Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Keluarga Tercinta

Asuransi Jiwa merupakan jenis Asuransi yang mampu memberikan perlindungan kepada individu maupun keluarga dari berbagai kerugian finansial yang disebabkan dari adanya risiko cacat seumur hidup, sudah tidak produktif lagi, hingga kematian.

Dengan adanya Asuransi Jiwa, tentunya bisa juga membantu dalam menjaga keuangan keluarga supaya lebih stabil karena adanya Uang Pertanggungan jika Anda meninggal dunia. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips memilih Asuransi Jiwa yang tepat untuk keluarga tercinta Anda. Mari, simak ulasan berikut ini.

Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan Asuransi yang bisa dipilih. Tapi, masing-masing perusahaan asuransi tersebut memiliki kredibilitas yang berbeda-beda. Perlu diingat juga, kalau asuransi merupakan perjanjian jangka panjang. Makanya sangat penting untuk memperhatikan kredibilitas perusahaan asuransi yang dipilih.

Cobalah untuk cari tahu soal sistem pengaturan keuangan dan klaim yang diterapkan. Selain itu perlu juga cari tahu apakah perusahaan asuransi tersebut pernah mengalami masalah atau tidak. Anda bisa memanfaatkan laporan keuangan melalui media massa maupun internet dan lainnnya. Perlu juga melihat peringkat serta ratingnya. Pastikan juga jika perusahaan Asuransi Jiwa tersebut sudah terdaftar menjadi keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).

Pilih Sesuai Kebutuhan Anda

Cara memilih Asuransi Jiwa yang tepat selanjutnya adalah perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat Anda berkonsultasi pada pihak Asuransi, biasanya beberapa perusahaan asuransi akan memberikan penawaran kepada Anda lebih dari satu produk dengan memberikan gambaran dan penjelasan keuntungan masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus cermat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Perlu juga diperhatikan risiko yang Tertanggung misalnya, penyakit kritis yang mungkin akan dapat terjadi, biaya pendidikan anak, atau jaminan hari tua.

Baca Isi Polis dengan Teliti

Tak jarang saat sudah merasa cocok dengan produk Asuransi Jiwa yang ditawarkan, Anda tidak dengan cermat memeriksa setiap ketentuan yang ada di Polis Asuransi Jiwa. Hal ini tentu berisiko membuat Anda mengalami hal-hal di luar prediksi.

Pahami secara detail poin yang ada pada polis khususnya tentang ketentuan klaim Asuransi Jiwa dan besaran premi yang akan dibayarkan tiap bulan. Bila ada poin yang kurang dimengerti, sebaiknya tanyakan langsung pada pihak asuransi tersebut.

Cermati Pelayanan yang Diberikan

Pelayanan yang diberikan juga menjadi salah satu cara memilih Asuransi Jiwa yang tepat. Pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan pelayanan lebih, misalnya menyediakan layanan customer 24 jam setiap hari. Layanan ini sangat membantu Anda di kemudian hari jika memerlukan informasi mengenai detail produk Asuransi Jiwa kapan saja.

Pahami juga rumah sakit mana saja yang bekerjasama dengan perusahaan Asuransi Jiwa tersebut, cara klaim yang diterapkan, berapa lama klaim akan dibayar, dan lain sebagainya.

Nah, dengan mengetahui cara memilih Asuransi Jiwa yang tepat di atas, Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam memilih Asuransi Jiwa yang tepat untuk keluarga Anda. Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan jenis Asuransi Jiwa adalah Prudential. Dari banyaknya jenis yang ditawarkan, Anda bisa memilih PRULink Generasi Baru. Ini merupakan produk Asuransi Jiwa yang berhubungan dengan Unit Link dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak Nasabah pertama kali membayar premi.

Salah satu keunggulannya adalah memberikan perlindungan berupa Uang Pertanggungan (UP) sampai usia 99 tahun dan dikaitkan dengan Investasi. Jika ingin tahu lebih lengkap terkait apa saja manfaat dari PRULink Generasi Baru maupun Asuransi lainnya, bisa cek di sini.

Back to Top