6 Cara Pintar Mengelola Keuangan Keluarga dengan Bijak Agar Tidak Boros

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak terlepas dari besarnya biaya pengeluaran yang harus dikeluarkan. Ketidakstabilan nilai Rupiah menyebabkan terjadinya inflasi yang memengaruhi harga kebutuhan pokok menjadi tinggi.

Tentu saja hal ini cukup memberatkan, khususnya bagi beberapa orang yang sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan. Oleh karena itu, Anda perlu mulai mengatur keuangan dengan bijak. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga untuk jangka panjang.

Lalu, bagaimana caranya menjadi bijak dalam mengatur keuangan keluarga? 6 hal ini bisa Anda praktekkan langsung dalam cara mengelola keuangan keluarga agar tidak menjadi boros.

  • Mencatat Semua Pendapatan Bulanan

Cara mengelola keuangan keluarga yang pertama bisa dilakukan yaitu mengetahui nominal pendapatan Anda dalam sebulan. Hal ini merupakan kunci utama dalam menentukan nominal yang harus disisihkan ke dalam tabungan.

  • Menyusun Prioritas Utama Pengeluaran dalam Satu Bulan

Cara selanjutnya, Anda bisa mencatat semua pengeluaran dalam sebulan dengan memberikan kategori. Mulai dari pengeluaran pokok, pengeluaran untuk jangka panjang, hingga biaya kebutuhan untuk hiburan. Melakukan teknik ini akan mempermudah Anda menentukan prioritas kebutuhan yang harus terpenuhi dalam satu bulan.

  • Menyisihkan Uang untuk ditabung dalam Beberapa Kategori

Dalam cara mengolah keuangan keluarga selanjutnya, bisa dilakukan dengan menyisihkan tabungan ke dalam beberapa kategori. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kesulitan memisahkan tabungan jangka panjang atau pendek.

Anda tidak hanya bisa memilih rekening tabungan dari bank saja, namun bisa dipisahkan ke dalam bentuk investasi atau asuransi.

  • Membatasi Nominal Hutang setiap Bulan

Kemudahan dalam membayar menggunakan kartu kredit membuat sebagian besar orang ketagihan untuk berbelanja. Namun, dibalik itu semua Anda perlu menyadari kewajiban yang harus dibayarkan pada bulan selanjutnya. Untuk mengatasi over limit yang bisa terjadi kapan saja, Anda perlu menentukan batas nominal penggunaan kartu kredit dalam keluarga setiap bulannya.

  • Melakukan Komunikasi yang Baik dengan Keluarga

Agar cara mengolah keuangan keluarga dapat berjalan dengan baik, Anda perlu mengajak pasangan dan anak untuk berdiskusi. Mulai dari kebutuhan yang semakin banyak hingga hal-hal yang perlu dihemat. Cara ini juga baik untuk si Kecil dalam proses belajarnya agar tidak boros.

  • Mempersiapkan Dana Darurat

Walaupun Anda sudah memiliki tabungan, investasi, dan asuransi namun usahakan agar tidak menggunakan dana tersebut pada saat penting. Oleh karena itu, Anda juga perlu menyiapkan Dana Darurat yang dapat digunakan dalam keadaaan mendesak, misalnya tabungan. Tentu saja tabungan ini perlu dipastikan memiliki akses yang mudah dalam pengambilan dana.

Itulah 6 cara yang bisa dilakukan untuk mengolah keuangan keluarga dengan bijak sehingga tidak boros. Cara tersebut memang cukup memaksa Anda untuk menghemat pengeluaran. Oleh karena itu, untuk mempermudahnya, Anda bisa memilih produk PRULink Generasi Baru.

PRULink Generasi Baru sendiri merupakan asuransi jiwa yang mempunyai manfaat unik karena tidak hanya memberikan perlindungan. Namun, sekaligus memberikan investasi positif sejak Anda pertama kali membayar Premi.

Selain itu, produk ini dilengkapi dengan beberapa manfaat tambahan yang cukup banyak. Mulai dari tambahan investasi, tambahan Uang Pertanggungan hingga Anda berusia 55 tahun, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk Asuransi PRULink Generasi Baru, Anda bisa mengunjungi langsung situs resminya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda menentukan pilihan yang tepat dalam mengolah keuangan keluarga.

Back to Top