5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan

Masa-masa kehamilan memang menjadi momen yang membahagiakan bagi para calon ibu dan ayah. Penantian selama 9 bulan untuk melihat malaikat kecil yang hadir di tengah-tengah keluarga kecil Anda akan semakin menyempurnakan sebuah keluarga.

Menjelang trimester ketiga merupakan waktu yang cukup menegangkan bagi seorang ibu. Semua persiapan untuk menyambut kelahiran bayi sudah harus dilakukan, mulai dari menyiapkan peralatan bayi, baju, hingga memilih rumah sakit untuk melahirkan yang tepat.

Khusus dalam pemilihan rumah sakit, Anda tidak boleh sembarangan. Untuk mendapatkan tempat yang nyaman saat melahirkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih rumah sakit untuk melahirkan. Apa saja? Berikut 5 hal penting tersebut.

1. Memastikan Metode Persalinan yang akan dipilih

Sebelum mencari tahu rumah sakit terbaik untuk melahirkan, Anda perlu menentukan metode yang akan digunakan terlebih dahulu. Mengenai hal ini, ada baiknya jika mengonsultasikannya kepada dokter kandungan Anda terlebih dahulu karena perlu disesuaikan dengan kondisi bayi dalam kandungan serta fisik seorang ibu.

Setiap proses memiliki kelebihannya masing-masing, seperti melahirkan normal lebih cepat dalam proses pemulihannya, sedangkan pada metode operasi tidak menimbulkan rasa sakit karena menggunakan obat bius.

2. Memilih Rumah Sakit dengan Reputasi yang Baik

Setelah memutuskan metode persalinan, Anda bisa mulai mencari rumah sakit terbaik untuk melahirkan yang mampu mendukung pilihan tersebut. Carilah rumah sakit dengan reputasi baik untuk metode operasi atau pun normal sesuai pilihanmu.

Biasanya rumah sakit dengan reputasi baik telah memiliki pengalaman yang cukup banyak sehingga dapat dipercaya oleh pasien dan keluarganya.

3. Mencari Tahu Pengalaman dari Orang Terdekat di Rumah Sakit Tersebut

Cara lain bisa dilakukan untuk memilih rumah sakit terbaik selanjutnya, dengan mencari tahu pengalaman orang-orang terdekat yang pernah menjalani persalinan di rumah sakit pilihan Anda. Semakin banyak pengalaman orang lain yang didengar, semakin mantap Anda dalam menentukan rumah sakit pilihan.

4. Melihat Lingkungan Rumah Sakit

Selama proses kontraksi hingga proses pemulihan, Anda perlu memastikan rumah sakit terbaik untuk melahirkan juga memiliki lingkungan yang nyaman dan mendukung. Hal ini dapat diketahui dengan melakukan survei ke lokasi terlebih dahulu untuk memastikan kamar yang akan ditempati dapat membuat nyaman dengan fasilitas yang disediakan.

5. Memastikan Jarak Rumah Sakit dengan Rumah

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dalam memilih rumah sakit terbaik yaitu memastikan jarak rumah sakit dengan tempat tinggal Anda tidak terlalu jauh dan mudah diakses. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda tidak terlambat tiba di sana saat waktunya akan melahirkan.

Dekatnya tempat tinggal dengan rumah sakit juga harus benar-benar diperhatikan oleh calon ibu yang memiliki kehamilan dengan risiko tinggi. Pasalnya, kondisi macet sering kali terjadi dan keadaan ini dapat berdampak buruk.

Inilah 5 hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih rumah sakit untuk melahirkan. Selain menyiapkan rumah sakit, pastikan Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk menjalani proses melahirkan hingga proses pemulihan.

Untuk mempermudah, pastikan Anda juga memilih produk Asuransi yang tepat agar bisa dengan mudah memilih rumah sakit terbaik. Salah satunya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Prudential Indonesia. Tentu saja Prudential Indonesia telah menyediakan layanan yang akan membantu menemukan rumah sakit terbaik, PRUHospital Friend dapat memberikan informasi lokasi rumah sakit terdekat dari tempat tinggal Anda.

Anda pun bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai PRUHospital Friend dengan mengunjungi website resmi Prudential. Di sana Anda bisa menemukan berbagai informasi tambahan lainnya seputar produk asuransi, layanan yang tersedia, dan berbagai tips agar tidak salah memilih produk. Semoga informasi ini bermanfaat!

Back to Top