Ketahui Jenis-jenis Investasi Sebagai Cara Mendapatkan Uang | Prudential Indonesia

Ketahui Jenis-Jenis Investasi Sebagai Cara Mendapatkan Uang

Investasi merupakan cara mendapatkan uang dengan mengelola dana melalui berbagai macam instrumen investasi. Adapun yang dimaksud dengan instrumen di sini adalah segala sesuatu yang para investor beli, kemudian dijual kembali untuk meraih sejumlah keuntungan.

Kegiatan investasi sejatinya memang sangat bermanfaat bagi keuangan. Namun, terdapat berbagai macam jenis investasi dan instrumen yang perlu Anda tentukan lebih dulu, sesuai dengan tujuan investasi serta kemampuan Anda dalam menanggung risiko kerugian (risk profile).

Penasaran dengan hal ini? Berikut beberapa jenis dan instrumen investasi yang bisa Anda pilih sebagai cara mendapatkan uang dan melindungi aset Anda!

Kegiatan Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan salah satu dari dua jenis investasi berdasarkan periode kegiatannya. Sesuai namanya, investasi jenis ini dilakukan agar dapat menuai keuntungan di masa depan.

Maka dari itu, instrumen investasi yang digunakan tergolong memiliki risiko yang rendah serta peningkatan yang sedikit, tetapi cenderung konsisten. Beberapa contohnya antara lain deposito, rumah atau properti, emas, reksa dana, tabungan berjangka, serta investasi dengan produk Dana Investasi pada produk Asuransi Jiwa dan Kesehatan terkait Unit Link.

Baca Juga: Berencana untuk Investasi Jangka Panjang? Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

Umumnya, kegiatan-kegiatan investasi jenis ini dilakukan untuk memenuhi impian atau rencana jangka panjang di masa depan, seperti untuk mengumpulkan dana pensiun, untuk diri sendiri, atau dana pendidikan si buah hati.

Kegiatan Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek merupakan cara mendapatkan uang dengan cepat, namun dengan risiko yang lebih besar. Jadi, Anda perlu mengetahui risk profile pribadi, membagi risikonya dengan berinvestasi bersama (risk-sharing) atau dengan memanfaatkan lebih dari satu instrumen (portfolio diversification).

Adapun beberapa contoh instrumen investasi jangka pendek yaitu perdagangan mata uang global (forex trading), peer-to-peer lending (investasi dengan memberi modal), dan juga perdagangan saham (stock exchange).

Demikian tadi beberapa jenis investasi yang bisa Anda lakukan sebagai cara mendapatkan uang dengan tepat. Pastikan Anda senantiasa bijak dan mengetahui serba-serbi setiap jenis tersebut secara lebih lanjut agar lebih mahir mengatur investasi dan meraih keuntungan yang paling optimal.

Nah, jika Anda juga ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan manfaat perlindungan Asuransi Jiwa secara bersamaan, Anda bisa memilih PRULink Generasi Baru. Produk ini memungkinkan Premi yang Anda bayarkan dikelola sebagai Dana Investasi sekaligus memberikan Anda sekeluarga perlindungan dari risiko yang mungkin datang di kemudian hari.

Baca Juga: Cara Memilih Investasi Terbaik untuk Para Pemula Agar Tidak Salah

Back to Top