6 Tips Memilih Franchise Minuman Kekinian yang Tepat Agar Untung Banyak

Ada yang sukses membangun bisnis dengan brand sendiri, namun tak sedikit yang sukses dengan membeli waralaba atau franchise. Yang terpenting adalah Anda sebagai pebisnis dapat memanfaatkan peluang agar untung banyak.

Kemunculan teh susu khas Thailand di Indonesia merupakan awal bisnis franchise minuman kekinian. Ciri khas minuman kekinian, yaitu langsung diracik ketika pembeli memesan, minuman dikemas menggunakan gelas plastik, dan gerai hanya membutuhkan tempat kecil yang dapat menampung semua peralatan. Puncak bisnis ini ketika Presiden Joko Widodo menyambangi kedai kopi kekinian pada pertengahan 2017. Diketahui dari sang pemilik bahwa kedai mampu mendatangkan untung ratusan juta rupiah per bulan.

Dari kisah tersebut, kedai kopi kekinian pun menjamur di wilayah Jabodetabek dan meluas ke daerah lain. Beberapa dari kedai tersebut ada yang membuat strategi bisnis dengan franchise minuman. Tak hanya itu, serbuan bubble drink dari negara lain maupun dalam negeri pun ikut menyemarakkan industri makanan dan minuman di tanah air. Dari fenomena tersebut, bisa dikatakan bahwa bisnis kopi susu dan bubble drink menjadi franchise minuman terlaris.

Anda juga bisa berbisnis franchise minuman, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Namun sebelum terjun ke dalamnya, Anda harus memilih franchise dengan tepat agar mendapatkan keuntungan maksimal. Tips franchise minuman di bawah ini dapat Anda jadikan referensi.

Survei Pasar

Jika Anda sudah menemukan lokasi, lakukan survei pasar. Anda bisa melakukan survei melalui jasa survei atau melihat sekaligus mengunjungi kedainya. Produk apa yang belum ada di kota tersebut, apa perbedaan minuman franchise satu dengan yang lain, atau konsep apa yang mereka tawarkan ke pengunjung. Kira-kira apakah franchise minuman Anda bisa bersaing dengan yang lain atau Anda harus mengganti brand.

Memahami Sistem Franchise

Sebelum berbisnis franchise, sebaiknya Anda mempelajari dan memahami sistem membeli franchise, sistem yang diberlakukan masing-masing franchise, termasuk penawaran yang diberlakukan. Agar semakin memahami sistemnya, Anda dapat bertanya pengalaman franchise kepada orang yang telah menjalankan franchise minuman (franchisee atau penerima waralaba).

Memilih Franchise dengan Reputasi Baik

Pilih franchise minuman dengan reputasi baik. Hal itu dapat dilihat dari pemilik atau pemodal yang tak pernah terlilit kasus hukum, citra brand di mata pelanggan baik, berapa cabang yang dimiliki, sikap para pegawai ke pelanggan dan kinerja terhadap produk, menyajikan produk berkualitas, dan standar operasional prosedur (SOP) perusahaan.

Mengantongi Izin Usaha

Idealnya, apapun bisnis yang dijalankan harus mengantongi izin usaha. Begitu juga dengan bisnis franchise, di mana pengusaha ingin mematenkan hak atas merek dagang dan dilindungi oleh hukum. Kini izin usaha semakin mudah dilakukan, karena melalui sistem Online Single Submission (OSS) di bawah BKPM. Sehingga ada baiknya, Anda memilih franchise minuman yang sudah berizin. Seandainya ada pihak yang menuntut, izin usaha adalah bukti hukum bahwa merek terdaftar secara sah.

Mengingat ini adalah usaha minuman, sebaiknya pilih perusahaan yang telah memiliki izin dari Kementerian Kesehatan, BPOM, atau MUI. Izin tersebut membuktikan bahwa minuman aman dikonsumsi dan bahan-bahannya pun telah mendapat persetujuan, serta lolos uji kesehatan atau kehalalan dari pihak berwenang.

Memiliki Sistem Keuangan

Franchisor atau pemberi franchise dengan reputasi baik akan memiliki sistem keuangan transparan. Anda dapat membaca laporan keuangan perusahaan dan masing-masing kedai akan memiliki laporan keuangan sendiri. Bahkan mereka tak sungkan untuk menggunakan software kasir dan keuangan. Sehingga memudahkan franchisor dan franchisee dalam melihat atau mengaudit laporan keuangan.

Jika sistem keuangan tertata dengan baik, keuntungan akan terlihat dengan jelas. Keuntungan dapat menambah kekayaan Anda. Asal Anda mampu mengelolanya, tanpa pengelolaan tepat, keuntungan bisa hilang sia-sia. Anda tak ingin hal itu terjadi, kan? Oleh karena itu, kelola keuntungan dengan berinvestasi.

Dengan pengelolaan, Anda dapat membagi porsi keuntungan untuk kehidupan sehari-hari, biaya tak terduga, dan investasi. Tujuan investasi juga tak sekadar menyimpan uang, bisa juga menambah nilai uang melalui imbal hasil dan memberikan manfaat perlindungan. Hal itu telah dimiliki oleh Prudential Indonesia dengan Dana Investasi.

Ada beragam produk di Dana Investasi, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan misalnya, PRULink Rupiah Fixed Income Fund yang berdasarkan portofolio pendapatan tetap atau PRULink Syariah Rupiah Cash & Bond Fund berdasarkan portofolio pasar uang dan obligasi.

Mental Pebisnis

Memiliki franchise minuman itu berarti Anda telah menjadi pebisnis. Sehingga milikilah mental pebisnis yang ulet dan fokus dalam menjalankan bisnis, gigih dalam menghadapi tantangan, tidak mudah menyerah meski banyak pesaing, serta bersahaja kepada semua orang atau tidak pernah menganggap remeh orang lain.

Jangan lupa untuk berjejaring dengan pengusaha lain agar pintu bisnis Anda terbuka lebar sekaligus memasarkan franchise minuman Anda.

Back to Top