5 Kriteria Tabungan Anak Terbaik yang Sebaiknya Anda Pilih | Prudential Indonesia

5 Kriteria Tabungan Anak Terbaik yang Sebaiknya Anda Pilih

Kebiasaan menabung memang sudah sepantasnya diajarkan sejak dini untuk meningkatkan kemampuan literasi keuangan si Kecil. Tak hanya itu saja, mengajarkan buah hati Anda menabung akan membuatnya terbiasa, bahkan hingga dewasa nanti.

Tetapi, Anda juga perlu memastikan bahwa tabungan yang nantinya dijadikan pilihan memang diperuntukkan bagi anak berusia dini, ya. Ingin tahu beberapa kriteria yang perlu diutamakan dalam memilih tabungan anak? Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini!

Proses Pendaftaran yang Mudah

Lantaran tabungan ditujukan untuk anak yang masih berusia dini, sebaiknya proses pendaftaran tidaklah sulit atau rumit. Hal ini bisa tercermin dari persyaratan pendaftaran (seperti kriteria nasabah dan dokumen wajib) yang mudah dipenuhi oleh para pendaftar dengan mudah.

Tidak Mewajibkan Dana yang Besar

Anak-anak tidak memiliki sumber pemasukan dalam bentuk pekerjaan. Jadi, sumber dana yang mereka tabung umumnya berasal dari uang jajan yang disisihkan atau merupakan pemberian orang tua. Ada baiknya jika perusahaan penyedia tabungan anak tidak mewajibkan dana awal dan minimum saldo yang tinggi, agar anak bisa langsung mulai menabung secara mudah.

Baca Juga: 4 Manfaat Tabungan Pendidikan Anak yang Sebaiknya Diketahui

Personalisasi Kartu dan Buku Tabungan

Menabung bisa menjadi cara bagi anak untuk membuktikan kesiapan dan tanggung jawabnya. Anda dapat membekalinya dengan kartu ATM dan buku tabungan yang mencantumkan nama mereka sendiri. Bila perlu, pilihlah yang mencetak gambar-gambar menarik agar anak lebih bersemangat dalam menabung.

Sistem Menabung yang Sesuai Usia Anak

Pilihlah bank penyedia tabungan anak yang sesuai dengan umurnya. Hal ini bertujuan agar si Kecil dapat belajar menabung serta mengembangkan kemampuannya dalam mengelola keuangan dengan mengikuti pertumbuhan usianya.

Fasilitas yang Handal

Meskipun tabungan disediakan untuk anak-anak, sebaiknya pilih juga fitur-fitur yang mudah. Tabungan anak yang terbaik akan menawarkan fitur seperti mobile/internet banking, serta sistem lainnya yang membuat mengatur keuangan akan lebih mudah.

Nah, itulah tadi beberapa karakteristik yang perlu Anda utamakan dalam memilih tabungan anak untuk buah hati. Sebelumnya, pastikan kembali Anda juga mengajarkannya menjadi pribadi yang bijak dalam mengatur keuangan serta menggunakannya. Dengan begitu, anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang sukses dan senang menabung.

Selain itu, lindungi segala rencana pendidikannya dengan produk-produk proteksi pendidikan, seperti yang ditawarkan oleh Prudential Indonesia. Hal ini guna memastikan rencana finansial Anda menjadi mapan dan dapat menyertai anak Anda selagi dia juga belajar untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik serta menjadi pribadi yang cerdas.

Baca Juga: 5 Strategi Jitu Menyimpan Tabungan Pendidikan Anak yang Perlu Dipahami

Back to Top