Lakukan 5 Langkah Ini Agar Masa Pensiun Anda Terus Bahagia Nantinya

Mungkin saat ini Anda masih berada pada usia produktif. Aktif bekerja dan mendapatkan pekerjaan tambahan, tetapi apakah hal itu bertahan selamanya? Sudahkah Anda memikirkan masa pensiun?

Masa pensiun merupakan periode dimana seseorang sudah tidak bekerja karena masa tugasnya sudah selesai. Masa pensiun terjadi pada usia 60 tahun. Bisa kurang atau lebih, tergantung pekerjaan atau rencana pegawai. Meski pensiun masih jauh, ada baiknya Anda merencanakan masa pensiun agar bahagia menjalani hidup. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki kehidupan yang bahagia pada masa tua. Bagaimana caranya? Simak lima langkah persiapan pensiun berikut ini!

Memiliki Kegiatan Pensiun

Jika sudah pensiun, apa rencana Anda? Menikmati masa pensiun dengan keluarga, menghabiskan masa tua dengan kegiatan sosial, menggunakan masa tua dengan menekuni hobi, atau masa pensiun akan Anda isi dengan memiliki usaha kecil menengah? Pilih kegiatan yang membuat Anda bahagia dan lakukan sepuasnya ketika pensiun.

Memperkirakan Uang Pensiun

Tentu semua kegiatan pasca pensiun memerlukan dana bahkan, untuk kebutuhan sehari-hari pun Anda harus mengeluarkan biaya. Selagi Anda diusia yang produktif, cobalah untuk menghitung dan memperkirakan uang pensiun yang dibutuhkan. Misalnya, Anda pensiun pada usia 60 tahun dan setiap bulannya membutuhkan biaya hidup per bulan sebesar Rp5 juta. Jika harapan hidup manusia hingga 90 tahun, maka biaya yang dibutuhkan sebesar Rp1,8 miliar. Perhitungan uang pensiun = (Biaya hidup per bulan x 12 bulan) x harapan hidup.

Mempersiapkan DPLK

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan Asuransi Jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri. Keunggulan DPLK antara lain sebagai uang simpanan yang bisa dipergunakan ketika pensiun dan memberikan imbal hasil yang cukup menarik karena, DPLK dapat diinvestasikan ke portofolio reksadana, pendapatan tetap, pasar uang, dan lainnya.

Biasanya perusahaan memberikan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun yang menjadi bagian BPJS Ketenagakerjaan. Jika Anda ingin memiliki DPLK, sebagai persiapan masa pensiun, sambangi saja bank terdekat atau ke Perusahaan Asuransi. Namun DPLK tidak dapat diambil sewaktu-waktu, dana ini hanya bisa diambil ketika Anda sudah berada di masa pensiun.

Diversifikasi Investasi

Selain DPLK, tentu masih banyak investasi untuk masa pensiun. Jika Anda sudah memiliki DPLK sebagai investasi, sebaiknya Anda melakukan diversifikasi (penganekaragaman) produk investasi. Misalnya, selagi Anda masih aktif bekerja, sisihkan gaji ke dalam DPLK, serta investasi logam mulia dan saham. Diversifikasi investasi berguna untuk mengamankan aset dan mengurangi risiko.

Kesadaran terhadap Perlindungan

Apapun profesi yang ditekuni, Anda akan mencurahkan tenaga, waktu, dan pikiran kepada pekerjaan tersebut. Hal itu Anda lakukan demi memiliki kehidupan cerah dan masa depan gemilang bersama keluarga. Kerja keras merupakan keharusan tetapi, ada baiknya Anda sadar untuk memberikan perlindungan berupa Asuransi Kesehatan.

Asuransi Kesehatan merupakan perlindungan yang memberikan jaminan biaya kesehatan serta perawatan ketika Nasabah sakit atau mengalami cacat total atau cacat tetap karena penyakit atau kecelakaan. Salah satu asuransi yang memiliki manfaat tersebut adalah PRUTotal & Permanent Disablement.

Selain itu, Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia juga memberikan perlindungan komprehensif, 100 persen Uang Pertanggungan, dan Masa Perlindungan hingga usia 70 tahun. Sehingga asuransi ini sesuai bagi Anda yang ingin menikmati masa pensiun sambil berkegiatan atau berkutat dengan hobi.

Back to Top