Manfaat Investasi yang Perlu Diketahui Sejak Dini!

Investasi adalah salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Karena investasi bermanfaat dalam keuangan Anda, yaitu menciptakan kondisi keuangan sehat.

Lalu apa itu investasi? Dan apa manfaatnya?

Investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam suatu portofolio untuk memperoleh keuntungan. Kegiatan ini bermanfaat dalam untuk merealisasikan tujuan Anda. Seperti berlibur, menikah, membeli rumah, melanjutkan sekolah, dan lainnya. Namun ada manfaat lain yang perlu Anda ketahui jika berinvestasi sejak dini.

Mengubah Perilaku

Ada anggapan, ‘uang akan habis kalau hanya disimpan’. Ya, ada benarnya anggapan itu. Jika tidak pandai mengelolanya, uang di tabungan akan digunakan dan habis. Lalu apa yang Anda punya?

Tetapkan tujuan dan mulai berinvestasi. Sebut saja tujuan traveling ke Eropa dan hitung biayanya. Jika kurang, Anda harus mengubah perilaku. Mengubah untuk hidup hemat, karena harus menyisihkan gaji secara rutin. Untuk awal investasi, ambil 10 persen dari gaji. Lakukan secara disiplin setiap bulan. Jumlah investasi dapat Anda tambah sesuai kemampuan. Dengan sistem tersebut, Anda akan memperhitungkan pengeluaran atau kebutuhan setiap hari.

Menambah Kemakmuran

Harus diakui, investasi adalah salah satu cara untuk menambah kekayaan atau kemakmuran. Semakin cepat Anda berinvestasi, semakin banyak hasil yang didapatkan. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk keliling dunia atau menikmati pensiun dengan bahagia.

Sebaliknya, jika tidak berinvestasi, “kekuatan” uang yang tersimpan dalam tabungan akan turun. Hal ini karena inflasi yang terjadi setiap tahun. Hal itu bisa Anda bandingkan. Misalnya, bandingkan hasil uang Rp1.000.000 yang hanya ditabung dan diinvestasikan selama dua tahun.

Tabungan Masa Depan

Anda membutuhkan tabungan masa depan. Bukan hanya menabung secara konvensional, melainkan menabung dalam instrumen investasi. Karena berinvestasi memberikan return cukup tinggi dibandingkan menabung konvensional.

Memang, setiap orang memiliki preferensi dalam memilih produk investasi. Namun sebelum berinvestasi di sektor keuangan, pastikan perusahaan terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan sampai Anda menanamkan modal ke investasi bodong. Berikut ini referensi jenis investasi yang bisa Anda pilih.

  • Properti: salah satu investasi yang memerlukan modal besar adalah investasi properti. Anda tahu, kan, berapa harga tanah atau rumah saat ini? Tetapi jika Anda memiliki modal besar, beli saja rumah atau tanah. Karena investasi properti menjanjikan prospek menarik.
  • Logam mulia: investasi logam mulia atau biasa disebut dengan emas adalah investasi paling mudah dan diminati masyarakat. Karena prosesnya sangat mudah. Anda cukup datang ke Butik Emas Antam, Pegadaian, Pos Indonesia, Bank Syariah, atau toko emas terpercaya untuk membeli emas. Cara lain, Anda bisa menggunakan layanan tabungan emas di Pegadaian, cicil emas di Bank Syariah, atau membeli emas di marketplace.
  • Saham: investasi saham bukan monopoli investor asing. Anda pun dapat membeli saham dan menjadi pemilik perusahaan tersebut. Namun Anda harus membuat rekening efek melalui perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Investasi saham bisa memberikan return besar, tetapi sebanding dengan risikonya.
  • Deposito: Sebenarnya deposito sama seperti tabungan. Namun deposito menawarkan bunga lebih tinggi, tidak ada biaya administrasi, dan memiliki jangka waktu tertentu untuk mengambilkan.
  • Unit Link: Ini adalah investasi yang menggabungkan asuransi sekaligus investasi investasi. Sehingga investasi menawarkan return dan perlindungan sejak premi pertama dibayarkan. Tetapi pilih Unit Link dari perusahaan terpercaya, salah satunya PRU Link Generasi Baru dari Prudential Indonesia. Unit Link ini cocok untuk investasi jangka panjang. Karena alokasi investasi sebesar 30 persen dan tambahan investasi hingga 10 persen setiap pembayaran premi. Cek informasi lebih lengkap mengenai investasi Unit Link di laman Prudential Indonesia.
  • Reksa Dana: buat pemodal kecil dan tidak memiliki waktu menghitung risiko investasi dapat berinvestasi di Reksa Dana. Reksa Dana adalah wadah penghimpunan dana masyarakat untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Dengan mengetahui manfaat dan jenis investasi, rasanya tak ada salahnya menyisihkan uang demi memiliki keuangan sehat.

Back to Top