Agar Pekerjaan Tidak Terbengkalai, Ibu Baru Perlu Tahu Cara Mengatur Waktu untuk Bayi | Prudential Indonesia

Agar Pekerjaan Tidak Terbengkalai, Ibu Baru Perlu Tahu Cara Mengatur Waktu untuk Bayi

Semua ibu di dunia pasti sangat bahagia menyambut kelahiran anaknya, terlebih lagi kelahiran pertamanya. Memiliki bayi merupakan pengalaman tak ternilai namun juga menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Sebagai ibu baru, Anda perlu cermat mengatur waktu untuk melakukan banyak hal, seperti mengasuh bayi, mengurus rumah, dan bahkan bekerja. Jangan buru-buru stres, ya. Di bawah ini ada cara mengatur waktu untuk bayi yang bisa Anda lakukan.

Berbagi Tugas Bersama Suami

Di fase awal memiliki bayi, kebanyakan ibu merasa kerepotan untuk mengatur waktu karena melakukan semua pekerjaan sendirian. Sebagai solusi, bagi saja pekerjaan di rumah bersama suami atau bila memungkinkan mintalah anggota keluarga untuk membantu.

Contohnya, dua kali seminggu biarkanlah ayah mengurus bayi. Bisa juga meminta ayah untuk membantu mencuci piring dan menyapu lantai sebelum berangkat kerja. Cara mengatur waktu untuk bayi ini bisa memberikan efek besar bagi fisik dan mental Anda.

Buat Jadwal Harian

Pastikan, dalam mengatur waktu, Anda juga berbagi tugas dengan suami untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama. Buatlah jadwal harian agar tidak ada satu pun tugas yang terlewat. Tulis semua kegiatan yang perlu dilakukan pada hari itu. Misalnya, Anda mengurus pekerjaan rumah, suami berbelanja, melakukan hobi bersama-sama, serta berjalan-jalan dengan si Kecil dan suami tercinta.

Buatlah jadwal harian untuk esok hari sebelum tidur. Cermati apakah ada agenda yang perlu didahulukan, ditunda, atau dibatalkan. Cara ini berguna untuk menentukan prioritas.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Bayi Untuk Para Orang Tua Baru, Bagaimana?

Berjaga-jaga Terhadap Kejadian Tidak Terduga

Mengikuti jadwal yang telah dibuat memang perlu dilakukan. Namun, tetaplah menyiapkan diri untuk menghadapi berbagai kejadian mendadak. Misalnya makanan tumpah, anak atau suami sakit, dan keluarga atau teman yang berkunjung secara tiba-tiba.

Hal tak terduga seperti itu cukup menghabiskan waktu. Makanya, dalam jadwal Anda perlu menyediakan waktu luang. Tips mengatur waktu untuk bayi ini tidak akan membuat Anda mengorbankan aktivitas lain.

Manfaatkan Alat yang Bisa Menghemat Waktu

Cara mengatur waktu untuk bayi yang terakhir, yakni dengan memanfaatkan alat praktis yang ada di pasaran. Saat ini sudah banyak benda-benda super praktis yang bisa membantu Anda dan suami dalam mengurus bayi. Misalnya saja electric breastpump, lampin (bedong) instan, penghangat botol, dan sterilizer. Alat-alat tersebut akan sangat memudahkan dan juga menghemat waktu.

Itu tadi 4 cara mengatur waktu untuk bayi yang bisa dilakukan. Bila dilakukan dengan cermat, nantinya Anda dan suami tidak akan merasa kewalahan dalam mengurus buah hati dan juga keperluan lainnya. Jangan sampai lupa juga untuk menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Tips tambahan, jika bayi sedang tidur siang tidak ada salahnya Anda dan suami pun harus ikut beristirahat untuk me-recharge tenaga.

Penting juga untuk menyiapkan berbagai proteksi bagi Si Kecil dengan memanfaatkan asuransi seperti PRUMy Child. Ini merupakan produk yang memberikan perlindungan jiwa berhubungan dengan investasi untuk buah hati, sejak masih dalam kandungan.

PRUMy Child bisa memberikan perlindungan dalam hal finansial, kesehatan, dan pendidikan secara menyeluruh semenjak bayi masih berada dalam kandungan, dilahirkan, hingga dewasa nanti.

Baca juga: Manfaat Imunisasi Berdasarkan Jenisnya yang Perlu Diketahui Orang Tua

Back to Top