5 Cara Memilih Sistem Pendidikan yang Baik untuk Anak

Tentunya, Anda tak bisa sembarang memilih dalam hal sistem pendidikan si Kecil. Ada banyak sekali sistem yang berlaku di Indonesia. Sebagai orang tua Anda harus cermat memilih mana sistem pendidikan yang cocok untuk anak Anda demi bekal masa depannya. Sebagai panduan, berikut cara memilih sistem pendidikan yang baik untuk anak Anda.

Kurikulum yang Diterapkan dan Sesuai Perkembangan Zaman

Pastinya, dalam memilih sistem pendidikan yang baik untuk anak Anda perlu mengecek kurikulum yang diterapkan dalam sekolah tersebut. Kurikulum sangat penting untuk diperhatikan karena berperan dalam proses pembelajaran ke depannya.

Sebagian besar sekolah di Indonesia, negeri maupun swasta menerapkan kurikulum pendidikan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Namun, terdapat juga sekolah yang mempraktikkan kurikulum yang berasal dari luar negeri. Yang perlu dipahami, memilih kurikulum bukan hanya karena kemampuan akademis saja, tapi juga memfokuskan pada kemampuan pengembangan karakter, keterampilan, dan kemampuan anak.

Sistem Pendidikan yang Menyeluruh dan Terpadu

Pilih sistem pendidikan yang mencakup segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai etika, nilai moral, nilai psikologis, nilai religius, dan nilai sosial yang menyeluruh. Bila sistem pendidikan sudah bisa mencakup aspek tersebut, sistem pendidikan ini akan membantu si Kecil untuk menjadi pribadi yang baik untuk kehidupan di masa depannya.

Bahasa Pengantar

Menentukan pendidikan yang baik untuk anak perlu juga memperhatikan bahasa pengantar di sekolah yang akan menjadi pilihan. Ketahui juga kemampuan anak Anda dalam menyerap bahasa asing. Bila anak kurang memiliki kemampuan berbahasa asing, jangan paksakan karena bisa membuat anak merasa tertekan dan malas bersekolah.

Rekam Jejak Sekolah

Dari sekarang tidak ada salahnya Anda sudah menentukan sekolah mana yang dianggap baik untuk anak Anda. Cek rekam jejak dan prestasi akademik maupun non akademik yang pernah diperoleh sekolah tersebut.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial Keluarga

Jangan sampai lupa untuk tetap menyesuaikan budget pendidikan anak dengan finansial yang Anda miliki. Hitung secara cermat semua biaya pendidikan yang diperlukan, seperti perkiraan uang pendaftaran, uang iuran setiap bulan, biaya baju seragam dan buku, hingga biaya tahunan ekstra dan lain sebagainya.

Untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan pendidikan anak, bisa dengan mengikuti asuransi pendidikan. Salah satu yang bisa dipilih, yakni PRULink Edu Protection.

PRULink Edu Protection merupakan paket produk Asuransi Jiwa yang berhubungan dengan Investasi (Unit Link) dari Prudential Indonesia. Premi yang Anda bayarkan bisa memberikan manfaat investasi dan perlindungan dalam bentuk nilai tunai.

Jenis asuransi ini memberikan manfaat berupa perlindungan untuk orang tua dan anak sekaligus dalam satu Polis, memberikan manfaat bulanan sampai anak Anda usia-nya 18 atau 25 tahun (sesuai dengan pilihan Pemegang Polis), mengimbangi dampak inflasi karena setiap 3 tahun sekali manfaat bulanan akan naik sebesar 15% dari nilai manfaat bulanan awal.

Back to Top