Tradisi Lebaran Unik di Indonesia dari Berbagai Daerah | Prudential Indonesia

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia dari Berbagai Daerah

Setelah berpuasa selama 30 hari lamanya, seluruh umat muslim di seluruh dunia tengah bersiap menyambut datangnya hari kemenangan.

Momen ini pun menjadi tradisi Lebaran yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Bisa dibilang, Indonesia menjadi salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tak hanya itu saja, di Indonesia pun memiliki banyak tradisi unik dari berbagai daerah. Penasaran apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

Baca Juga: 6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Grebeg Syawal

Tradisi Lebaran di Indonesia pertama ini berada di Yogyakarta. Biasanya, tradisi ini akan dilakukan setiap tanggal 1 Syawal dan dilangsungkan dengan cara mengarak berbagai gunungan dari hasil bumi, seperti buah-buahan serta sayur-sayuran. Terbagi menjadi 2 hal, yakni Gunungan Kakung dan Gunungan Putri yang menjadikan simbol sedekah sultan kepada rakyatnya.

Ngejot

Bisa dibilang, Pulau Dewata ini terkenal dengan mayoritasnya yang memeluk agama Hindu, tapi tak berarti tak memiliki tradisi Lebaran setiap tahunnya. Umat muslim yang berada di Bali memiliki tradisi yang dinamakan Ngejot setiap tahunnya. Merupakan tradisi berbagi makanan, minuman, dan buah-buahan, demi mewujudkan syukur kepada tetangga-tetangganya.

Perang Topat

Sedikit mirip dengan Ngejot yang berada di Bali. Tradisi Lebaran di Indonesia lainnya yakni Perang Topat yang berada di Lombok. Tradisi ini dilakukan demi mempererat hubungan antar suku dan umat beragama di sana. Seperti namanya, Perang Topat ini berarti perang ketupat. Biasanya, dilakukan oleh suku asli Lombok, yakni Suku Sasak. Tradisi ini akan dilakukan hari ke-6 setelah Lebaran.

Nah, itu tadi beragam tradisi Lebaran unik yang ada di Indonesia. Bagaimana dengan tradisi di daerah Anda?

Selain itu, agar perayaan Hari Raya Idul Fitri Anda semakin aman dan nyaman bersama keluarga tercinta, Anda bisa memiliki Asuransi Jiwa PRULink Syariah Generasi Baru dari Prudential Indonesia. Memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak Nasabah pertama kali membayar Premi.

Baca Juga: Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik yang Sebaiknya Anda Jadikan Pilihan

Back to Top