5 Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Mempersiapkan Perencanaan Tabungan Pendidikan Anak

Menjadi orang tua memang memiliki tanggung jawab yang besar, khususnya dalam hal menjaga dan merawat anak. Pendidikan pun menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan karena proses inflasi yang selalu terjadi membuat biaya pendidikan menjadi semakin mahal setiap tahunnya.

Hal inilah yang menjadi alasan untuk Anda perlu melakukan perencanaan pendidikan anak sejak dini, agar semua Dana Pendidikan anak dapat tercukupi dengan baik. Sebelum mulai melakukan hal tersebut, Anda perlu mempersiapkannya dengan baik agar dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Lantas, apakah yang harus dipersiapkan sebelumnya? Ada 5 hal yang perlu dilakukan dalam merencanakan Pendidikan anak.

  • Memperkirakan Sumber Dana yang Dimiliki

Dalam perencanaan tabungan pendidikan anak, Anda sebagai orang tua harus mulai memperhitungkan semua sumber dana aktif yang dimiliki. Mulai dari gaji bulanan hingga hasil dari pekerjaan sampingan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan Anda akan mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari sekaligus membayar dana pendidikan si Kecil.

  • Menghitung Perkiraan Dana yang dibutuhkan Pada Setiap Jenjang Pendidikan

Agar Anda tidak menabung dengan sia-sia, sebaiknya mulailah mencari tahu biaya pendidikan saat ini dari setiap jenjang pendidikan. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah dengan perkiraan jurusan yang umumnya akan disukai anak.

Hal ini tidak hanya menyangkut biaya pendidikan yang akan dibayarkan, namun Anda harus memasukkan biaya tambahan lainnya seperti les, peralatan sekolah, hingga berbagai kebutuhan lainnya.

  • Menyusun Rencana Penghematan

Setelah mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk pendidikan anak, Anda bisa mulai menyusun rencana penghematan. Mulailah memilih pengeluaran penting dan yang masih bisa ditunda, dihindari, atau dicari alternatifnya. Misalnya daripada makan di restoran, Anda bisa memasaknya mendapatkan porsi lebih banyak.

  • Melibatkan Pasangan dalam Menentukan Keputusan

Dalam setiap keputusan yang diambil, peran dari komunikasi yang baik antar suami dan istri menjadi kunci keberhasilan dalam proses perencanaan pendidikan anak. Diskusikan dengan baik, mulai dari pemilihan sekolah, jurusan untuk si Kecil, hingga produk investasi yang akan diambil.

  • Memilih Produk Investasi yang tepat

Ada banyak perusahaan swasta yang menawarkan investasi yang tepat untuk Anda dan keluarga. Namun, jika tidak dipertimbangkan dengan baik maka hal ini akan membuat Anda semakin lama menabung. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih beberapa produk investasi yang tidak merugikan diri sendiri seperti Asuransi Dana Pendidikan.

Itulah 5 langkah yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan perencanaan tabungan pendidikan anak sejak dini. Untuk memperlancar pengolahan Dana Pendidikan si Kecil, sebaiknya Anda memilih investasi yang sekaligus memberikan perlindungan seperti produk PRULink Edu Protection dari Prudential.

Produk ini dirancang untuk memastikan anak  Anda terjamin pendidikannya. Selain itu, PRULink Edu Protection memiliki kelebihan yang banyak dicari yaitu investasi sekaligus melindungi orang tua dan anak yang terdaftar.

Anak Anda akan dipastikan dapat menjalani pendidikan hingga berusia 18 atau 25 tahun sesuai kesepakatan awal. Jika Anda memilih produk Asuransi Pendidikan ini, Prudential telah memperhitungkan inflasi yang akan terjadi. Oleh karena itu, akan ada kenaikan sebesar 15% setiap 3 tahun sekali dari nilai manfaat bulanan awalnya.

Selain memiliki produk PRULink Edu Protection, Prudential juga menawarkan PRULink Syariah Edu Protection untuk Anda. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi langsung website resminya.

Back to Top