Langkah Cerdas Memilih Investasi Pendidikan Anak yang Perlu Diperhatikan

Investasi pendidikan anak merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan dana anggaran sekolah dan kuliah anak. Berbeda dengan menabung seperti biasanya, tujuan berinvestasi dalam hal ini adalah demi mencari profit agar dapat memenuhi target anggaran tersebut lebih cepat.

Kegiatan investasi bisa jadi salah satu pilihan tepat apabila Anda menginginkan kualitas pendidikan yang baik untuk anak Anda. Namun, sebelum memutuskan lebih lanjut, simak informasi seputar memilih investasi pendidikan anak berikut ini!

Membuat Perhitungan Anggaran

Agar dapat memulai, sudah seharusnya Anda mengetahui berapa dana yang akan dibutuhkan selama anak mulai sekolah hingga lulus. Pada tahap ini, buatlah opsi-opsi untuk setiap jenjang pendidikan, sesuai tingkat kisaran biaya yang mungkin dikenakan. Tujuannya agar Anda dapat mengkaji kembali rencana Anda dan anak.

Memperhitungkan Harta dan Pemasukan

Setelah menyelesaikan perhitungan anggaran dan membuat opsi instansi pendidikan, sesuaikan segalanya dengan harta, juga pemasukan Anda dan pasangan saat ini. Investasi pendidikan harus dilakukan secara bijak sesuai gaya hidup dan pengeluaran bulanan.

Melihat Profil Risiko

Instrumen investasi pendidikan anak yang ada di pasaran memiliki risiko berbeda antara satu dan lainnya. Anda dapat memilih yang mana saja, namun aktivitas investasi yang ideal adalah yang sesuai dengan profil risiko (risk profile), atau kemampuan Anda mengambil risiko dalam berinvestasi. Hal ini dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, serta perekonomian Anda.

Mempelajari Instrumen Investasi

Apabila Anda telah memutuskan berinvestasi, lakukan riset dahulu untuk instrumen investasi yang akan Anda gunakan. Adapun instrumen investasi pendidikan anak terbaik antara lain reksa dana, deposito, tabungan pendidikan (tabungan berjangka), properti, dan emas.

Selain itu, salah satu Asuransi Pendidikan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah PRULink Edu Protection dari Prudential Indonesia. Walau fungsi utamanya melindungi kelancaran pendanaan pendidikan dari risiko kesehatan atau jiwa orang tua, PRULink Edu Protection dirancang khusus untuk melindungi keceriaan anak Anda hari ini dan pendidikannya di hari nanti. Beberapa manfaat yang bisa dimiliki antara lain, memberikan manfaat perlindungan untuk orang tua dan anak, mendapatkan manfaat bulanan sampai anak berusia 25 tahun, serta mendapatkan kenaikan manfaat bulanan setiap 3 tahun selama 15%.

Mengamati Profit Terus-Menerus

Setelah pada akhirnya menggunakan dana untuk investasi pendidikan anak Anda, jangan lupa untuk terus memperhatikan pertumbuhan nilai saham. Lakukan ini agar Anda dapat mengantisipasi kenaikan atau penurunan nilai selama berinvestasi.

Itu tadi langkah-langkah cerdas yang perlu Anda ambil agar dapat melakukan investasi pendidikan anak secara tepat. Pastikan segala langkah dilakukan dengan bijaksana dan sesuai kemampuan Anda, anak, dan juga rencana keuangan keluarga.

Back to Top