Ketahui Biaya Persalinan Rumah Sakit di Jakarta Terbaru 2019

Memiliki buah hati merupakan impian sebagian besar pasangan yang baru menikah. Proses kehamilan pun menjadi momen yang paling membahagiakan karena merupakan sesuatu yang Anda dan pasangan tunggu-tunggu.

Setelah melalui momen hamil, Anda dan pasangan akan memasuki momen melahirkan. Sebaiknya Anda dan pasangan menyiapkan biaya persalinan dari jauh-jauh hari. Pasalnya, biaya persalinan cenderung mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Proses persalinan memiliki dua pilihan yaitu dengan proses persalinan normal dan proses persalinan Caesar. Kedua proses tersebut memiliki risikonya masing-masing. Proses kehamilan normal memiliki risiko yang lebih kecil, namun Anda tidak bisa memilih proses persalinan jika dokter kandungan telah menentukan Anda harus mengikuti persalinan Caesar.

Selain biaya persalinan, ada beberapa biaya yang akan dikeluarkan selama masa kehamilan. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

Biaya Kontrol Kehamilan

Biaya pertama yang Anda keluarkan selama masa kehamilan yaitu biaya kontrol kehamilan. Ibu hamil perlu mengontrol kehamilan saat usia kandungannya masih di bawah tujuh bulan. Anda pun perlu melakukan check up secara rutin setiap bulan yang dapat menghabiskan biaya sebesar Rp400 ribu hingga Rp1 juta, tergantung dari rumah sakit yang Anda pilih.

Jumlah biaya kontrol kehamilan bisa menghabiskan biaya enam kali kontrol dikalikan dengan Rp500 ribu sehingga totalnya mencapai Rp3 juta selama enam bulan. Biaya ini meliputi biaya konsultasi ke dokter, resep obat, dan vitamin.

Biaya USG

Biaya yang akan dikeluarkan selama periode kehamilannya berikutnya adalah biaya USG. Ada baiknya jika setiap ibu hamil melakukan USG tiga hingga lima kali selama hamil, untuk lebih lengkapnya Anda bisa bertanya langsung ke dokter.

Biaya USG pun berbeda-beda tergantung dari jenis USG yang Anda dan pasangan pilih mulai dari 2D, 3D atau 4D. Harga USG 2D ada pada kisaran harga Rp400 ribu sampai Rp500 ribu, sedangkan biaya USG 3D dan 4D ada pada kisaran harga Rp700 ribu sampai Rp800 ribu. Harga-harga tersebut merupakan kisaran harga secara umum.

Biaya Persalinan

Selanjutnya biaya yang harus dikeluarkan saat masa kehamilan yakni biaya persalinan. Anda harus memikirkan biaya persalinan dari jauh-jauh hari. Kisaran biaya persalinan rumah sakit di Jakarta sebagai berikut:

  • Rumah sakit yang pertama adalah rumah sakit Asih yang berlokasi di Panglima Polim. Rumah sakit ini menawarkan dua jenis persalinan yaitu persalinan normal dan persalinan Caesar. Untuk biaya persalinan normal dimulai dari harga Rp10 juta sampai Rp17 jutaan, sedangkan biaya persalinan Caesar biayanya dimulai dari Rp20 juta hingga Rp35 juta.
  • Rumah sakit kedua yakni Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang yang berlokasi di Jalan Ampera Raya Nomor 34. Rumah sakit ini menawarkan dua jenis persalinan sama seperti rumah sakit Asih yang berlokasi di Panglima Polim. Biaya persalinan normal di RSIA Kemang mulai dimulai dari harga Rp14.6 juta hingga Rp25 jutaan. Sementara biaya persalinan Caesar dihargai dari Rp31 juta hingga Rp46 jutaan. Biaya sudah termasuk tindakan, kamar, obat-obatan standar (tidak termasuk komplikasi).

Itulah beberapa kisaran harga biaya persalinan rumah sakit yang ada di Jakarta pada tahun 2019. Sebagai solusi dari biaya persalinan yang terus naik setiap tahunnya Anda bisa memanfaatkan Asuransi Kesehatan.

Salah satu Asuransi Kesehatan yang memiliki banyak fasilitas kesehatan yakni PRUCorporate Medical. Produk ini adalah perlindungan asuransi kesehatan kumpulan yang memberikan penggantian biaya medis untuk Rawat Inap dengan pilihan manfaat tambahan berupa persalinan, rawat jalan, perawatan gigi dan kacamata.

Back to Top