5 Tips Melakukan Investasi di Saat Corona Ketika Ramadan 2020 | Prudential Indonesia

5 Tips Melakukan Investasi di Saat Corona Ketika Ramadan 2020

Seperti yang sudah kita tahu, pandemi COVID-19 ini sudah berdampak langsung pada perekonomian masyarakat di Indonesia. Salah satu tantangan ketika pandemi ini terjadi adalah mengelola aset investasi di tengah ketidakpastian ekonomi Indonesia.

Tak hanya itu saja, akibat pandemi COVID-19 ini, investasi obligasi serta saham mengalami koreksi, serta banyak terjadi pelemahan serta harga saham yang anjlok pada bursa saham dunia. Agar tidak salah langkah, berikut tips melakukan investasi di saat wabah corona yang bisa Anda tiru. Simak ulasannya!

Jangan Panik

Hal pertama yang harus dilakukan yakni jangan panik. Meskipun bursa di Indonesia tengah mengalami kondisi krisis ekonomi seperti pada tahun 1998 dan 2008 yang lalu, Anda harus tetap tenang dalam mengambil keputusan. Meskipun demikian, hal ini tidak akan berlangsung lama dan akan segera kembali stabil serta merangkak naik seperti semula. Anda juga harus tahu tujuan keuangannya, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Investasi dengan Dana yang Telah Dipisahkan

Tips kedua, sebaiknya Anda berinvestasi dengan dana yang telah disiapkan sebelumnya. Sebaiknya lakukan sesuai dengan tujuan Anda sesuai dengan dana khusus untuk berinvestasi. Jika Anda ingin masuk ke pasar saham di tengah situasi ekonomi yang tak menentu ini, sebaiknya gunakan dana lebih atau yang disebut juga dengan excess fund, sebaiknya hindari untuk menggunakan dana sehari-hari, maupun dana darurat Anda, ya.

Baca Juga: Cara Memilih Investasi Terbaik untuk Para Pemula Agar Tidak Salah

Lakukan Diversifikasi Investasi

Kondisi pasar modal saat ini terbilang bagus untuk melakukan diversifikasi investasi, tetapi kalau sebelumnya Anda termasuk golongan yang agresif berinvestasi di pasar saham, kini Anda bisa membeli produk investasi dengan risiko moderat seperti obligasi pemerintah atau produk investasi dengan risiko konservatif seperti deposito. Namun, Anda juga harus menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing dalam memilih instrumen investasi, ya.

Atur Ulang Portofolio Investasi

Investasi di saat wabah corona lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mengatur ulang portofolio investasi. Anda harus memastikan bahwa dana darurat cukup, serta investor memiliki cash likuid di luar dari aset investasi yang telah dimiliki sebelumnya. Lihat kembali aset Anda, apakah sedang berwarna merah atau hijau.

Jangan Tutup Polis Asuransi Anda

Tips investasi di saat corona yang terakhir tentunya jangan menutup polis asuransi yang sudah Anda miliki. Anda bisa berinvestasi pada produk Asuransi Investasi. Justru, saat pandemi COVID-19 seperti ini, justru pasar modal yang sedang melambat perekonomiannya merupakan pilihan yang tepat untuk memiliki asuransi sebagai proteksi.

Salah satu Asuransi yang bisa Anda jadikan pilihan adalah PRULink Generasi Baru dari Prudential Indonesia. Jika Anda ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan manfaat perlindungan Asuransi Jiwa secara bersamaan, produk ini memungkinkan Premi yang Anda bayarkan dikelola sebagai Dana Investasi sekaligus memberikan Anda sekeluarga perlindungan dari risiko yang mungkin datang di kemudian hari.

Baca Juga: Berencana untuk Investasi Jangka Panjang? Ketahui 5 Hal Ini

Back to Top