan dengan pangsa pasar yang ada.

Berjualan di Online Shop

Anda juga dapat membuka usaha online di sela kesibukan Anda. Kebiasaan berbelanja yang saat ini lebih banyak dilakukan secara online membuat usaha ini cukup diminati. Berbagai jenis barang dapat dijual melalui online shop, misalnya skincare, makeup, gadget, pakaian, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

Dari kelima peluang usaha sampingan di atas mana yang akan Anda pilih? Hal yang perlu diperhatikan, dalam melakukan usaha diperlukan konsistensi dan kesabaran. Pastikan Anda juga memiliki perlindungan dari risiko jiwa sehingga bisnis dan diri Anda dapat selalu terlindungi. Caranya dengan membeli produk Asuransi Jiwa, seperti PRULink Assurance Account.

PRULink Assurance Account merupakan produk asuransi jiwa yang memiliki hubungan dengan investasi. Pembayaran Premi dilakukan secara berkala dan cukup fleksibel yang memungkinkan Anda bila suatu saat ingin mengganti jumlah Premi, pertanggungan, dan cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

PRULink Assurance Account juga memungkinkan Anda menambahkan produk Asuransi Tambahan (Riders) seperti kecelakaan atau kondisi kritis dan rawat inap.

Baca juga: 6 Langkah yang Perlu Anda Lakukan Jika Ingin Memulai Bisnis Coffee Shop

Back to Top