5 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Perlu Dilakukan

Mata adalah jendela dunia merupakan salah satu ungkapan yang tentu tidak asing lagi. Tanpa mata, ada banyak hal yang bisa terlewatkan begitu saja. Hal inilah yang menjadikan indera penglihatan ini menjadi salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia.

Maka dari itu, memiliki mata yang sehat menjadi prioritas utama semua orang. Hal ini tentunya bertujuan agar Anda dapat terhindar dari gangguan kesehatan mata. Namun, menjaga kesehatan indera penglihatan juga membutuhkan penanganan yang tepat.

Ada berbagai langkah untuk menjaga kesehatan mata. Apa saja? Simak 5 cara berikut ini yang penting Anda lakukan sebagai cara menjaga kesehatan mata!

  1. Menggunakan Pelindung Mata

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama bisa Anda lakukan yaitu menggunakan pelindung mata. Hal ini berlaku bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari secara langsung. Sebaiknya, gunakan kacamata hitam anti radiasi agar mata terlindungi dan terhindar dari risiko dari penyakit katarak.

Selain itu, menatap layar elektronik seperti telepon pintar atau laptop juga dapat membuat otot mata menjadi tegang. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan dan mengistirahatkan mata setiap 10-15 menit sekali.

  1. Meninggalkan Produk Make Up Lama

Wanita memang memiliki banyak produk make up. Salah satunya pada area mata yang biasanya terdiri dari produk krim, bubuk, atau pun cair. Pastikan Anda segera membuang produk yang sudah kadaluarsa agar terhindar dari iritasi mata.

Jika saat menggunakan produk area mata tersebut terjadi iritasi, ada baiknya jika Anda segera mencuci dan memeriksakan kondisi mata pada dokter.

  1. Menjaga Jarak Pandang Mata

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya bisa dilakukan dengan mengatur jarak pandang mata. Usahakan untuk melihat dengan jarak minimal 60 cm dari objek seperti buku, laptop, ataupun handphone. Cara ini akan membantu Anda membuat mata tidak mudah lelah.

  1. Merawat Mata dengan Memilih Makanan yang Tepat

Selanjutnya, cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Anda bisa memilih makanan yang mempunyai kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya seperti pada sayur bayam dan tomat.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi telur untuk menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan zinc, lutein, selenium, dan Omega-3 di dalamnya.

  1. Melakukan Pemeriksaan Mata secara Rutin

Mata memang merupakan salah satu bagian kecil dalam tubuh manusia yang cukup sensitif. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk menjaganya agar tetap berada dalam kondisi yang sehat.

Anda bisa melakukan pemeriksaan setiap satu tahun sekali karena deteksi dini merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Beberapa hal tersebut di atas bisa Anda tempuh sebagai cara-cara menjaga kesehatan mata. Untuk memiliki mata yang selalu sehat, Anda perlu rutin melakukan perawatan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, risiko kerusakan pada mata tetap dapat mengancam.

Maka dari itu, segera berikan perlindungan menggunakan Asuransi PRUCorporate Medical dari Prudential. Produk ini dapat memberikan jaminan penggantian biaya medis untuk rawat inap. Anda juga bisa merasakan manfaat tambahan berupa rawat jalan, persalinan, dan tentu saja perawatan mata dan gigi sebagai tambahan.

Anda bisa segera mendapatkan produk Asuransi PRUCorporate Medical dengan mengunjungi langsung situs resminya. Di sana Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya mengenai berbagai produk investasi dari Prudential, tips perencanaan keuangan, hingga asuransi yang Anda butuhkan.

Back to Top