4 Manfaat Tabungan Pendidikan Anak yang Sebaiknya Diketahui

Merencanakan tempat anak Anda akan sekolah dan kuliah nantinya merupakan hal yang wajar dilakukan, bahkan ketika dia masih kecil sekalipun. Namun begitu, perencanaan sebenarnya tidak cukup dengan memilih kandidat instansi pendidikan saja. Pembuatan dan pengelolaan tabungan pendidikan untuk anak Anda juga diperlukan.

Tabungan pendidikan merupakan salah satu bentuk tabungan berjangka di mana para Nasabah akan menyetorkan sejumlah uang setiap bulan selama periode yang telah ditentukan. Lantas, apa sajakah manfaat dan fungsi tabungan pendidikan yang dapat Anda nikmati? Simak 4  manfaatnya berikut ini!

Mendorong Rasa Disiplin Menabung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda akan diharuskan menyetor sejumlah uang setiap bulan sampai target tabungan pendidikan tercapai. Walau sebenarnya uang Anda masih bisa dicairkan sebelum itu, bank akan memberikan denda sebagai gantinya. Pengaruhnya, Anda akan terdorong untuk tidak menarik uang sembarangan dan terus menabung hingga anggaran pendidikan terkumpul.

Memiliki Risiko yang Kecil

Tentunya Anda ingin anggaran pendidikan si Kecil selalu aman, bahkan ketika kondisi bank Anda terancam tutup sekalipun. Tabungan pendidikan telah terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga uang yang telah Anda tabung tidak akan lenyap begitu saja.

Memiliki Minimum Setoran yang Rendah

Anda tidak perlu menunggu memiliki pemasukan yang tinggi untuk dapat mulai menabung. Tabungan pendidikan pada umumnya menyediakan minimum setoran yang sangat rendah hingga Rp100.000. Layanan ini dapat digunakan tanpa terlalu memandang jumlah pemasukan Anda.

Memberikan Bunga

Tabungan pendidikan menawarkan bunga hingga 6%. Walaupun angka ini tergolong tidak sebesar instrumen investasi, bunga tabungan ini dapat membantu Anda melawan risiko inflasi dan kenaikan biaya di sektor pendidikan.

Demikian keempat manfaat dari tabungan pendidikan yang perlu Anda ketahui. Selain bunga yang tinggi dan tingkat risiko yang kecil, tabungan pendidikan mampu memberikan jaminan keamanan untuk anggaran selagi Anda disiplin menabung.

Bila ingin melindungi rencana pendidikan anak secara lebih efektif, Anda mungkin perlu mempertimbangkan produk Asuransi Pendidikan, seperti PRULink Edu Protection dari Prudential Indonesia. Produk asuransi seperti ini akan senantiasa melindungi mimpi dan mendukung pendidikan anak, walaupun risiko jiwa dan kesehatan terjadi pada Anda.

Back to Top