5 Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Adanya banyak penyedia Asuransi Kesehatan saat ini membuat orang kerap kali kebingungan dalam menentukan Asuransi Kesehatan yang terbaik. Asuransi jenis ini akan mengganti biaya kesehatan Anda dan keluarga selama mengalami gangguan kesehatan sehingga setiap orang wajib memilikinya.

Bagi yang ingin membeli asuransi, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri Asuransi Kesehatan terbaik. Apa saja ciri-ciri tersebut? Simak 5 ciri-cirinya berikut ini!

Menerapkan Sistem Pembayaran Cashless

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih produk asuransi untuk menjamin kesehatan adalah manfaat sistem pembayarannya. Secara umum, manfaat dari asuransi jenis ini terbagi dua jenis yakni Asuransi Kesehatan reimburse dan Asuransi Kesehatan cashless.

Pilihlah sistem pembayaran yang kedua untuk memudahkan dalam proses pembayaran sehingga Anda tidak perlu membayar seluruh biaya kesehatan terlebih dahulu. Biaya ini akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Anda pun cukup menunjukkan kartu asuransi tanpa perlu lagi membayar uang muka.

Mempunyai Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Sayangnya, sistem pembayaran non tunai hanya bisa digunakan di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi pilihan Anda. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Anda harus memilih perusahaan Asuransi Kesehatan yang mempunyai jaringan rumah sakit yang luas.

Apabila asuransi pilihan Anda terhubung ke dalam banyak rumah sakit, maka setiap Nasabah pun bisa menggunakan sistem pembayaran cashless dengan mudah. Sebaliknya, jika asuransi Anda tidak bekerja sama dengan rumah sakit, maka Anda bisa menggunakan sistem pembayaran reimbursement di mana Anda wajib membayar terlebih dahulu seluruh biaya perawatan.

Tidak Memiliki Limit untuk Setiap Perawatan

Dalam sistem asuransi terdapat limit atau membatasi jumlah maksimum klaim biaya perawatan Anda. Perusahaan asuransi sering kali menerapkan dua jenis limit, yakni limit gabungan semua perawatan dan limit per perawatan.

Beberapa perusahaan menerapkan limit pertama, namun tidak jarang pula yang menggunakan sistem limit yang kedua secara bersamaan. Salah satu ciri Asuransi Kesehatan terbaik yaitu menerapkan limit pertama di mana biaya setiap perawatan tidak memiliki limit. Hal ini pun memudahkan Nasabah untuk berobat selama limit total masih tersisa.

Menyesuaikan dengan Plafond dan Premi

Pemilihan Asuransi Kesehatan yang baik harus selalu menyesuaikan antara keadaan keuangan Anda dengan plafond dan premi yang ditawarkan perusahaan. Sebagai contoh, jika Anda mengambil produk dengan harga lebih rendah, maka Anda pun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar kekurangan yang tidak dijamin oleh asuransi. Patut dicatat bahwa semakin mahal harga kamar rumah sakit, semakin mahal pula harga plafond dan premi yang wajib dibayarkan.

Memprioritaskan Rawat Inap

Terakhir, fokuslah dalam memilih Asuransi Kesehatan yang mampu menanggung biaya rawat inap karena biaya perawatan ini cenderung lebih besar. Perusahaan asuransi yang baik biasanya memiliki dua jenis perawatan yaitu rawat jalan dan rawat inap.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai ciri-ciri Asuransi Kesehatan terbaik. Salah satu penyedia Asuransi Kesehatan di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan adalah Prudential. Pasalnya, perusahaan asuransi ini memiliki kredibilitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Prudential sendiri memiliki beragam produk asuransi yang menawarkan perlindungan kesehatan yang menyeluruh untuk Anda dan keluarga. Beberapa di antaranya adalah PRUPrime Healthcare Plus, PRUPrime Healthcare Plus Syariah, PRUCritical Hospital Cover, PRUHospital and Surgical Cover Plus, dan masih banyak lagi.

Back to Top