Daftar Positif Investasi dari Pemerintah, Apa Saja? | Prudential Indonesia

Daftar Positif Investasi dari Pemerintah, Apa Saja?

Daftar Positif Investasi (DPI) merupakan daftar sektor bisnis yang dibuat oleh pemerintah untuk menjadi panduan bagi calon investor terkait bisnis yang boleh dilakukan di Indonesia dan berbagai aturannya, khususnya terkait usaha yang dimiliki bersama.

Daftar Positif Investasi sebelumnya bernama Daftar Negatif Investasi (DNI). Alasan perubahan nama tersebut untuk melihat sektor usaha yang kurang diincar oleh investor baik dalam negeri maupun mancanegara. Bukan hanya itu, pemerintah mengubah aturan Daftar Negatif Investasi untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap produk impor, sehingga Indonesia bisa memenuhi sendiri barang-barang yang diperlukan tanpa perlu mengandalkan negara lain.

Daftar Positif Investasi membantu pemerintah mengatur prioritas investasi, fasilitas fiskal, komoditas utama ekspor, dan ketentuan substitusi impor. Daftar Positif Investasi sendiri dibagi dalam tiga kelompok, yaitu Daftar Prioritas (Priority List), Daftar Putih (White List), dan Daftar Bidang Usaha Terbuka yang disertai beberapa ketentuan.

Priority List merupakan bidang usaha yang terbuka untuk melakukan investasi dan mendapatkan keringanan fiskal. Bidang usaha yang masuk dalam Priority List akan memeroleh layanan berupa tax holiday, mini tax holiday, dan tax allowance. Contoh usahanya, yakni hulu kimia yang sesuai dengan program prioritas pemerintah dan industri baja.

Sementara White List merupakan daftar bidang usaha yang terbuka untuk investasi namun tidak diberikan keringanan fiskal seperti yang berlaku dalam bidang usaha Priority List. Namun bidang usaha Whitelist mendapatkan perizinan yang dipermudah.

Baca juga: Cara Memilih Investasi Terbaik untuk Para Pemula Agar Tidak Salah

Lain lagi dengan Daftar Bidang Usaha Terbuka yang disertai persyaratan tertentu seperti adanya kemitraan dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Itu tadi penjelasan singkat terkait Daftar Positif Investasi. Jika Anda ingin mencoba melakukan investasi namun sekaligus bisa membantu memproteksi diri dan keluarga, Anda bisa gunakan produk asuransi dari Prudential Indonesia.

Ada beragam produk Asuransi sekaligus Investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa produk di antaranya, yakni PRULink Syariah Generasi Baru, PRULink Assurance Account, PRULink Assurance Account, dan PRULink Capital Account.

Baca juga: 6 Manfaat Investasi Emas Sejak Dini yang Bisa Anda Tiru

Back to Top