Pilihan Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Memberikan Untung Besar, Apa Saja?

Tak semua usaha membutuhkan modal besar. Jika Anda mampu mencium kebutuhan pasar, ciptakan peluang usaha dan raih untung besar.

Peluang usaha merupakan kesempatan untuk melakukan usaha komersial atau perdagangan. Peluang itu ada di mana-mana, mungkin ada di sekitar Anda atau tanpa disadari Anda sedang menciptakan peluang usaha. Coba perhatikan dengan saksama. Sayang sekali, kalau peluang usaha dilewatkan begitu saja.

Bisnis Waralaba

Cara paling mudah menciptakan peluang usaha adalah membeli franchise atau waralaba yang sedang naik daun, misalnya bisnis bubble tea. Akan tetapi, bisnis waralaba mengharuskan Anda mematuhi prosedur mereka, seperti biaya awal, biaya royalti, tidak boleh mengubah menu berdasarkan keinginan sendiri, dan masih banyak lagi. Bisnis bubble tea belum seberapa rumit. Jika Anda berencana waralaba minimarket akan lebih rumit lagi.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan peluang usaha yang memerlukan modal minim dan bisa mendatangkan untung besar, dengan catatan Anda menjaga kualitas, promosi, serta jangkauan delivery service luas. Misalnya, Anda gemar memasak dan lauk-pauk yang dibawa ke kantor disukai teman-teman. Pada akhirnya mereka memesan lauk ke Anda, di sinilah peluang usaha modal kecil tercipta. Buat produk berkualitas dan akun bisnis di media sosial untuk mempromosikannya. Agar bisnis semakin maju, mintalah pelanggan untuk membuat testimoni di media sosial dan tampilan ke dalam akun bisnis Anda.

Bisnis Pertanian

Perkembangan teknologi ikut berperan dalam segala industri, salah satu industri yang terdampak adalah pertanian. Hal itu dibuktikan dengan kemunculan startup yang menawarkan jasa membeli produk pertanian dan perkebunan dan mengantarkannya ke rumah. Jika Anda memiliki hasil tani (selada, wortel, brokoli, dan buah-buahan) atau mempunyai komunitas para petani, bisnis pertanian wajib ditekuni. Gaya bisnis tersebut mengedepankan sustainability dan harga yang layak.

Bisnis Fesyen

Di media sosial, Anda pasti melihat beragam akun yang menjual busana. Mulai busana anak-anak, perempuan, laki-laki, sampai dengan menjual kain tradisional maupun kain meteran. Lalu bagaimana urusan penjahit? Karena Anda hanya bisa mendesain baju dan memilih kain. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa penjahit atau konveksi. Biasanya, penjahit tak ada minimal jumlah baju yang dijahit dan jasa menjahit agak mahal. Sedangkan konveksi memiliki aturan mengenai baju yang dijahit (minimal 12 baju), tetapi harganya cukup terjangkau.

Bisnis Back to Nature

Hidup alami dan meminimalisir bahan kimia merupakan gaya hidup yang menjadi tren setiap tahunnya. Seseorang yang menjalani gaya hidup back to nature akan membutuhkan bahan-bahan natural. Baik dari makanan, busana, produk interior, peralatan makan, pembersih rumah, sampai dengan produk perawatan tubuh dan wajah. Kondisi tersebut memunculkan peluang usaha rumahan. Bisnis ini tak banyak mengeluarkan modal dan pesaingnya pun tak begitu banyak.

Jika Anda menerapkan hidup back to nature, jual produk handmade ke teman komunitas. Misalnya pembersih lantai sereh, sabun batangan natural, sedotan bambu, kosmetik khusus ibu hamil, dan masih banyak lainnya. Jika tidak bisa membuat produk tersebut, Anda bisa mengikuti kursus atau bertindak sebagai dropshipper. Dalam menjalani bisnis ini, Anda harus jeli dalam melihat pasar, terutama soal produk back to nature yang sedang hits saat itu.

Menciptakan peluang dan mendapatkan pelanggan loyal adalah hal penting dalam menjalankan bisnis. Namun Anda jangan lupa untuk mengatur keuangan agar bisnis sehat dan beroperasi tanpa hambatan. Cara mengelolanya dengan berinvestasi, Anda dapat menginvestasikan sebagian laba ke Dana Investasi.

Dana investasi merupakan salah satu sarana dalam menempatkan dana Anda yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Perlu diketahui juga, bahwa Prudential Indonesia mampu membantu Anda dalam mewujudkan impian Anda dan keluarga. Tentunya sangat memungkinkan Anda untuk memilih Premi (Asuransi Konvensional) atau Kontribusi (Asuransi Syariah) yang dapat diinvestasikan ke berbagai jenis dana. Dengan Dana Investasi, Anda memiliki tingkat pengembalian tinggi dan dapat dicairkan sebagian nilai tunai untuk keperluan anak-anak.

Back to Top