5 Peluang Usaha Online Sampingan yang Bisa Dilakukan | Prudential Indonesia

5 Peluang Usaha Online Sampingan yang Bisa Dilakukan

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari peluang usaha sampingan, bisa mencoba bisnis online. Ada beberapa keuntungan bila Anda melakukan usaha ini, di antaranya hemat waktu dan tidak memerlukan tempat. Anda bisa menjalankan bisnis online di rumah dengan waktu yang lebih fleksibel. Jika ingin menjalankan bisnis online  sampingan di tahun ini, berikut 5 usaha yang bisa dilakukan.

Blogger, Content Writer, Editor, atau Penerjemah

Bila memiliki kemampuan menulis, edit tulisan, atau menerjemahkan bahasa asing, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadikannya sebagai peluang usaha sampingan yang dilakukan secara online. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin menggeluti usaha sampingan tanpa modal ini di antaranya ketelitian baik terhadap isi konten maupun mengikuti brief dari klien, wawasan yang luas, memperkaya tata bahasa, dan menerapkan gaya menulis yang baik.

Jasa SEO atau Website Maintenance

Saat ini ada banyak perusahaan yang menggunakan jasa Search Engine Optimization (SEO) untuk memasarkan produk atau jasanya menggunakan situs. Jika memiliki keahlian tentang bidang tersebut, Anda bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai peluang usaha sampingan. Modal utamanya pun hanya sebuah laptop atau komputer dan internet yang baik.

Jasa Desain

Jika Anda bisa membuat desain untuk undangan pernikahan, logo, poster, presentasi, kaos, dan publikasi lainnya, manfaatkan keahlian ini untuk menjadikannya sebagai bisnis sampingan online. Jangan sampai lupa untuk memajang portofolio desain di media sosial agar calon customer bisa dengan mudah melihat hasil karya Anda.

Fotografer Stock

Punya hobi fotografi bila dikembangkan bisa menghasilkan juga, lho. Sekarang ada banyak platform situs foto seperti Shutterstock dan iStock yang memungkinkan Anda memeroleh royalti dari meng-upload foto yang sesuai dengan ketentuan mereka.

Beragam foto bisa Anda hasilkan, seperti anak kecil yang sedang bermain, foto keluarga yang tersenyum, bangunan, tingkah laku binatang, dan lain-lain. Salah satu kunci suksesnya adalah update terus portofolio  Anda dan konsistensi mencari angle foto terbaik.

Mendirikan Toko Online

Peluang usaha sampingan 2020 yang terakhir adalah membuat toko online. Anda bisa mengandalkan media sosial, website, atau menjadi partner di beberapa e-commerce. Apapun barang yang Anda jual, pastikan sesuai dengan aslinya dan klaim yang Anda tuliskan di media sosial, situs, atau e-commerce.

Baca juga: 6 Langkah yang Perlu Anda Lakukan Jika Ingin Memulai Bisnis Coffee Shop

Itu tadi pilihan peluang usaha sampingan yang bisa Anda lakukan. Hal yang perlu diingat, Anda perlu menjaga reputasi dan nama baik bisnis online yang digeluti. Hal ini dikarenakan orang hanya mengenal nama dan nama usaha Anda melalui internet, jadi bila melakukan kesalahan bisa sangat berdampak pada usaha bisnis online yang Anda jalankan.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memberikan perlindungan dari risiko jiwa sehingga membuat bisnis dan diri Anda bisa diproteksi. Caranya dengan membeli produk Asuransi Jiwa, seperti PRULink Assurance Account.

Manfaat dari PRULink Assurance Account bisa memberikan santunan terhadap kondisi cacat total dan tetap atau meninggal dunia berdasarkan uang pertanggungan, Anda juga bisa memilih jenis investasi berdasarkan profil risiko yang diinginkan, memungkinkan menambah perlindungan Asuransi Tambahan (Riders), cuti Premi di mana Anda diizinkan untuk berhenti membayar Premi selama jangka waktu tertentu, berdasarkan alasan-alasan darurat

Baca juga: Ingin Buka Bisnis Makanan? Ketahui Rencana dan Anggarannya Terlebih Dahulu

Back to Top