6 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Persiapan Kuliah ke Luar Negeri! | Prudential Indonesia

6 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Persiapan Kuliah ke Luar Negeri!

Berencana untuk kuliah ke luar negeri? Tentunya, akan ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Pasalnya, ada beragam hal yang akan sangat berbeda, ketika Anda memilih untuk kuliah di luar negeri dibandingkan di dalam negeri. Persiapan kuliah ke luar negeri pun harus disiapkan dengan sangat matang.

Selain itu, Anda pun harus mengetahui tentang budaya dari negara yang akan di kunjungi nanti. Mulai dari lingkungan, budaya, gaya hidup, hingga berbagai hal lainnya. Agar tidak bingung dan salah langkah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu hal yang harus dipersiapkan sebelum ke luar negeri berikut ini. Yuk, simak ulasannya!

Rencanakan dengan Matang

Tentu saja ini menjadi kunci dan modal utama untuk Anda yang memiliki rencana kuliah ke luar negeri. Jika Anda sudah memiliki keinginan yang kuat, maka secara otomatis minat Anda dalam mengatur segala sesuatu akan lebih besar pula. Sebaiknya, tentukan juga negara mana yang akan dijadikan tujuan serta jurusan yang akan diambil nantinya.

Mencari Beasiswa

Sebaiknya Anda mencari informasi mengenai beasiswa. Seperti yang sudah diketahui, bahwa biaya kuliah di luar negeri tentu saja tidak murah, terlebih lagi jika ditambah dengan biaya hidup yang sangat berbeda dengan di Indonesia. Demi mengatasi masalah biaya di kemudian hari, Anda bisa mencoba untuk mendapatkan program beasiswa.

Ketahui Biaya Hidup di Luar Negeri

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, Anda pun harus mengetahui berapa biaya hidup di luar negeri yang nantinya akan dikeluarkan. Sebaiknya, hitung secara detail dan apa saja hal yang dibutuhkan selama berada di negeri orang nantinya. Tak hanya itu saja, Anda juga harus mengetahui biaya kuliah, harga sewa tempat tinggal, biaya hidup sehari-hari, tiket pesawat ke negara tujuan, dan beragam biaya lainnya.

Pilih Negara dengan Biaya Terjangkau

Jika Anda tidak mengandalkan jalur beasiswa, sebaiknya pilih juga negara dengan biaya yang terjangkau. Misalnya, pilihlah negara-negara Asia yang dekat dengan Indonesia, seperti Singapura dan Malaysia. Sebelum menjatuhkan pilihan, carilah informasi lebih lanjut mengenai biaya hidup di sana, ya!

Kuasai Bahasa Setempat dan Bahasa Inggris

Persiapan ke luar negeri lainnya yang harus dilakukan, yakni menguasai bahasa yang digunakan di negara tujuan Anda nantinya. Selain itu, Anda juga harus lancar berbahasa Inggris. Sebaiknya ikuti juga tes TOEFL untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris Anda.

Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Hal terakhir yang perlu dilakukan, yaitu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sedini mungkin. Untuk bisa kuliah di luar negeri, tentu Anda membutuhkan visa pelajar, persyaratan pendaftaran, dan berkas pendukung lainnya.

Itu tadi beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk Anda yang sudah berencana kuliah di luar negeri. Selanjutnya, jangan lupa untuk melindungi impian dan keceriaan anak selagi mereka meraih kesuksesan.

Anda juga bisa membeli produk Asuransi Jiwa terkait Dana Investasi yang dikhususkan untuk anak dan pendidikannya, seperti PRULink Edu Protection. Produk ini memberikan manfaat santunan untuk anak apabila Anda meninggal dunia. Kemudian, Dana Investasi yang Anda berikan akan terus dikelola agar dapat dirasakan manfaatnya di ujung masa perlindungan.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Asuransi Pendidikan Anak Terbaik yang Sebaiknya Dijadikan Pilihan

Back to Top