6 Tips Investasi untuk Para Pemula yang Bisa Anda Lakukan

Satu masa yang pasti dialami oleh para pekerja adalah datangnya masa pensiun. Masa pensiun sendiri menandakan jika Anda sudah tidak lagi mendapatkan pemasukan seperti saat masih menjadi pekerja. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa-bisa Anda sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi biaya kebutuhan saat ini terus meningkat.

Anda pasti tidak ingin merepotkan anak-anak Anda saat masa pensiun nanti bukan? Oleh sebab itu Anda perlu menyiapkan Dana Pensiun secepatnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan investasi.

Memilih Investasi yang Tepat

Investasi untuk menyiapkan Dana Pensiun ada beberapa jenis yang bisa dipilih seperti Deposito, Obligasi, Reksa dana, Saham, bahkan Asuransi. Baiknya cari tahu risiko masing-masing investasi dan sesuaikan dengan kemampuan Anda, karena masing-masing investasi tersebut memiliki risiko yang berbeda.

Memulai Mengumpulkan Dana Pensiun dari Sekarang

Jika ingin melakukan investasi untuk Dana Pensiun, sebaiknya lakukan mulai dari sekarang. Semakin dini  Anda memulainya, maka kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang baik bisa lebih besar dan maksimal. Investasi untuk Dana Pensiun perlu dilakukan dalam jangka panjang agar tujuan untuk bebas finansial ketika sudah usia lanjut bisa tercapai.

Kemampuan Finansial

Cari tahu besaran setoran yang harus Anda bayarkan tiap bulan untuk mencapai target di usia pensiun Anda. Selain itu, cari tahu kapan Anda bisa mengambilnya. Ketahui juga apa saja biaya-biaya yang ada di investasi yang Anda pilih. Anda bisa melakukan perbandingan terhadap biaya yang Anda tanggung dan yang akan diperoleh.

Perhatikan Inflasi

Tips investasi untuk Dana Pensiun jangan sampai mengabaikan inflasi, karena memungkinkan investasi Anda memiliki daya beli yang kecil. Jika Anda memilih investasi Saham atau Reksa dana perlu memerhatikan kemungkinan nilai Saham yang akan naik dan turun sewaktu-waktu.

Memantau dengan Cara Wajar

Tidak bisa dipungkiri saat melakukan investasi ada saja sebagian orang yang ingin selalu memantau perkembangan inflasi yang dilakukannya. Sebenarnya ini wajar saja terjadi, tapi terlalu sering memonitor perkembangan investasi malah akan membuat Anda merasa khawatir dan jadi tidak maksimal dalam mengambil keputusan. Baiknya lakukan pemantauan investasi Anda setiap bulan. Jangan lupa juga untuk mengingat berapa lama investasi Anda berlangsung agar Anda bisa melihat progres dari investasi yang telah Anda lakukan. 

Tentukan Mana Pengeluaran yang Lebih Mendesak

Melakukan investasi untuk pensiun perlu juga menetapkan pengeluaran yang paling penting dan mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan. Semakin banyak jumlah nominal yang Anda kurangi, investasi yang bisa Anda kumpulkan semakin besar. Kebiasaan-kebiasaan yang bisa dikurangi, yakni minum kopi di warung atau kafe, merokok, nonton di bioskop, atau kebiasaan membeli makan di luar.

Jika Anda sedang mencari investasi, Anda bisa memilih investasi dalam bentuk asuransi seperti yang ditawarkan oleh Prudential, seperti Dana PRULink dan Dana PRULink Syariah.

Dana PRULink merupakan Dana Investasi pilihan dari Prudential yang dilengkapi produk-produk Unit Link (PRULink Investor Account dan PRULink Assurance Account). Sementara Dana PRULink Syariah disediakan untuk sebagai pelengkap produk-produk Unit Link Syariah Anda (PRULink Syariah Investor Account dan PRULink Syariah Assurance Account).

Dengan Dana Investasi Prudential ini memungkinkan Anda untuk memilih premi dan menginvestasikan dana Anda dalam berbagai jenis Dana Investasi. Dengan begitu, Anda dan orang-orang tercinta dapat menikmati dua manfaat, yakni Proteksi Asuransi dan Investasi, baik itu Investasi Konvensional atau investasi Syariah.

Produk ini bisa membantu merencanakan masa pensiun, pendidikan anak-anak Anda atau apa pun yang Anda dambakan. Jika ingin melihat lebih lengkap terkait produk Dana Investasi Prudential silakan kunjungi situs resminya di sini.

Back to Top