Jangan Salah Kaprah, Unit Link Tidak Sama dengan Tabungan

Produk unit link masih menjadi primadona di tengah fluktuasi pasar yang terjadi. Pasalnya, unit link bukan hanya menawarkan proteksi, tetapi juga menyertakan instrumen investasi di dalamnya. Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh jika banyak orang yang tertarik untuk mengikuti unit link karena produk asuransi ini dapat dijadikan pilihan untuk berinvestasi.

Ya, unit link boleh dibilang sebagai salah satu pilihan untuk berinvestasi, tetapi bukan untuk menabung. Sayangnya banyak orang yang terkecoh dan menyamakan unit link dengan tabungan dan deposito hanya karena produk ini dipasarkan secara langsung di bank. Padahal, unit link dipasarkan di bank karena adanya kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi. Untuk melihat lebih jelas perbedaan antara unit link dan tabungan, coba simak beberapa poin di bawah ini:

  • Adanya pilihan instrumen investasi

Dalam proposal unit link tertera bahwa nasabah harus memilih instrumen investasi untuk menempatkan dana. Dalam proposal tersebut tidak ada pilihan berupa tabungan atau deposito. Jadi, dari proposal unit link saja sudah dapat dipastikan bahwa unit link tak sama dengan tabungan.

  • Memiliki risiko

Pada tabungan, hampir tidak ada risiko yang berarti. Namun, berbeda dengan unit link – karena terdapat instrumen investasi di dalamnya, maka ada risiko yang harus ditanggung. Terkait dengan risiko, hal tersebut biasanya juga sudah tercantum pada proposal.

  • Return tidak flat

Tabungan bisa dibilang memiliki jumlah return yang flat dan sudah pasti. Sementara, unit link tidak demikian. Return yang tinggi merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk memiliki unit link. Akan tetapi, jangan terburu-buru memilih unit link hanya karena janji return yang tinggi. Pilihan investasi yang ada di dalam unit link memiliki potensi return yang bervariasi. Semakin tinggi potensi return yang didapatkan, semakin besar pula risiko yang harus ditanggung. Sedangkan, risiko ini ditanggung oleh pemilik polis, bukan oleh perusahaan asuransi atau agen.

Untuk itu, pahami unit link dengan baik sejak awal. Pastikan unit link memang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Jika Anda sudah paham dan mantap memilih unit link, maka carilah asuransi unit link yang paling terpercaya. Misalnya seperti PRUlink generasi baru dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak premi pertama kali dibayarkan. Dengan Prudential, masa depan dan impian Anda bisa tercapai.

Back to Top