Cara Memilih Investasi Dana Pensiun yang Tepat untuk Masa Depan

Semua orang menginginkan kondisi finansial yang stabil di masa tua, tidak jarang yang memulai bisnis atau menjadi konsultan setelah pensiun. Walaupun keduanya merupakan pilihan baik, akan lebih bijak lagi apabila Anda turut merencanakan dana pensiun sejak masih muda dan bekerja.

Salah satu yang dapat dipertimbangkan saat ini adalah investasi dana pensiun. Melalui investasi, Anda akan mengumpulkan dana sekaligus profit yang dapat dirasakan di hari tua.

Lantas, bagaimana cara memilih investasi terbaik untuk Anda? Simak informasi berikut!

Kenali Berbagai Pilihan yang Ada

Anda perlu mengetahui berbagai pilihan yang tersedia sebelum memilih. Beberapa yang paling umum adalah saham, reksadana (mutual funds), emas dan properti, serta obligasi. Ketahui keuntungan dan skema berbagai investasi dana pensiun tersebut dan lakukan riset tentang lembaga atau instrumennya.

Sesuaikan Ekspektasi Profit

Seringnya, Anda akan melihat gambaran profit yang didapatkan dalam periode tertentu. Pastikan harapan Anda tidak terlalu tinggi, seperti profit besar-besaran selama kurang dari satu tahun. Investasi membutuhkan waktu agar menghasilkan profit yang diharapkan.

Hindari Kerugian

Ekspektasi terhadap kerugian juga perlu disesuaikan. Anda dapat melakukan ini dengan mengenali risiko yang ada. Walaupun return yang ditawarkan terdengar menggiurkan, idealnya Anda juga merasa nyaman dengan risiko yang dibawa tersebut. Selain itu, Anda juga harus lebih berhati-hati dalam memilih investasi yang ada di Indonesia, pastikan Anda memilih yang sudah terpercaya agar terhindar dari penipuan yang menyebabkan kerugian.

Rencanakan Gaya Hidup di Masa Tua

Selain perencanaan dana, memiliki bayangan tentang gaya hidup di hari tua juga penting. Anda perlu mengetahui kisaran pengeluaran bulanan untuk menyesuaikan ulang rencana dan investasi dana pensiun. Sebaiknya, jumlah dana sasaran dapat menghidupi Anda dan pasangan secara layak nantinya.

Belajar dari Orang Lain

Bertanya pada rekan atau kerabat yang memiliki investasi dana pensiun dapat membantu Anda mengetahui bagaimana investasi tersebut bekerja dan juga keuntungannya. Kemudian, Anda dapat menilai sendiri apakah rekomendasi sesuai kenyamanan dan kemampuan finansial Anda.

Demikian cara-cara memilih investasi dana pensiun yang penting untuk diketahui. Agar menentukan yang sesuai, pastikan Anda dapat memetik lebih banyak manfaat dari dana yang telah ditanam.

Anda dapat melakukannya dengan membeli produk asuransi Unit Link (seperti PRULink Investor Account dan PRULink Assurance Account dari Prudential Indonesia). Anda akan merasakan manfaat proteksi Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa, serta Dana Investasi yang dapat diambil di hari tua.

Back to Top