5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Menyiapkan Asuransi Pendidikan anak merupakan cara jitu. Pasalnya Orang Tua mempersiapkan masa depan cerah bagi si kecil.

Pendidikan merupakan investasi buat anak untuk mewujudkan cita-cita dan kehidupan layak. Sebagai Orang Tua, Anda ingin memberikan yang terbaik buat anak. Salah satunya adalah pendidikan yang terbaik. Pendidikan tersebut meliputi memasukkan anak ke sekolah favorit, mengikuti les, hingga memberikan buku dan peralatan yang mendukung kegiatan belajar. Di sisi lain, Anda berkontribusi mencetak bibit unggul karena mempersiapkan pendidikan secara matang.

Tetapi tak dapat disangkal, pendidikan memerlukan biaya tinggi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Agustus 2019, sektor pendidikan untuk Juli 2019 menyumbang inflasi sebesar 0,07 persen. Hal tersebut dianggap wajar. Karena Juli adalah waktu memasuki tahun ajaran baru dan uang sekolah dari SD sampai SMA serta bimbingan belajar mengalami kenaikan sebesar 0,01 persen - 0,02 persen. Setiap tahun biaya pendidikan selalu naik.

Asuransi Pendidikan anak adalah solusi meringankan Anda mengenai biaya sekolah, sekaligus mempersiapkan masa depan anak. Namun sebelum memiliki Asuransi Pendidikan, ada lima hal yang perlu Anda perhatikan.

Tentukan Sekolah

Sebelum anak bersekolah, Anda menentukan sekolah yang sekiranya sesuai dengannya. Dalam hal ini, pertimbangkan status sekolah (negeri atau swasta), jenis sekolah (umum atau kejuruan), dan jarak dari rumah. Pilih dan catat nama pre-school, playgroup, SD, SMP, dan SMA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang sekolah tersebut, mulai dari reputasi sekolah, tanggapan sahabat atau keluarga yang menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut, fasilitas, guru, dan ekstrakurikuler. Jika nantinya Anda dan keluarga pindah rumah atau anak punya keinginan lain, deretan sekolah ini bisa menjadi standar.

Hitung Semua Biaya Sekolah

Setelah menentukan sekolah, hitung semua biaya sekolah. Jangan lupa tambahkan biaya inflasi atau menanyakan ke pihak sekolah mengenai kenaikan biaya setiap tahunnya. Kalau memungkinkan, Anda juga bisa mencari informasi biaya kuliah di perguruan tinggi tersohor selama empat tahun. Jika semua informasi sudah terkumpul, saatnya menyiapkan dana.

Siapkan Dana

Meskipun anak Anda baru lahir, tak ada salahnya mengikutsertakan si kecil dalam Asuransi Pendidikan. Kini usia tertanggung anak mulai umur satu hari sampai 15 tahun. Semakin dini Anda memiliki Asuransi Pendidikan anak, semakin banyak biaya yang terkumpul. Sehingga meringankan pengeluaran ketika harus membayar uang masuk sekolah.

Pilih Asuransi Pendidikan Anak

Apa Asuransi Pendidikan anak terbaik? Yang pasti pilih perusahaan asuransi yang terpercaya, serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di samping itu, pilih asuransi pendidikan anak yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selanjutnya, hitung dana yang nantinya akan terkumpul dan biaya yang dibutuhkan selama sekolah. Jika Anda mampu, tak masalah membayar premi lebih tinggi dari standar agar menerima sebanyak-banyaknya. Mengingat pendidikan adalah investasi untuk kehidupan anak yang lebih baik.

Jika sebaliknya, jangan memaksakan diri di luar kemampuan. Jangan sampai Anda terlilit hutang dalam hal ini. Pilih Asuransi Pendidikan anak sesuai kemampuan Orang Tua. Sambil membekali dengan Asuransi Pendidikan, dorong anak untuk giat belajar. Sehingga ia mendapatkan nilai tinggi dan bisa meraih beasiswa. Jika anak menerima beasiswa satu semester atau satu tahun saja, Anda bisa menghemat biaya pendidikan cukup signifikan. Biaya yang berhasil dihemat dapat dialokasikan untuk rencana pendidikan selanjutnya.

Manfaat yang Diterima

Ketika mendaftarkan nama anak ke dalam Asuransi Pendidikan, Anda berharap jaminan sekaligus manfaat yang akan diterima. Seperti yang dilakukan oleh Prudential dengan PRULink Edu Protection.

Asuransi Pendidikan dari Prudential Indonesia ini memberikan manfaat kepada Orang Tua sekaligus anak dalam satu polis yang komprehensif. Sehingga jika sesuatu yang buruk terjadi pada Orang Tua, anak masih bisa sekolah tanpa memikirkan biaya. Asuransi Pendidikan  juga bermanfaat dalam mengimbangi dampak inflasi, ditambah Rider (Asuransi Tambahan) yang nilainya lebih dari premi per bulan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat memberikan pendidikan terbaik untuk anak.

Back to Top