Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini yang Perlu Diketahui Para Orang Tua

Tentu saja, pendidikan sudah dapat diberikan sejak usia anak masih dini. Republik Indonesia mengakui keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Undang-Undang No. 20 tahun 2003, di mana PAUD dijelaskan sebagai program pembelajaran untuk anak berusia 0-6 tahun sebelum memasuki pendidikan lanjutan (sekolah dasar).

Apabila Anda tertarik untuk melibatkan anak ke dalam lingkungan PAUD, tak perlu berpikir lebih panjang lagi. Berikut 5 manfaat pendidikan anak usia dini yang dapat dirasakan oleh buah hati Anda!

Mengajarkan Anak Kemampuan Dasar

Salah satu alasan seorang anak disekolahkan sedini mungkin adalah agar mereka dapat membaca, berbicara, serta menulis dengan baik. Kurikulum PAUD umumnya akan mengajarkan ketiga hal ini melalui cara-cara yang menarik. Apabila Anda ingin mengasah kecakapan literasi mereka secara efektif, ini salah satu cara didik yang tepat.

Mengasah Kemampuan Sosial Anak

PAUD mungkin merupakan lingkungan di mana anak akan dapat bersosialisasi untuk pertama kali dengan teman sebayanya. Melalui kegiatan belajar dan bermain bersama, buah hati Anda akan mempelajari cara berkomunikasi, toleransi, serta menghargai sesama. Rasa empati pada anak kemudian akan tumbuh.

Mengajarkannya Rutinitas

Taman Kanak-kanak dan playgroup dipenuhi dengan aktivitas menyenangkan untuk menjauhkan anak dari rasa bosan. Walau begitu, jadwal kegiatan yang ada akan terstruktur secara baik. Jadi, selain dapat bermain dengan teman sebayanya,  anak Anda akan belajar disiplin dan mengenal waktu.

Melatih Rasa Ingin Tahu

Anak akan menerima berbagai informasi baru setiap harinya di PAUD. Mereka bisa mendapatkan penjelasan berbagai fenomena kehidupan yang ada di sekitarnya. Hal ini bermanfaat untuk menjawab rasa ingin tahu anak serta memicu ketertarikan belajar mereka.

Menanamkan Kemampuan untuk Sukses di Masa Depan

Manfaat pendidikan anak usia dini tidak hanya akan dirasakan secara langsung, tetapi juga ketika anak sudah dewasa. Berbagai macam studi menunjukkan bahwa anak yang menerima bimbingan PAUD akan cenderung menjadi pribadi yang baik di masyarakat serta lebih mungkin menyelesaikan pendidikan. PAUD dapat menciptakan mentalitas sukses pada anak.

Demikian 5 manfaat pendidikan anak usia dini yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua. Pastikan anak terus menerima pendidikan yang terbaik agar dapat memudahkannya mengembangkan potensi dan meraih segala mimpi. Bila perlu, lindungi rencana pendidikannya dari risiko-risiko yang menghambat dengan proteksi Asuransi Pendidikan, seperti PRULink Edu Protection dari Prudential Indonesia.

Back to Top