Cara Mudah Menabung Ala Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dijadikan Contoh | Prudential Indonesia

Cara Mudah Menabung Ala Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dijadikan Contoh

Ibu rumah tangga bukanlah peran yang mudah untuk dijalani. Selain mengelola urusan domestik, seperti mempersiapkan makanan dan juga menjaga buah hati, para ibu rumah tangga kini juga dituntut untuk pandai dalam mengatur keuangan keluarga dan membuat anggaran keluarga, seperti untuk belanja bahan makanan, membayar tagihan, serta biaya sekolah anak.

Di samping itu, ibu rumah tangga juga diwajibkan menabung dan berhemat agar keuangan keluarga dapat menjadi semakin baik lagi. Bagaimana caranya, ya? Berikut adalah beberapa tips menabung ibu rumah tangga yang bisa Anda ikuti!

Menghindari Makan di Luar

Makan di luar merupakan hal yang biasa dilakukan setiap keluarga. Umumnya, hal ini dilakukan untuk merayakan suatu pencapaian, seperti ulang tahun atau kenaikan kelas. Tapi, usahakan untuk menghindari makan di luar dan lebih baik untuk memasak sendiri di rumah. Dengan begitu, biaya makan akan lebih hemat dan Anda tak perlu mengeluarkan ongkos transportasi pergi ke restoran.

Mengurangi Belanja Jajanan

Snack atau jajanan yang ada di supermarket memang menawarkan kemudahan. Selain bisa langsung dimakan oleh anak Anda, jajanan tersebut bisa juga untuk disimpan dengan mudah. Namun, jika memang sedang berusaha berhemat, sebaiknya Anda bisa mengurangi pengeluaran dengan membuat aneka jajanan lezat langsung dari dapur sendiri.

Baca Juga: 6 Cara Pintar Mengelola Keuangan Keluarga dengan Bijak Agar Tidak Boros

Mencari Hiburan yang Hemat

Tips menabung ibu rumah tangga selanjutnya adalah dengan mengurangi pengeluaran untuk hiburan, seperti jalan-jalan saat weekend. Hal ini bukan berarti Anda sekeluarga harus diam di rumah saja. Anda bisa mengubah destinasi jalan-jalan dari yang biasanya ke mall atau tempat rekreasi menjadi tempat yang tak terlalu mengocek kantong, seperti taman nasional dan juga museum.

Membeli Buku Sekolah Secondhand

Ketika si Kecil akan memasuki tahun ajaran baru, Anda bisa mengurangi pengeluaran dengan memperoleh buku bekas atau secondhand yang masih layak pakai. Hal ini bisa didapatkan melalui toko buku bekas ataupun milik anak tetangga atau kerabat yang pernah menggunakan buku tersebut pada kurikulum yang dijalani sebelumnya.

Mempelajari Kemampuan Baru

Skill atau kemampuan yang baru juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mempelajari resep-resep makanan yang baru, cara menjahit pakaian, atau memotong rambut anak agar Anda tidak perlu lagi membayar orang lain untuk melakukannya.

Nah, itulah tadi beberapa tips menabung ibu rumah tangga yang bisa Anda ikuti. Sekarang, Anda bisa mengurangi pengeluaran dan juga mengalokasikan uang yang telah ditabung untuk memenuhi hal lainnya, seperti biaya pendidikan anak atau untuk dana darurat (emergency fund).

Selanjutnya, pastikan rencana pendidikan buah hati terus terlindungi, termasuk dari kerugian finansial karena meninggalnya Anda atau suami. Melalui produk Asuransi Jiwa PRULink Edu Protection, Prudential Indonesia memberikan manfaat berupa santunan jika risiko jiwa terjadi pada Anda. Selain itu, produk ini juga mengelola sebagian Premi sebagai Dana Investasi yang berpotensi untuk selalu berkembang dan juga diperoleh keuntungannya di ujung periode Polis.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Asuransi Pendidikan Anak Terbaik yang Sebaiknya Dijadikan Pilihan

Back to Top