Tips Melakukan Rencana Pendidikan Anak untuk Masa Depan | Prudential Indonesia

Tips Melakukan Rencana Pendidikan Anak untuk Masa Depan

Mendapatkan pendidikan yang layak merupakan hak setiap anak. Buah hati Anda tidak hanya akan dapat belajar dan bersosialisasi saat bersekolah, mereka juga dapat mempersiapkan diri untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Akan tetapi, rupanya banyak sekali para orang tua yang mulai kebingungan dalam membangun rencana pendidikan untuk buah hati mereka. Salah satu faktor yang membebani tidak lain adalah biaya pendidikan, terlebih karena pendidikan berkualitas di Indonesia tidaklah murah.

Namun, jangan berkecil hati. Simak beberapa tips berikut ini agar dapat merencanakan pendidikan secara tepat untuk si Kecil!

Tentukan Instansi Pendidikan Sejak Dini

Tahap awal dalam rencana pendidikan adalah memilih sekolah dan universitas seperti apa yang menjadi target. Pada tahap ini, Anda bisa menentukan sekolah secara spesifik. Tetapi, ada baiknya Anda tidak terlalu membatasi pilihan pada jurusan atau instansi tertentu ketika menentukan universitas karena perencanaan bisa saja berubah. Pastikan Anda memiliki gambaran, walaupun secara garis besar.

Perhitungkan Biaya Pendidikan

Setelah memiliki gambaran, Anda dapat menentukan kisaran biaya pendidikan yang perlu dibayar mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga kuliah nanti. Beberapa yang perlu Anda pertimbangkan antara lain adalah uang sekolah atau uang kuliah tunggal (UKT), biaya operasional pendidikan (BOP), seragam dan buku, biaya kursus dan ekstrakurikuler, serta inflasi biaya pendidikan.

Siapkan Rencana Pembayaran dan Tabungan Pendidikan

Cara terbijak yang Anda harus mulai lakukan adalah dengan menabung, bahkan jika pemasukan dan tabungan Anda sekarang terbilang cukup. Persiapkan diri dan lindungilah rencana pendidikan anak dari kondisi/kejadian tidak terduga yang dapat datang sewaktu-waktu.

Bila perlu, pastikan Anda dan si Kecil terlindungi dengan Asuransi Pendidikan, seperti produk Unit Link dari Prudential Indonesia, PRULink Edu Protection. Asuransi Pendidikan mampu memberikan manfaat finansial untuk pendidikan anak apabila Anda sebagai orang tua meninggal atau mengalami kelumpuhan sehingga tidak dapat membiayai lagi.

Demikian beberapa tips utama dalam membangun rencana pendidikan anak kelak. Walaupun setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati, semua hanya akan dapat dilakukan dengan perencanaan yang matang dan bijak.

Back to Top