Ingin Buka Bisnis Makanan? Ketahui Rencana dan Anggarannya Terlebih Dahulu | Prudential Indonesia

Ingin Buka Bisnis Makanan? Ketahui Rencana dan Anggarannya Terlebih Dahulu

Bisnis kuliner sampai kapan pun tidak akan kehilangan peminat, karena pada dasarnya setiap orang memerlukan makanan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ada orang yang tidak segan untuk mengeluarkan banyak uang demi mencicipi makanan. Bisnis kuliner sangat beragam mulai dari pedagang makanan tradisional atau pedagang kaki lima, hingga pedagang makanan modern misalnya pengusaha restoran dan kafe.

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin memulai bisnis adalah lakukan jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian. Tujuannya agar Anda bisa menjalankan usaha tanpa beban dan senang melakukannya. Janganlah membuka usaha hanya karena pengaruh dari tren belaka, jika Anda tidak tahu cara memulainya. Untuk membantu Anda, berikut rencana bisnis yang perlu diketahui.

Mencari Tahu Informasi Lebih Banyak Terkait Bisnis Kuliner Pasar yang Dituju

Dalam menentukan rencana bisnis, Anda perlu cek berbagai informasi peluang dan strategi pasar yang diinginkan. Contohnya Anda berencana membangun sebuah toko kue di daerah perkantoran. Anda perlu mempertimbangkan tempat strategis agar keberadaan toko kue mudah diketahui orang. Anda juga perlu menetapkan harga jual.

Tentukan Keunikan Bisnis Anda

Anda harus cari tahu apa keunikan bisnis kuliner Anda dengan kompetitor lainnya. Misalnya, Anda bisa menonjolkan menu dan penataan makanan yang akan Anda sajikan. Carilah menu dan penataan makanan yang belum banyak dijual orang agar bisa meminimalisir persaingan.  Tapi jangan asal ya dalam menentukan menu, perlu dipertimbangkan dari sisi konsumen dan target pasar.

Tentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Dalam membuat rencana bisnis makanan, Anda juga harus secara cermat menentukan strategi pemasaran yang tepat. Tak bisa dipungkiri, promosi word of mouth masih berlaku dan bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis.  Namun agar lebih maksimal, cobalah untuk memasarkan bisnis kuliner di media sosial, seperti Instagram.

Menyiapkan Modal Usaha

Modal juga tidak kalah penting, Anda harus memastikan berapa jumlah modal yang dibutuhkan. Modal sendiri juga membantu Anda untuk menentukan jenis bisnis kuliner apa yang akan Anda jalani. Misalnya, Anda sudah memilih jenis bisnis yang akan dijalani, namun ternyata modal yang ada masih belum cukup, tidak perlu membatalkan rencana bisnis yang sudah dibuat. Anda bisa meminjam uang dari penyedia pinjaman dana tunai.

Namun, pastikan jika lembaga peminjam dana tunai  tersebut memberlakukan bunga dan biaya tambahan secara transparan, kredibel dan  terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta mengenakan bunga yang normal.

Dalam menentukan rencana bisnis, menyusun rencana anggaran juga perlu dilakukan secara cermat. Terdapat trik yang bisa dilakukan dalam menyusun rencana anggarannya, seperti di bawah ini:

  • Cek Modal yang Diperlukan

Dalam menentukan anggaran bisnis pastinya antara satu dan lainnya berbeda, namun beberapa hal pasti ada yang memiliki kesamaan. Anda bisa mencari tahu lewat berbagai sumber apa saja modal yang diperlukan untuk membuat bisnis makanan, misalnya modal untuk menyewa tempat, membeli bahan baku, gaji karyawan, dan lain-lain. Ini penting, apalagi bagi usaha kecil yang khususnya karena ancaman kompetitor yang lebih besar dan fluktuasi perekonomian negara.

  • Buat Rencana Neraca

Dalam menyusun rencana bisnis, anggaran yang perlu dipersiapkan adalah membuat neraca agar bisa memperkirakan uang yang dimiliki dan kemungkinan  persentase dari keuntungan Anda yang bisa digunakan untuk biaya tetap misalnya biaya operasional, membeli bahan baku, sewa tempat, asuransi usaha, membayar pajak, dan lain-lain.

  • Perhitungkan Biaya Lain

Terkadang dalam berusaha, tidak sesuai dengan yang direncanakan. Anda harus punya biaya antisipasi jika suatu saat usaha Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan, misalnya supplier yang tidak bekerja sesuai dengan yang seharusnya, terjadi bencana alam, atau lainnya. Untuk mengantisipasinya, persiapkan dana cadangan yang cukup untuk menutupi biaya yang diperlukan.

Itulah hal-hal yang perlu diketahui terkait rencana bisnis dan anggaran bisnis. Anda bisa membuat bisnis menjadi semakin lancar. Sebelumnya Anda juga harus tahu kalau berinvestasi itu sangat penting untuk bisnis yang sedang maupun akan Anda lakukan. Jika Anda masih bingung mencari tempat untuk berinvestasi yang tepat, Anda bisa memilih Prudential. Bersama Prudential dengan melakukan investasi selama 1, 3, 6, hingga 12 bulan, dimana bunga yang ditawarkan pun tergolong tinggi.

Selain itu, saat menjalankan bisnis Anda perlu memastikan telah memiliki Asuransi Jiwa yang tepat, salah satu yang bisa Anda pilih adalah Prudential. Anda bisa menggunakan PRULink Generasi Baru. Ini merupakan produk Asuransi Jiwa terkait Unit Link yang mampu memberikan perlindungan jiwa sekaligus investasi positif sejak Anda pertama kali membayar Premi.

PRULink Generasi Baru bisa memberikan perlindungan Uang Pertanggungan hingga usia 99 tahun dan dikaitkan dengan investasi. PRULink Generasi Baru bisa diandalkan untuk merencanakan warisan atas potensi hasil investasi dan dimulai dengan solusi yang terjangkau dan tahap awal kehidupan Anda.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk PRUlink generasi baru dengan mengunjungi website resmi Prudential.

Back to Top