Sudah Punya Rencana Membeli Asuransi untuk Keluarga? Ketahui Cara Memilihnya Berikut Ini!

Ketika Anda sudah berkeluarga, Anda tentu ingin yang terbaik untuk keluarga Anda. Mulai dari segi pendidikan, tempat tinggal, hingga faktor kesehatan. Agar keluarga Anda tetap sehat dan aktif, Anda dan keluarga harus rajin makan makanan sehat dan berolahraga. Akan tetapi, pada saat ini beberapa penyakit bisa datang walaupun Anda sudah menjalankan gaya hidup sehat.

Sebagai pencegahan, Anda bisa menggunakan Asuransi Kesehatan untuk melindungi Anda dan keluarga. Terdapat banyak jenis Asuransi Kesehatan keluarga yang ada di Indonesia dan terkadang membuat Anda bingung memilihnya. Beberapa cara memilih Asuransi Kesehatan terbaik untuk keluarga antara lain:

Pahami Alasan Kebutuhan Anda Menggunakan Asuransi

Mencari Asuransi Kesehatan terbaik untuk keluarga memang bukan perkara mudah. Pasalnya terdapat berbagai jenis Asuransi Kesehatan keluarga dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menentukan kebutuhan Anda memiliki asuransi tersebut sebelum menggunakan asuransi agar manfaat yang keluarga Anda akan dapatkan bisa maksimal.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih asuransi yang memang bisa digunakan oleh setiap anggota keluarga dalam satu Polis Asuransi. Lebih lanjut, Anda juga bisa memilih manfaat asuransi selain rawat inap sebagai contoh kesehatan gigi dan fisioterapi.

Sesuaikan Budget dengan Besaran Premi

Hal kedua yang Anda harus perhatikan dalam memilih Asuransi Kesehatan untuk keluarga adalah sesuaikan budget Anda dengan premi asuransi. Besaran nominal premi umumnya tergantung pada jumlah pihak tanggungan asuransi dan profil risiko Tertanggung. Sebagai contoh asuransi yang memberikan jaminan rawat jalan dan rawat inap saja akan lebih murah dibanding Asuransi Kesehatan yang memberikan jaminan rawat inap dan jalan serta kesehatan gigi.

Pelajari Sistem Asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki sistem dan regulasi yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang memberikan sistem reimbursement dan ada perusahaan asuransi yang menggunakan sistem cashless. Kedua metode ini tentu menjadi pertimbangan besar karena memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Proses reimbursement dilakukan dengan cara membayar biaya perawatan terlebih dahulu, kemudian Anda menyimpan kwitansi pembayaran lalu klaim ke perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Pada sistem cashless Anda hanya perlu menggunakan kartu asuransi untuk setiap transaksi rawat jalan dan rawat inap, hasilnya akan jauh lebih praktis.

Tanyakan Provider Rumah Sakit Yang Bekerja Sama Dengan Asuransi

Beberapa perusahaan asuransi memiliki jangkauan rumah sakit yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi lain. Oleh karena itu, ada baiknya Anda bertanya mengenai jangkauan provider rumah sakit yang bekerja sama dengan layanan asuransi yang ingin Anda gunakan.

Jika perlu tanyakan apakah asuransi tersebut bisa digunakan di luar kota atau tidak. Semakin luas jangkauan asuransi tersebut akan membuat Anda jauh lebih tenang karena jika Anda pergi ke luar kota karena alasan pekerjaan, Anda tidak perlu takut mengeluarkan biaya untuk urusan kesehatan.

Bandingkan Dengan Asuransi Lain

Cara untuk memilih Asuransi Kesehatan terbaik untuk keluarga adalah dengan cara membandingkan dengan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Anda tidak perlu datang ke agen asuransi untuk membandingkan produk asuransi yang satu dengan produk asuransi yang lain. Anda hanya perlu menelepon atau melakukan perbandingan dengan melihat informasi produk asuransi di internet.

Inilah 5 cara memilih Asuransi Kesehatan terbaik untuk keluarga. Pastikan Anda memilih Asuransi Kesehatan yang memang memiliki banyak manfaat dan bisa cover banyak risiko penyakit. Salah satu Asuransi Kesehatan yang memiliki banyak manfaat serta aman adalah PRUPrime Healthcare Plus Syariah.

PRUPrime Healthcare Plus Syariah merupakan produk Asuransi Tambahan (Riders) yang memberikan solusi lengkap untuk perlindungan kesehatan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit. Produk ini memang dirancang khusus untuk memberikan jangkauan perlindungan hingga ke berbagai negara serta menawarkan fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan Anda.

Back to Top