Seberapa Penting Asuransi Pendidikan Anak & Ketahui Juga Manfaatnya

Memiliki anak dapat melengkapi kebahagiaan keluarga. Sebagai orang tua, tanggung jawab Anda pun bertambah, yaitu memberikan kehidupan terbaik bagi sang buah hati tercinta.

Kehidupan anak yang layak, di antaranya tempat tinggal memenuhi standar, memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan, memberikan keperluan sandang terbaik, serta mempersiapkan masa depan anak dengan pendidikan. Karena tak dipungkiri, pendidikan adalah hadiah terbaik yang diberikan orang tua kepada anak-anak.

Memberikan bekal pendidikan karakter dari rumah dan pendidikan sekolah terbaik sejak dini sudah menjadi kewajiban orang tua kepada anak-anak. Namun untuk memberikan hal tersebut, orang tua membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Setiap tahun, dana pendidikan selalu naik. Bahkan saat tahun ajaran baru, kenaikan dana pendidikan menyumbangkan inflasi ke negara. Hal tersebut memang bukan hal baru. Tetapi kenaikannya cukup signifikan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mempersiapkan dana pendidikannya.

Kapan waktu yang tepat mempersiapkan dana pendidikan anak? Tak ada waktu yang tepat, dengan kata lain semakin dini Anda mempersiapkan dana pendidikan, semakin sedikit biaya yang dikeluarkan ketika anak mulai sekolah. Meskipun ada yang tidak setuju dengan langkah ini. Mereka menganggap dana pendidikan adalah hal remeh. Dana tersebut bisa disiapkan sambil memenuhi kebutuhan lain.

Tetapi bagaimana jika ada sesuatu hal yang mendesak yang datangnya bersamaan dengan pembayaran uang sekolah? Terkadang hal ini luput diperhatikan oleh orang tua.

Pentingnya Asuransi Pendidikan

Mengingat terdapat kenaikan dana pendidikan, orang tua harus memiliki rencana keuangan yang memadai. Anda membutuhkan Asuransi Pendidikan Anak (termasuk pendidikan kuliah anak) yang memberikan manfaat investasi dalam satu produk. Tujuan asuransi adalah memenuhi kebutuhan masa depan anak. Dengan Asuransi Pendidikan, anak diharapkan mampu menyelesaikan masa kuliah tanpa beban, meski orang tua tak ada di sampingnya.

Rencana dan tujuan di atas sejalan dengan Asuransi Pendidikan dari Prudential Indonesia. PRULink Edu Protection, yaitu paket produk Asuransi Jiwa terkait yang memberikan manfaat perlindungan (proteksi) dan manfaat investasi (unit link) dalam bentuk nilai tunai untuk keperluan pendidikan. Maksud paket produk di sini adalah orang tua dan anak (dalam satu Polis) menerima perlindungan komprehensif.

Keunggulan lain asuransi ini adalah memberikan manfaat bulanan sampai anak Anda berusia 18 atau 25 tahun. Sehingga Anda dapat merencanakan sekolah anak hingga jenjang S1 atau S2. Di samping itu, dana investasi akan tetap berpotensi untuk berkembang, sesuai dengan jenis investasi yang dipilih Nasabah. Karena Perusahaan Asuransi akan melanjutkan pembayaran Premi Polis anak berusia 18 hingga 25 tahun.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Jika menilik produk Asuransi Pendidikan tersebut, ada empat manfaat yang dapat diperoleh orang tua maupun anak. Manfaat tersebut adalah:

  • Asuransi Pendidikan memberikan perlindungan, jika hal buruk terjadi kepada orang tua atau anak. Perusahaan Asuransi akan santunan dana setiap bulannya apabila risiko terjadi.
  • Asuransi Pendidikan mengimbangi dampak inflasi. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan sebesar 15 persen dari nilai manfaat bulanan awal. Namun kenaikan ini berlaku setiap tiga tahun sekali.
  • Asuransi Pendidikan menjamin pendidikan anak. Sehingga ia tak perlu memikirkan biaya. Ia cukup fokus menyelesaikan pendidikan untuk meraih cita-citanya, dan juga biaya yang dikeluarkan oleh orang tua tak besar dibanding tidak memiliki asuransi.
  • Menghindari utang. Ketika orang tua tak memiliki Asuransi Pendidikan, tak ada uang tabungan, dan anak harus membayar uang sekolah, salah satu solusinya adalah meminjam uang ke pihak lain. Hal ini disebut dengan utang. Sehingga Anda harus membayar uang pinjaman beserta bunganya. Sebaiknya Anda menghindari utang dan memiliki Asuransi Pendidikan.

Bagaimanapun juga Asuransi Pendidikan adalah investasi masa depan cerah untuk sang buah hati. Terlebih jika anak-anak memiliki masa depan impiannya sendiri. Orang tua hanya bisa mendukung dan memberikan fasilitas terbaik.

Back to Top